8 Cara Menemukan Nomor IMEI di iPhone atau iPad Kalian

Cara Menemukan Nomor IMEI: Kalian mungkin memerlukan nomor IMEI iPhone atau iPad Kalian untuk berbagai alasan berbeda. Inilah cara menemukannya.

Tahukah Kalian bagaimana Kalian memiliki sidik jari unik yang tidak dimiliki orang lain di dunia? Nah, iPhone atau iPad seluler Kalian juga memilikinya — disebut nomor IMEI.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Ini adalah standar industri yang dibagikan antara operator seluler dan produsen untuk pembelian keamanan. IMEI Kalian penting karena Kalian memerlukannya untuk pendaftaran, formulir dukungan, atau memeriksa riwayat perangkat untuk pencurian.

Di sini, kami akan mencantumkan semua cara Kalian dapat menemukan nomor IMEI untuk iPhone atau iPad Kalian, apakah itu terkunci, dimatikan, atau tidak sama sekali.

1. Gunakan Kode Dialer (Kode USSD)

Salah satu cara cepat untuk mengetahui nomor IMEI iPhone Kalian adalah dengan menekan *#06#. Setelah Kalian menekan tombol panggil setelah mengetiknya, layar dengan informasi perangkat Kalian akan muncul.

Gunakan Kode Dialer (Kode USSD)
image source makeuseof.com

2. Periksa Pengaturan iPhone Kalian

Kalian dapat dengan mudah memeriksa aplikasi Pengaturan untuk menemukan nomor IMEI Kalian di iPhone atau iPad seluler apa pun. Buka Umum > Tentang, dan dengan sedikit menggulir, Kalian akan dengan mudah menemukan nomor IMEI perangkat iOS Kalian.

3. Keluarkan SIM Tray

Keluarkan SIM Tray di iPhone Kalian
image source youtube.com

Jika Kalian sangat membutuhkan nomor IMEI, tetapi perangkat Kalian tidak mau hidup, keluarkan SIM Tray. Selama Kalian memiliki iPhone 6s atau lebih baru, Kalian akan melihat nomor IMEI tercetak di SIM Tray.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Kamera iPhone Jika Buram

Untuk lebih spesifiknya, Kalian bisa menemukan nomor IMEI ini di bagian bawah Tray. Jika Kalian masih menggunakan iPhone lama, Kalian dapat melihat metode berikut.

4: Temukan IMEI di Bagian Belakang iPhone Kalian

Untuk iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, dan iPhone 6/6 Plus, Kalian akan dapat menemukan nomor IMEI langsung di casing logam iPhone. Untuk memperjelas, Kalian dapat menemukannya tercetak di bagian tengah bawah perangkat.

5. Gunakan Finder di Mac Kalian untuk Menemukan IMEI iPhone Kalian

Gunakan Finder di Mac Kalian untuk Menemukan IMEI iPhone Kalian
image source makeuseof.com

Jika ternyata iPhone Kalian terkunci atau Kalian hanya memiliki iPhone, Kalian dapat menggunakan aplikasi Finder di Mac untuk melihat IMEI. Metode ini akan berfungsi pada semua Mac yang menjalankan macOS Catalina 10.15 atau lebih baru.

Setelah Kalian menghubungkan iPhone ke Mac menggunakan kabel Lightning ke USB yang disertakan, buka aplikasi Finder dan pilih iPhone atau iPad seluler Kalian dari sidebar. Lalu, buka Umum dan berulang kali klik area di bawah nama perangkat hingga muncul nomor IMEI.

6. Gunakan iTunes di Windows untuk Menemukan IMEI iPhone Kalian

Gunakan iTunes di Windows untuk Menemukan IMEI iPhone Kalian
image source makeuseof.com

Untuk pengguna Mac lama yang tidak dapat lagi memperbarui OS mereka, Kalian dapat mencari nomor IMEI iPhone atau iPad menggunakan iTunes. Ini juga satu-satunya pilihan Kalian jika Kalian memiliki PC Windows.

Setelah Kalian menyambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel Lightning ke USB yang disertakan, buka iTunes. Kemudian, klik Ringkasan untuk melihat informasi perangkat Apple Kalian, termasuk nomor IMEI.

7. Temukan Nomor IMEI di Kemasan iPhone

Banyak penggemar Apple menyimpan kotak putih ramping yang disertakan dengan iPhone atau iPad mereka. Jika Kalian salah satu orang beruntung yang menyimpannya, Kalian dapat menemukan nomor IMEI yang tercetak pada stiker di kotaknya.

8. Kunjungi Situs ID Apple

Jika Kalian tidak membawa iPhone atau iPad, tetapi Kalian memerlukan nomor IMEI, mungkin masih ada harapan online. Selama perangkat terhubung ke akun iCloud Kalian, Kalian bisa mendapatkan informasi IMEI iPhone Kalian dari situs web Apple.

Kunjungi Situs ID Apple
image source makeuseof.com

Untuk melakukan ini, buka appleid.apple.com di browser apa pun. Kemudian masuk ke ID Apple Kalian dan periksa daftar perangkat. Setelah Kalian menemukan perangkat yang Kalian butuhkan informasinya, klik nama perangkat untuk menunjukkan nomor IMEI.

Mengapa Nomor IMEI Kalian Penting

Jika Kalian ingin membeli perangkat Apple bekas, nomor IMEI adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui keabsahannya. Semua riwayat pencurian, aktivitas kriminal, atau pemblokiran operator harus dikaitkan ke perangkat yang menggunakan nomor ini.

Selain itu, nomor IMEI mungkin juga diperlukan saat berbicara dengan Dukungan Apple. Dengan menggunakan nomor IMEI iPhone Kalian, Apple dapat dengan cepat mengetahui model perangkat Kalian, tahun berapa dirilis, dan apakah garansi mencakupnya.

By AppsJog