6 Tips & Trik Yang Bisa Kalian Lakukan di Mac

Apakah Kalian baru mengenal mac?, Kalian mungkin akan menemukan beberapa fitur yang mungkin belum pernah Kalian dengar. Kami telah mencantumkan beberapa di antaranya di sini.

Pengguna Mac pertama kali dan bahkan beberapa yang lebih berpengalaman mungkin tidak mengetahui semua fitur tersembunyi yang meningkatkan produktivitas yang dapat Kalian gunakan di perangkat Kalian.

Jika Kalian adalah pengguna lama Mac, Kalian mungkin tahu jalan keluarnya, tetapi kemungkinan Kalian tidak tahu semuanya dan masih bisa belajar satu atau dua hal.

Dari fitur yang menyenangkan hingga yang menghemat waktu, berikut adalah beberapa tip dan trik yang mungkin tidak Kalian ketahui dapat Kalian manfaatkan di Mac Kalian.

1. Hindari Gangguan dengan Menyembunyikan Notifikasi

Hindari Gangguan dengan Menyembunyikan Notifikasi
image source makeuseof.com

Kalian dapat menggunakan Jangan Ganggu di Mac. Ini adalah alat yang berguna untuk mencegah Kalian terganggu oleh obrolan atau pemberitahuan media sosial. Bayangkan mencoba menyelesaikan pekerjaan, bermain game, atau mengikuti acara favorit Kalian, dan notifikasi terus bermunculan, yang pada akhirnya mengganggu aliran Kalian.

Untungnya, fungsi Jangan Ganggu Mac Kalian mencegah Kalian menyimpang dari tugas Kalian. Untuk mengaktifkannya dengan cepat, buka Pusat Kontrol dengan mengklik ikon sakelar di pojok kanan atas layar Kalian di samping tanggal dan waktu.

Selanjutnya, klik Jangan Ganggu, lalu Jangan Ganggu lagi di menu dropdown untuk menyalakannya. Kalian tidak akan menerima notifikasi apapun sampai Kalian mematikannya.

Kalian dapat memilih berapa lama Kalian ingin Mac berada dalam mode Jangan Ganggu dan bahkan menjadwalkan waktu aktif dan nonaktif.

Untuk mengatur durasi mode Jangan Ganggu:

  1. Buka Jangan Ganggu atau Fokus melalui Pusat Kontrol.
  2. Klik Selama 1 jam atau Sampai malam ini.

Untuk menjadwalkan mode Jangan Ganggu secara otomatis:

Cara Menjadwalkan Mode Jangan Ganggu Secara Otomatis
image source makeuseof.com
  1. Buka Jangan Ganggu atau Fokus melalui Pusat Kontrol.
  2. Klik pada Fokus Pengaturan.
  3. Di bawah Tetapkan Jadwal, klik Tambahkan Jadwal.
  4. Klik Waktu.
  5. Tetapkan jadwal yang Kalian inginkan.

Jika Kalian ingin mengizinkan pemberitahuan dari aplikasi dan orang tertentu, buka Pengaturan Fokus. Di sana, di bawah Notifikasi yang Diizinkan, Kalian akan dapat mengaktifkan notifikasi dari aplikasi mana saja dan orang yang Kalian inginkan.

2. Buat Pintasan Keyboard di Mac Kalian

Bukankah lebih bagus jika Kalian bisa membuat pintasan keyboard untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari sesuatu di komputer Kalian? Nah, di Mac, Kalian bisa melakukannya.

yang lebih dikenal luas Command + C dan Command + V untuk menyalin dan menempel teks, ada pintasan keyboard yang dapat Kalian buat sesuai dengan kebutuhan Kalian saat melakukan tugas di Mac Kalian. Berikut cara melakukannya:

Buat Pintasan Keyboard di Mac Kalian
image source makeuseof.com
  1. Buka System Settings dan buka Keyboard.
  2. Klik Pintasan Keyboard.
  3. Pilih opsi menu di sebelah kiri kotak yang muncul, seperti Tampilan atau Tangkapan Layar.
  4. Klik dua kali pada pintasan yang ingin Kalian ubah, lalu masukkan pintasan yang Kalian inginkan. Pastikan untuk menyertakan Command di pintasan baru Kalian. Misalnya, Command + Shift + N atau Command + K.
  5. Untuk menerapkan perubahan yang Kalian buat, klik Selesai.

3. Gunakan Ikon Folder Kustom di Mac

Saat Kalian membuat folder desktop di Mac, Kalian mendapatkan folder biru yang tidak terlalu menarik untuk dilihat. Tentu saja, tidak ada salahnya tetap menggunakan ikon desktop default, tetapi mengapa melakukannya ketika Kalian dapat memilih sesuatu yang lebih unik? Misalnya, emoji anjing atau kucing.

Gunakan Ikon Folder Kustom di Mac
image source makeuseof.com

Berikut cara mengubah ikon folder di Mac Kalian:

  1. Buat folder baru jika Kalian tidak menggunakan folder yang sudah ada dengan mengklik kontrol di desktop Kalian dan memilih Folder Baru.
  2. Cari online untuk gambar yang ingin Kalian gunakan; Kalian bahkan dapat menggunakan gambar dari perpustakaan Kalian.
  3. Klik dan seret gambar ke desktop Kalian.
  4. Klik dua kali pada gambar untuk membukanya di Preview.
  5. Klik ikon markup yang terlihat seperti pena di dalam lingkaran. Kalian akan menemukannya di kanan atas, di sebelah ikon pencarian.
  6. Klik Edit pada bilah menu, lalu Salin.
  7. Control-klik folder Kalian, lalu klik Get Info.
  8. Di jendela yang muncul, klik ikon folder di pojok kiri atas dan tekan Command + V. Ikon khusus Kalian akan muncul.

4. Melakukan Penghitungan dan Konversi Menggunakan Spotlight

Melakukan Penghitungan dan Konversi Menggunakan Spotlight
image source makeuseof.com

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Spotlight, alat yang membantu Kalian menemukan berbagai hal dengan cepat di Mac, seperti file, folder, aplikasi, dll. Kalian dapat membukanya dengan menekan Command + Spasi bar dan mencari apa pun yang Kalian inginkan. Spotlight tidak hanya membantu Kalian menemukan sesuatu. Kalian juga dapat menggunakannya untuk melakukan penghitungan dan konversi cepat.

Alih-alih membuka kalkulator untuk melakukan perhitungan atau membuka internet untuk melakukan konversi, Kalian dapat menggunakan Spotlight untuk melakukan keduanya dengan cepat.

Untuk melakukan penghitungan di Spotlight, ketik apa yang ingin Kalian hitung ke dalam bilah pencarian, misalnya, “56×78” atau “56*78”, dan jawabannya akan langsung muncul. Untuk melakukan konversi, ketik apa yang ingin Kalian konversi; misalnya, “50 dolar dalam euro” atau “78 pound dalam kilogram”. Kalian dapat mengkonversi pengukuran seperti panjang, waktu, suhu, berat, dan mata uang.

Invisible Files di Mac

5. Tumpuk File dan Folder Kalian

Tumpuk File dan Folder Kalian
image source makeuseof.com

Jika desktop Kalian terlihat berantakan karena Kalian memiliki banyak folder yang berserakan, pemikiran untuk mengaturnya mungkin tampak menakutkan bagi Kalian. Kabar baiknya adalah Kalian tidak perlu melakukannya, berkat fitur praktis bernama Stacks, yang mengurutkan item di desktop Kalian berdasarkan kemiripannya.

Untuk menggunakan Tumpukan, Control-klik di desktop Kalian lalu pilih Gunakan Tumpukan. Semua yang ada di desktop Kalian akan langsung diurutkan menjadi PDF, tangkapan layar, gambar, dll. Untuk membatalkannya, Control-klik di desktop Kalian dan batalkan pilihan Use Stacks. Selain merapikan desktop, Kalian juga dapat menggunakan Stacks untuk mengatur dok.

6. Batch Rename File Mengganti nama file

secara individual bisa merepotkan, terutama jika Kalian memiliki banyak file. Daripada mengganti namanya satu per satu, hemat waktu dengan mengganti nama secara berkelompok. Berikut cara melakukannya:

Batch Rename File Mengganti nama file
image source makeuseof.com
  1. Buka Finder.
  2. Pilih gambar yang ingin Kalian ganti namanya dengan menekan Shift dan tombol panah ke bawah di kanan bawah keyboard Kalian. Alternatifnya, Kalian dapat menahan Command sambil mengklik file yang Kalian inginkan.
  3. Control-klik file yang dipilih lalu pilih Rename.
  4. Ketik kata atau frasa yang ingin Kalian ganti di bagian Temukan , lalu ketikkan kata atau frasa yang ingin Kalian ganti di bagian Ganti dengan .

Setelah selesai, semua file yang Kalian pilih akan diganti namanya.

Temukan Hal Baru di Mac

Kalian Apakah Kalian pengguna Mac baru atau veteran, selalu ada beberapa fitur yang tidak Kalian sadari yang dapat Kalian manfaatkan. Kalian dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan, seperti menggunakan ikon folder khusus atau meningkatkan produktivitas dengan menyembunyikan notifikasi menggunakan Jangan Ganggu.

Jadi, jangan ragu untuk mengutak-atik Mac Kalian sesekali, dan Kalian bahkan dapat menemukan beberapa tips dan trik Kalian sendiri.

By AppsJog