AirTags Pelacak Item Apple Semua yang Kita Ketahui

Apple pada April 2021 meluncurkan AirTags yang telah lama ditunggu-tunggu setelah bertahun-tahun rumor dan spekulasi. Tag melingkar kecil dirancang untuk dilampirkan ke item seperti kunci dan dompet agar aksesori ini dapat dilacak menggunakan Bluetooth. Tepat di samping perangkat Apple di Find My-App

Harga AirTag

Satu AirTag dihargai $29, dan paket berisi empat AirTag dapat dibeli seharga $99. AirTag tersedia langsung dari Apple, dan harga tersebut tidak termasuk aksesori yang diperlukan untuk memasang AirTag ke item. Apple menjual aksesori AirTags secara terpisah, dan ada juga beberapa opsi pihak ketiga.

Pengecer pihak ketiga seperti Amazon dan Best Buy juga menawarkan AirTags untuk dijual.

Harga dan Fitur AirTag
image source 6adc.com

Tanggal Rilis AirTags

AirTags tersedia untuk pre order pada Jumat, 23 April 2021 dan resmi diluncurkan pada Jumat, 30 April 2021.

Ulasan AirTag

Menjelang peluncuran AirTags, awak media dapat mengujinya dan kesan pertama positif . AirTag telah digambarkan sebagai “pintar” dan mampu” bagi mereka yang ada di ekosistem Apple, dan pelacakan telah dipuji karena akurasinya.

Terkadang diperlukan waktu 30 detik penuh atau lebih untuk mendapatkan lokasi awal AirTag dari ruangan lain. Dan itu mungkin untuk mendapatkan lokasi yang tidak akurat digagalkan oleh penghalang dan dinding karena Bluetooth. Pelacakan Presisi U1 sangat membantu untuk menyiasatinya.

Pastikan untuk memeriksa ulasan lengkap untuk detail tambahan.

Desain AirTags

AirTag adalah pelacakan kecil berbentuk tombol perangkat dengan bagian depan putih mengkilap yang dapat disesuaikan dengan ukiran dan bagian belakang perak. AirTag dirancang di sekitar baterai CR2032 yang ada di dalamnya, dan memerlukan aksesori tambahan untuk dipasang ke item.

Desain Terbaru
image source macrumors.com

Ukuran AirTag berdiameter 1,26 inci, dan memiliki tinggi 0,31 inci, atau 8mm. Beratnya 0,39 ons (11 gram).

Ukiran AirTags

Setiap AirTag dapat diukir hingga empat huruf atau karakter emoji, meskipun ada beberapa batasan pada multiple emoji karena keterbatasan ukuran. Ada juga batasan pada beberapa string dan frasa emoji karena pemfilteran konten Apple.

Emoji depan dan belakang Apple airtag
image source macrumors.com

Kalian tidak dapat, misalnya, memasangkan emoji Wajah Kuda dengan emoji Tumpukan Kotoran, Kalian juga tidak dapat menggunakan kata-kata kutukan.

Fitur AirTags

AirTags ditambahkan dan dikelola di aplikasi Find My di bawah tab “Item” yang diperkenalkan Apple di iOS 14.3. Seperti perangkat Apple lainnya, setiap AirTag ditampilkan pada peta di aplikasi Find My sehingga Kalian dapat melihat lokasinya. AirTags terhubung ke perangkat iOS dan macOS Kalian melalui Bluetooth.

Apple iPhone 12
image source macrumors.com

Apple menambahkan chip U1 di setiap AirTag sehingga Kalian dapat melihat lokasi tepatnya di dalam atau di luar jika berada di dekatnya, atau lokasi terakhir yang diketahui jika tidak. Terdapat speaker internal untuk memutar suara guna menemukan AirTag yang hilang di rumah. Kalian juga dapat memutar suara melalui aplikasi Find My atau meminta Siri untuk menemukan AirTag dengan suara.

Jika AirTag hilang atau dicuri, jaringan Temukan Milik Saya‌ dapat membantu Kalian menemukannya
image source macrumors.com

Jika AirTag hilang atau dicuri, jaringan Temukan Milik Saya‌ dapat membantu Kalian menemukannya. Jaringan Find My memanfaatkan ratusan juta perangkat iPhone, iPad, dan Mac untuk membantu Kalian menemukan AirTag. Dengan AirTag yang muncul di peta saat ditemukan oleh perangkat orang lain.

Dalam Mode Hilang, AirTag akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan ketika terdeteksi oleh seseorang di jaringan Find My. Serta Kalian dapat menambahkan info kontak Kalian sehingga seseorang yang menemukan item Kalian dapat menghubungi Kalian.

Apple dapat memperbarui firmware AirTags secara teratur dan telah melakukannya beberapa kali sejak AirTags diluncurkan.

Pencarian Presisi

iPhone dengan chip U1, yang mencakup model iPhone 11 dan iPhone 12 , dapat memanfaatkan Precision Finding. Fitur yang memungkinkan Kalian melihat petunjuk khusus tentang cara mendapatkan AirTag Kalian yang hilang. Temuan presisi menggabungkan AR, suara, dan umpan balik haptic untuk membantu Kalian.

Mengembalikan AirTag yang Hilang

Jika Kalian menemukan AirTag yang hilang, atau jika seseorang menemukan AirTag Kalian yang hilang. AirTag dapat dipindai dengan ponsel cerdas apa pun yang dilengkapi NFC untuk memunculkan informasi kontak.

Ini berfungsi di iPhone dan perangkat Android, jadi jika Kalian menemukan item, pindai untuk menemukan pemiliknya. Jika dalam Mode Hilang, AirTag juga akan menyampaikan lokasinya kembali ke pemiliknya melalui jaringan Find My.

Peringatan Pemisahan

Apple di iOS 15 menambahkan Peringatan Pemisahan ke aplikasi Find My, yang dirancang untuk memberitahu Kalian jika Kalian meninggalkan perangkat Apple, perangkat yang terpasang ke AirTag, atau perangkat pihak ketiga yang mendukung Find My.

Peringatan Pemisahan
image source macrumors.com

Kalian dapat mengatur Peringatan Pemisahan di aplikasi Find My, jadi jika Kalian ingin memastikan iPhone‌ Kalian selalu bersama Kalian atau bahwa Kalian tidak meninggalkan rumah tanpa kunci, ini adalah fitur yang digunakan.

Baterai AirTags

AirTags menggunakan baterai CR2032 yang dapat diganti yang dirancang untuk bertahan sekitar satu tahun sebelum perlu diganti. Baterai dapat diganti oleh pengguna, dan untuk menukar baterai, Kalian dapat menekan dan memutar panel belakang AirTag untuk melepaskannya.

Jika masa pakai baterai AirTag Kalian hampir habis, Kalian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa baterai perlu diganti.

Pengisian AirTag

Tidak perlu atau cara untuk mengisi AirTag karena Apple merancangnya dengan baterai CR2032 yang dapat diganti pengguna.

Rentang AirTag

Apple belum memberikan rincian tentang jangkauan AirTag, tetapi jangkauan Bluetooth maksimum adalah sekitar 100 meter, sehingga AirTag harus dapat dilacak setidaknya pada jarak tersebut. Eksperimen lebih lanjut akan diperlukan untuk menemukan informasi rentang yang lebih spesifik.

Ketahanan Air AirTag

AirTag memiliki peringkat tahan air dan debu IP67, yang berarti dapat menahan perendaman dalam air hingga satu meter (3,3 kaki) selama 30 menit dalam kondisi laboratorium. Itu berarti AirTag akan tahan dengan baik terhadap paparan cairan dari hujan atau tumpahan yang tidak disengaja.

Pengaturan AirTags

Seperti halnya AirPods, pengaturan AirTag dapat dilakukan dengan gerakan satu ketukan setelah dibuka kotaknya. Setiap AirTag dapat disesuaikan dengan nama dan deskripsi item.

Pairing
image source macrumors.com

Batas Kepemilikan AirTag

Setiap ID Apple dapat dikaitkan dengan hingga 16 AirTag, sehingga Kalian dapat melacak 16 item sekaligus.

Privasi dan Keamanan AirTag

Setiap AirTag yang Kalian miliki ditautkan ke ID Apple‌ Kalian dan tidak ada orang lain yang dapat melacaknya. Data lokasi dan riwayat lokasi tidak disimpan di AirTag, dan perangkat yang menyampaikan lokasi AirTag yang hilang tetap anonim dan data lokasi dienkripsi di setiap langkah.

Kalian mungkin melihat lokasi AirTag Kalian yang hilang di peta jika diambil oleh perangkat orang lain, tetapi Kalian tidak akan mengetahui identitas orang yang membantu menemukannya. Apple juga tidak melihat di mana AirTags berada karena enkripsi ujung ke ujung.

AirTags memiliki pengidentifikasi Bluetooth unik yang sering berputar, fitur yang memastikan Kalian tidak pernah dilacak dari satu tempat ke tempat lain.

AirTags Stalking

Apple telah membangun pembatasan keamanan yang dirancang untuk mencegah AirTag digunakan untuk tujuan pelacakan yang tidak diinginkan dan rahasia.

Privacy
image source macrumors.com

Jika AirTag milik orang lain ada di barang-barang Kalian dan telah bepergian dengan Kalian selama beberapa waktu, iPhone‌ Kalian akan mengirimkan peringatan tentang AirTag yang terdeteksi di dekat Kalian, yang akan mencegah seseorang melacak Kalian dengan AirTag yang ditanam. Kalian akan mendapatkan peringatan di AirTag yang menyertai Kalian saat Kalian kembali ke alamat rumah atau ke lokasi yang sering dikunjungi.

Ketika ini terjadi, Kalian akan melihat pemberitahuan yang mengatakan “AirTag Detected”, yang dapat Kalian ketuk untuk menonaktifkan AirTag. Jika AirTag dilampirkan ke item yang Kalian pinjam, Kalian dapat memilih untuk menonaktifkan notifikasi “AirTag Detected” selama satu hari. Jika itu adalah item dari anggota keluarga, Kalian dapat menonaktifkan Peringatan Keamanan untuk mereka yang ada di grup Keluarga Berbagi Kalian.

Peringatan AirTag Terdeteksi hanya terpicu saat AirTag terpisah dari pemiliknya, jadi Kalian tidak perlu khawatir tentang teman atau anggota keluarga yang memiliki AirTag di sekitar. AirTag yang jauh dari pemiliknya selama delapan hingga 24 jam akan memutar suara untuk memperingatkan Kalian tentang keberadaannya, memberitahu Kalian jika seseorang secara tidak sah memasukkan AirTag ke dalam barang-barang Kalian.

Ada banyak berita tentang AirTags yang digunakan untuk pencurian kendaraan, penguntit, dan tujuan jahat lainnya, yang membuat Apple membuat beberapa pembaruan tentang cara kerja AirTags untuk mencegah penjahat mengambil keuntungan darinya.

Mulai iOS 15.4, saat menyiapkan AirTag, Apple akan menampilkan peringatan untuk menggagalkan penggunaan berbahaya. Peringatan tersebut akan memperjelas bahwa AirTag terkait dengan Apple ID‌, bahwa menggunakannya untuk melacak orang adalah kejahatan, dan bahwa penegak hukum dapat meminta informasi pengidentifikasian tentang pemilik AirTag, yang akan segera disediakan oleh Apple.

Fitur Keamanan Baru

AirTag Tertaut ke Fitur ID Apple
image source macrumors.com

Dengan pembaruan pada bulan April, Apple membuat AirTag terdengar lebih keras, juga untuk membantu mengurangi upaya penguntitan.

Apple juga sedang mengerjakan fitur keamanan baru yang akan diterapkan akhir tahun ini. Penemuan Presisi, peringatan tampilan yang ditingkatkan, dan suara yang lebih keras akan membuat AirTags‌ lebih sulit digunakan untuk tujuan pelacakan orang. Apple menyesuaikan urutan nada untuk menggunakan lebih banyak nada paling keras agar AirTag lebih keras dan lebih mudah ditemukan.

  • Pencarian Presisi – Pengguna iPhone 11‌, iPhone 12‌, dan iPhone 13 yang menerima peringatan pelacakan yang tidak diinginkan dapat menemukan AirTag yang tidak dikenal dengan presisi, mirip dengan fitur Pencarian Presisi yang tersedia bagi pemilik AirTag. Fitur tersebut akan memberikan jarak dan arah ke AirTag yang tidak diketahui saat berada dalam jangkauan, sehingga lebih mudah ditemukan.
  • Tampilkan peringatan dengan suara – Saat AirTag yang terpisah dari pemiliknya memutar suara untuk memperingatkan orang-orang di sekitarnya, itu juga akan menampilkan peringatan di iPhone‌, iPad‌, atau iPod touch sehingga dapat dilacak dengan suara atau Precision Finding jika fitur tersebut tersedia. Apple mengatakan bahwa fitur ini akan membantu jika suara AirTag sulit didengar atau jika speaker telah dirusak.
  • Memperbarui peringatan pelacakan yang tidak diinginkan – Apple akan memperbarui sistem peringatannya untuk memberitahu pengguna sebelumnya bahwa AirTag atau aksesori jaringan Find My yang tidak dikenal mungkin bepergian bersama mereka.

Tidak ada garis waktu spesifik kapan fitur-fitur baru ini akan dirilis, tetapi Apple sedang mengerjakannya untuk rilis tahun ini.

Berbagi AirTags

Jika Kalian berencana untuk berbagi item dengan AirTag di dalamnya dengan orang lain, Kalian dapat menonaktifkan peringatan keselamatan jika orang yang Kalian bagikan adalah seseorang di grup Keluarga Berbagi Kalian. Jika mereka bukan bagian dari keluarga Kalian, orang yang meminjam item tersebut dapat menonaktifkan peringatan untuk sementara.

Selain menonaktifkan peringatan keselamatan, tidak ada fitur lain untuk berbagi AirTag dengan orang lain. Hanya Kalian yang dapat melacak AirTag yang ditautkan ke ID Apple‌ Kalian dengan aplikasi Temukan Milik Saya‌. Kalian tidak dapat memberikan akses pelacakan ke orang lain, sehingga pasangan tidak dapat melacak barang satu sama lain dan orang tua tidak dapat melacak barang anak.

Deteksi Pelacak untuk Android

Pada bulan Desember 2021, Apple merilis “Deteksi Pelacak” di Google Play Store, dengan aplikasi yang dirancang untuk memungkinkan pengguna Android memindai AirTags dan item lain yang mendukung Find My.

AirTags Pelacak Item Apple Semua yang Kita Ketahui
image source bravaradio.com

Dengan aplikasi ini, pengguna Android dapat memastikan bahwa tidak ada AirTags atau aksesori yang mendukung Find My yang digunakan untuk melacaknya. Aplikasi akan menemukan AirTags di sekitar, dan pengguna Android akan dapat menyebabkan AirTag atau aksesori yang mendukung Find My memutar suara sehingga dapat ditemukan. Aplikasi ini juga memberikan instruksi tentang cara menonaktifkan AirTag dengan melepas baterai.

Bepergian Dengan AirTag

Jika Kalian berencana menggunakan AirTag saat bepergian, ada batasan tertentu yang harus Kalian waspadai. Pencarian Presisi, misalnya, tidak akan berfungsi di negara tertentu seperti Rusia, Indonesia, dan Argentina. Dengan daftar yang tersedia di panduan perjalanan AirTags.

Melacak Hewan Peliharaan dan Anak-anak

Apple merancang AirTags untuk melacak item, dan Apple tidak menyarankan mereka digunakan untuk melacak hewan peliharaan atau anak-anak. Untuk mengawasi anak-anak, Apple merekomendasikan Apple Watch yang menggunakan Pengaturan Keluarga.

Pintasan NFC AirTag Chip NFC

internal di AirTag dapat digunakan oleh Pintasan Apple untuk memicu otomatisasi. Pengguna dapat membuat pintasan yang memicu dengan mengetuk bagian atas iPhone‌ berkemampuan NFC di sisi plastik putih AirTag.

Aksesori AirTag

Jika Kalian memerlukan dudukan, gantungan kunci, atau aksesori AirTag lainnya untuk memasang AirTag Kalian ke suatu item. Kami memiliki panduan aksesori AirTag khusus beberapa opsi hebat.

By AppsJog