Tips dan Trik Membuat iPhone Kalian Bekerja Seperti Android

Apakah Kalian pemilik baru iPhone 13, iPhone SE, atau ponsel Apple lainnya? Jadikan terasa lebih seperti perangkat Android dengan petunjuk ini.

Kalian telah beralih ke iPhone dari Android. Mungkin fitur iPhone 13 akhirnya meyakinkan Kalian, atau mungkin Kalian telah membeli iPhone SE 2022. Apapun ponsel Apple yang sekarang Kalian miliki, Kalian akan melihat kurva pembelajaran saat menggunakan iOS setelah Kalian terbiasa dengan Android. Di satu sisi, ini mengasyikkan: Kalian sekarang menjadi bagian dari klub gelembung biru, dan Kalian dapat menjelajahi semua fitur praktis di iOS 15.4 yang baru dirilis.

Tetapi Kalian juga harus mempelajari sistem operasi baru yang memiliki beberapa kesamaan dengan Android namun terasa sangat berbeda. Misalnya, Kalian tidak dapat menginstal aplikasi dari mana saja. Kalian harus mendapatkannya dari Apple App Store dan hanya App Store. Atau bagaimana dengan fakta bahwa Kalian masih terpaksa menggunakan kisi aplikasi yang kaku, dan tidak dapat menempatkan aplikasi dimanapun Kalian mau? Kalian juga tidak dapat melihat informasi seperti waktu dan notifikasi bahkan saat layar mati seperti yang Kalian bisa lakukan dengan banyak ponsel Android. Mengganggu. 

7 Tips Membuat iPhone Kalian Bekerja Seperti Android
image source youtube.com

Jika ini semua mulai terdengar familiar, Kalian mungkin senang mengetahui bahwa ada cara untuk membuat iPhone Kalian terasa lebih seperti ponsel Android lama Kalian. Misalnya, tahukah Kalian bahwa Kalian dapat menambahkan widget, membuat ikon aplikasi khusus, atau menggunakan keyboard pihak ketiga yang lebih mirip dengan yang biasa Kalian gunakan? Saya akan memandu Kalian melalui beberapa perubahan yang mungkin membuat iPhone baru Kalian lebih mirip Android seperti yang Kalian inginkan.

Buat Layar Beranda Khusus dengan Widget dan Stack Cerdas

Widget, dan dalam hal ini, layar beranda khusus, adalah cara yang nyaman untuk menyimpan informasi di ujung jari Kalian, tetapi mungkin yang lebih penting adalah Kalian dapat menciptakan pengalaman yang sepenuhnya dipersonalisasi.

Kabar baik. iPhone Kalian mendukung widget di layar beranda, dan itu cukup mengagumkan. Kalian dapat menambahkan satu widget, atau membuat apa yang disebut Smart Stack yang akan berputar melalui serangkaian widget berdasarkan widget yang berinteraksi dengan Kalian dan waktu. 

Tempatkan widget di layar iPhone Kalian dengan menekan lama di tempat kosong. Saya biasanya melakukannya tepat di atas aplikasi di dok (di mana deretan titik berada untuk setiap layar beranda). Ketuk tanda plus di sudut kiri atas, lalu seret dan lepas widget ke layar Kalian. 

Buat Smart Stack Kalian sendiri dengan menyeret widget dengan ukuran yang sama di atas satu sama lain.

Terus susun widget sampai Kalian puas.

Kalian Tidak Dapat Menginstal Tema atau Peluncur, tetapi Kalian Masih Dapat Menyesuaikan Tampilan iPhone

Jika Kalian terbiasa membuat ikon aplikasi kustom, Kalian akan senang mengetahui bahwa iPhone Kalian dapat mendukung ikon kustom, juga. Kalian harus menggunakan aplikasi Pintasan untuk mendapatkan tampilan khusus Kalian, dan siap untuk menginvestasikan waktu di setiap kreasi baru — Kalian harus melakukannya berdasarkan aplikasi demi aplikasi. Jadi, alih-alih memiliki ikon aplikasi Mail, Safari, atau Pesan, Kalian dapat menggunakan ikon AOL Mail, atau foto apa pun yang Kalian inginkan, untuk mengganti ikon default. 

Semoga Apple akan menambahkan dukungan untuk paket tema atau ikon di masa mendatang, tetapi untuk saat ini, langkah yang diuraikan dalam posting ini sebaik yang didapat. 

Gunakan FaceTime untuk Mengobrol dengan Teman Android Kalian

Ya, Kalian membacanya dengan benar. Di iOS 15, Kalian dapat FaceTime dengan teman dan anggota keluarga yang tidak memiliki perangkat Apple. Ini mungkin tidak membuat iPhone Kalian terasa lebih seperti ponsel Android lama Kalian dengan cara yang sama seperti tips lain dalam daftar ini. Tapi itu bisa membantu transisi karena menyediakan cara untuk mengobrol video dengan mudah dengan teman-teman Android Kalian tanpa harus menginstal aplikasi baru.  

Panggilan FaceTime bekerja sedikit berbeda saat Kalian berkomunikasi dengan pengguna perangkat non-Apple. Kalian perlu membuat tautan yang dapat mereka klik atau ketuk untuk bergabung dengan panggilan dari browser web. Cukup buka aplikasi FaceTime dan ketuk tombol Buat Tautan untuk memulai. Dari sana, Kalian cukup menyalin tautan atau mengetuk aplikasi seperti Pesan atau Mail untuk membagikan undangan dengan teman atau anggota keluarga Kalian. 

Rindu Keyboard Google? Kalian Dapat Mengunduh Favorit Kami, dan Juga Mempelajari Beberapa Tips Keyboard iPhone

Hal-hal kecil dapat menjadi hal yang paling kami lewatkan dari perangkat lama kami. Ambil keyboard sebagai contoh. Keyboard Google, Gboard, disukai oleh banyak pengguna Android. Tapi jangan khawatir, Kalian dapat menginstal keyboard pihak ketiga di iPhone, meskipun Kalian mungkin menemukan bahwa mereka tidak memiliki fitur yang sama dengan Android. Gboard Android tersedia di iPhone jika Kalian ingin mencobanya. 

Namun, jika Kalian menemukan bahwa keyboard pihak ketiga tidak memotongnya, berikut adalah beberapa trik pribadi saya untuk mendapatkan hasil maksimal dari keyboard iPhone. 

  • Pindahkan kursor dengan menekan lama pada bilah spasi hingga tombol hilang, mengubahnya menjadi semacam trackpad. Berikut adalah posting dengan gambar animasi mewah yang menunjukkan cara kerjanya.
  • Buat pintasan penggantian teks khusus dengan membuka Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Penggantian Teks. Hal ini memudahkan untuk mengetik kata-kata makian (maaf tidak maaf, Bu), atau dengan cepat memasukkan informasi seperti alamat email Kalian.
  • Kalian dapat menggesek untuk mengetik di papan ketik iPhone, sama seperti yang Kalian lakukan di hampir semua papan ketik Android. Jika tidak berfungsi, pastikan sudah dinyalakan dengan masuk ke Settings > General > Keyboard > Slide to Type dan pastikan switch dalam On .
Keyboard Google tersedia di iPhone.
image source cnet.com

Kalian Tidak Terkunci ke Aplikasi Default Apple. Gunakan Aplikasi Google Sebagai gantinya

Kalian beruntung. Google melakukan pekerjaan yang baik untuk memperbarui aplikasi yang sama yang Kalian kenal dan sukai di Android di iPhone. Alih-alih menautkan Kalian ke setiap aplikasi Google, saya akan mengarahkan Kalian ke halaman pengembang Google di App Store tempat Kalian dapat menemukan semua aplikasi yang tersedia untuk iPhone (atau iPad). 

Kalian mungkin terkejut melihat betapa banyak aplikasi yang telah dibuat Google untuk iPhone. Google Maps, Gmail, browser Chrome, Google Documents, Google Drive, dan Google Keep hanyalah puncak gunung es. Lihat bagian berikutnya untuk aplikasi Google yang lebih luas.

Pintasan Google Assistant
image source cnet.com

Kalian dapat menggunakan Asisten Google alih-alih Siri untuk kebutuhan pencarian Kalian.

Tidak suka Siri? Gunakan Google Assistant

Salah satu aplikasi yang telah disediakan Google di iPhone yang layak untuk ditunjukkan adalah Google Assistant. Saya tahu Siri memiliki reputasi buruk dalam beberapa hal, dan saya tidak akan membahasnya di sini, tetapi bagi mereka yang ingin menggunakan asisten virtual Google daripada Apple, Kalian dapat mengunduh dan menginstal aplikasi khusus. 

Tapi itu tidak menyelesaikan masalah tidak bisa mengatakan, “Hai, Google” dan iPhone Kalian merespons. Untuk melakukan itu, Kalian harus membuat Pintasan di aplikasi Pintasan yang akan menggunakan Siri untuk meluncurkan Asisten Google. 

Dengan Asisten Google terpasang di ponsel Kalian, buka aplikasi Pintasan dan ketuk tanda plus untuk membuat pintasan baru. Ketuk Tambah Tindakan > Aplikasi > Asisten > Tanya Google dan matikan Tampilkan Saat Dijalankan. Beri nama Pintasan baik “Hai, Google” atau “Oke, Google.”

Lain kali Kalian ingin berbicara dengan Asisten Google, aktifkan Siri (tahan di tombol samping atau ucapkan, “Hai, Siri”) lalu gunakan nama Pintasan Kalian. 

Misalnya, Kalian dapat mengucapkan “Hai, Siri, Oke, Google, bagaimana cuacanya?” Dan Siri akan meneruskan permintaan Kalian ke aplikasi Asisten Google. 

Ini kikuk dan tidak ideal, tetapi jika Kalian benar tidak menyukai Siri, itu akan menyelesaikan pekerjaan. 

iPhone dengan iOS 15
image source cnet.com

ID Wajah Tidaklah Sempurna, Inilah Cara Membuatnya Lebih Baik

Jika Kalian beralih dari ponsel Android dengan buka kunci sidik jari, ID Wajah dapat membuat frustasi jika tidak selalu mengenali wajah Kalian (seperti jika kepala Kalian setengah terkubur di bantal) dan membuka kunci iPhone Kalian dalam jumlah waktu yang tepat. Inilah yang saya sarankan: Tambahkan tampilan alternatif, seperti memindai wajah Kalian untuk kedua kalinya; ini setara dengan memindai empat sidik jari di ponsel Android lama Kalian, bukan hanya satu. 

Namun alih-alih mengenakan kacamata hitam atau aksesori lain untuk mengubah penampilan Kalian, lakukan proses pendaftaran dengan tampilan “khas” yang paling menyulitkan Kalian. Jika itu baru saja bangun dari tempat tidur dengan rambut acak-acakan dan kantong di bawah mata Kalian, biarlah. Jenis data ini hanya disimpan di ponsel Kalian, dan ini adalah face unlock, bukan kontes kecantikan.

Untuk memindai wajah Kalian lagi, buka Pengaturan > ID Wajah & Kode Sandi , lalu ketuk Siapkan Tampilan Alternatif

Sekarang iPhone Kalian terlihat dan terasa lebih seperti ponsel lama Kalian, luangkan waktu untuk mengenal iOS sedikit lebih baik. Lihat pengaturan ini yang perlu Kalian ubah, dan pastikan Kalian mengikuti fitur terbaru iOS 15. Oh, dan ada fitur tersembunyi yang harus Kalian ketahui juga.

By AppsJog