6 Alasan Mengapa Kalian Tidak Harus Menggunakan Apple HomeKit

Jika Kalian pernah mempertimbangkan untuk memulai perjalanan rumah pintar Kalian dengan Apple HomeKit atau mungkin beralih dari ekosistem lain, itu mungkin bukan ide yang bagus. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Kalian harus menghindari Apple HomeKit.

Jika Kalian adalah penggemar smart home, ada kemungkinan besar Kalian telah mempertimbangkan ekosistem mana yang akan dipilih. Haruskah Kalian menggunakan Amazon Alexa, Apple HomeKit, atau Google Home?

Inilah mengapa Kalian mungkin ingin menghindari ekosistem rumah pintar Apple.

1. Pilihan Pembicara Cerdas Terbatas

Pembicara pintar biasanya digunakan sebagai tulang punggung ekosistem rumah pintar. Mereka melayani fungsi hub, memungkinkan interkonektivitas antara perangkat rumah pintar Kalian.

Untuk produsen seperti Google dan Amazon, Kalian memiliki beberapa pilihan speaker pintar untuk dipilih. Mereka datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan fitur. Namun, dalam ekosistem Apple HomeKit, Kalian pada dasarnya hanya menggunakan satu model speaker—Apple HomePod mini.

Apple menghentikan speaker HomePod yang lebih besar pada Maret 2021 demi HomePod Mini. Sejauh ini, Apple tidak menunjukkan tanda-tanda meluncurkan model HomePod untuk melengkapi mini.

6 Kekurangan Apple HomeKit
image source youtube.com

Apple HomePod mini sebanding dengan speaker seperti Google Nest Mini dan Amazon Echo Dot, meskipun harganya dua kali lipat. Ini berarti Apple HomeKit tidak memiliki speaker untuk menandingi penawaran seperti seri Echo Show dari Amazon atau Nest Hub Max Google.

Ekosistem Apple HomeKit Mahal

Dari tiga ekosistem rumah pintar utama, Apple HomeKit adalah yang paling mahal untuk diatur dan dikelola. Dapatkan smartphone seharga $200, Google Nest Mini seharga $50, dan beberapa gadget rumah pintar, dan Kalian akan memulai dengan baik ekosistem Google Home. Butuh Apple HomeKit? Nah, menggunakan HomeKit membutuhkan iPhone‌, iPad, atau iPod touch yang didukung oleh iOS versi terbaru.

Tentu saja, iPhone atau iPad tidak murah. Selain itu, mulai dari iOS 16 dan iPadOS16, Apple TV atau HomePod mini adalah hub kontrol pilihan dalam ekosistem HomeKit.

HomePod Mini seharga $99. Biaya setara Google Nest Mini dan Amazon Echo Dot setengahnya. Untuk memaksimalkan rumah pintar Kalian, Kalian pasti ingin menempatkan sebanyak mungkin pengeras suara pintar di tempat yang tepat. Jika Kalian mencari penawaran yang tepat, Kalian bisa mendapatkan sembilan Echo Dots dengan harga empat speaker mini HomePod.

Itu tidak semua. Agar perangkat rumah pintar memiliki sertifikasi MFi, yang merupakan standar untuk gadget yang dapat berbicara dengan HomeKit, perangkat tersebut harus memiliki chip keamanan khusus yang direkomendasikan Apple. Chip ini mahal dan menambah biaya tambahan untuk produksi peralatan rumah tangga yang kompatibel dengan HomeKit. Biaya ini kemungkinan didorong ke konsumen. Tidak peduli dari sudut mana Kalian melihatnya, HomeKit adalah ekosistem yang mahal.

3. Jumlah Terbatas

HomeKit tidak sepopuler pesaingnya. Meskipun jumlah merek yang membuat perangkat yang kompatibel dengan HomeKit terus bertambah, HomeKit masih jauh tertinggal. Menurut Statista, ekosistem Alexa Amazon kompatibel dengan sekitar 100.000 perangkat rumah pintar.

Itu banyak menurut semua standar. Apple HomeKit hanya dapat mengumpulkan kompatibilitas dengan beberapa ratus merek.

Pada tingkat dasar, persyaratan untuk bergabung dengan klub yang kompatibel dengan HomeKit sedikit lebih ketat yang merupakan ciri khas pendekatan taman bertembok Apple untuk membangun teknologi. Ini memiliki kelebihan, tetapi juga membuat banyak gadget pintar yang berguna tidak dapat dioperasikan dengan HomeKit.

6 Alasan Mengapa Kalian Tidak Harus Menggunakan Apple HomeKit
image source youtube.com

4. Lambatnya Inovasi

Sementara Apple telah diejek karena kurang inovasi dengan beberapa produknya seperti iPhone, itu cukup bisa diperdebatkan. Namun, kecepatan inovasi Apple yang lambat tidak dapat diperdebatkan dalam hal kisah persinggahannya di dunia speaker pintar dan otomatisasi rumah.

Mini HomePod belum berkembang sebanyak yang diinginkan konsumen. Apple belum benar-benar melakukan sesuatu yang sangat berbeda dari apa yang telah dicapai oleh merek pesaing seperti Sonos dan Amazon.

Hingga September 2022, Apple masih belum memiliki speaker dengan layar seperti seri Echo Show atau Nest Hub Max. Google dan Amazon telah memiliki model ini selama bertahun-tahun dan saat ini menyesuaikannya dengan fitur menarik seperti fitur Tampilan dan Bicara yang diterapkan di Nest Hub Max. HomePod mini adalah speaker yang bagus untuk ukurannya, tetapi sangat membutuhkan peningkatan.

5. Kinerja Keseluruhan Apple HomeKit

Sejak Apple mencabut speaker HomePod yang lebih besar, kekuatannya yang bersaing dalam ruang rumah pintar tidak terlalu bagus. Karena HomePod mini adalah satu-satunya pilihan untuk ekosistem HomeKit, sulit untuk menempatkan speaker kecil dengan model yang lebih besar dan lebih canggih yang ditawarkan oleh Google, Amazon, dan Sonos.

Ada juga masalah asisten virtual. Siri itu pintar. Namun, itu masih gagal ketika bertentangan dengan orang-orang seperti Alexa dan Google Assistant.

Dalam hal akurasi dalam menjawab pertanyaan, Siri berada di belakang Alexa dalam tes asisten virtual internal. Dalam tes yang dilakukan oleh Loup Ventures, dengan menggunakan teknik tanya jawab yang berbeda, Siri masih memainkan biola kedua, kali ini, ke Asisten Google. Baik Kalian penggemar Apple atau bukan, setelah Kalian melihat sesuatu secara objektif, mudah untuk melihat bahwa HomePod mini dan asisten virtual Apple, Siri, tertinggal dalam beberapa metrik.

6. Apple Tidak Membuat Banyak Perangkat Keras Rumah Pintar

Jika Kalian serius ingin membuat produk terbaik, Kalian perlu membangun perangkat keras yang menjalankan perangkat lunak Kalian. Ini telah menjadi filosofi Apple sejak tahun-tahun awalnya dan Steve Jobs menjelaskannya selama peluncuran iPhone pada Januari 2007.

Apple melakukan ini dengan sebagian besar lini produknya, tidak begitu banyak untuk HomeKit. Ya, Apple membuat HomePod mini. Tetapi apakah Kalian pernah bertemu dengan ekosistem Alexa Amazon? Amazon membuat sebagian besar perangkat kerasnya. Dari termostat pintar, colokan, dan kamera, hingga hal-hal yang tampaknya sepele seperti dispenser sabun.

Ini bukan tentang siapa yang membuat gadget paling pintar. Ini tentang memastikan kompatibilitas dan kualitas tanpa batas di semua gadget pintar yang dapat dioperasikan dalam suatu ekosistem.

Apple sangat bergantung pada perangkat keras pihak ketiga untuk menjaga ekosistem HomeKit tetap bertahan. Bagi banyak orang yang menggunakan HomeKit, ada kemungkinan besar bahwa hampir semua yang ada di aplikasi Home mereka dibuat oleh produsen yang berbeda. Kalian akan jarang menemukan hal-hal yang bekerja dengan benar. Untuk beberapa produk, interoperabilitas benar-benar berantakan dan pembaruan perangkat lunak tepat waktu adalah angan-angan.

Apakah Kalian ingin masuk ke toko dan memilih gadget pintar yang Kalian tahu hanya akan berfungsi dengan HomeKit saat Kalian mencolokkannya? Tidak terjadi. Membeli produk dengan stiker HomeKit tidak berarti hanya akan berfungsi. Selain itu, menjadi kompatibel dengan HomeKit belum tentu merupakan segel kualitas dari Apple.

Apple HomeKit Belum Tersedia

Apple belum benar-benar cocok dengan HomeKit. Meskipun kami ingin percaya bahwa Apple memiliki sumber daya untuk merebut kemajuan yang dibuat oleh para pesaingnya, Google dan Amazon, untuk saat ini, jelas berada di depan. Yang terburuk, kami menduga ini akan terjadi untuk waktu yang lama.

Jika Kalian terjebak dalam ekosistem Apple, HomeKit tidak mengecewakan di semua metrik. Itu memang memiliki poin bagus. Namun, jika Kalian memiliki opsi untuk memilih, HomeKit mungkin bukan pilihan terbaik untuk Kalian.

By AppsJog