Apple Harus Beralih ke iPhone USB-C atau Port-Free Paling Lambat Desember 2024 di UE

Apple mungkin harus mengalihkan seri iPhone-nya ke konektor USB-C paling lambat 28 Desember 2024, jika ingin menjual ponselnya di Eropa. Ponsel baru yang mampu mengisi daya dengan kabel harus menggunakan port USB-C setelah tanggal tersebut. Parlemen Eropa membuat keputusan Oktober lalu dengan suara 602 berbanding 13, tetapi tanggal pengesahannya baru saja diumumkan.

Ini menunjukkan Apple harus mengadopsi USB-C, paling lambat, generasi iPhone 17. Putusan itu berlaku untuk “perangkat seluler baru di pasar UE”. Dengan asumsi Apple tetap pada jendela rilis September yang biasa untuk iPhone yang baru. iPhone 16 sudah akan keluar pada saat undang-undang mulai berlaku.

Meskipun aturan ini tidak berlaku untuk Inggris, hal itu dapat mendorong Apple untuk memindahkan seri iPhone ke koneksi USB-C secara global.

iPhone 17 Tanpa Port _ iPhone Harus Beralih ke Port USB-C
image source youtube.com

Tanggal ditetapkan untuk penghapusan model iPhone baru yang terhubung dengan Lightning di Uni Eropa.

iPhone 17 Tanpa Port?

Satu rute lain yang dapat diambil Apple, dan yang jauh lebih kontroversial, adalah menghapus koneksi kabel sama sekali dan membuat iPhone tanpa port yang sepenuhnya bergantung pada pengisian daya nirkabel dan transfer file AirDrop.

Situs web Parlemen Eropa mengatakan ponsel yang “dapat diisi ulang melalui kabel kabel, beroperasi dengan pengiriman daya hingga 100 Watt, harus dilengkapi dengan port USB Type-C”, yang tidak menghalangi desain bebas kabel.

USB-C iPhone 15
image source youtube.com

Sejarah Apple sendiri dengan pengisian daya nirkabel bukanlah tanpa tanda. Itu mengumumkan tikar pengisian nirkabel AirPower pada tahun 2017, menundanya, dan akhirnya membatalkan proyek pada tahun 2019 setelah menyatakan itu tidak memenuhi standar internal Apple.

Teknologi pengisian daya nirkabel andalannya tidak muncul hingga tahun 2020, dengan pengisi daya MagSafe iPhone 12.

Kekuasaan Proprietary

Karakteristik yang dibagikan oleh teknologi ini dengan port Lightning iPhone 14 adalah alasan mengapa Apple tidak ingin menggunakan standar umum: ini adalah hak milik. Hal ini memungkinkan Apple membebankan biaya lisensi untuk setiap aksesori yang dibuat yang dihubungkan ke iPhone, dan itulah sebabnya beberapa aksesori Lightning non-lisensi yang murah akhirnya berhenti berfungsi tanpa rusak.

Apple Harus Beralih ke iPhone USB-C atau Port-Free Paling Lambat Desember 2024 di UE
image source youtube.com

Apple telah beralih ke USB-C di model iPad terbaru, karena keterbatasan teknis yang tidak dapat dihindari dari port Lightning yang sekarang sudah sangat tua.

Soket kabel iPhone 14 akan memakan waktu sekitar empat menit untuk mentransfer data yang digunakan dalam film Netflix 4K berdurasi 2 jam. Sedangkan iPad Pro 12.9 secara teoritis dapat melakukannya dalam waktu kurang dari tiga detik.

Apple mengklaim standar umum yang dipaksakan akan menghambat inovasi. Akan tetapi saat ini tertinggal dari persaingan di bidang konektivitas utama saat ini. iPhone 14 Pro mendukung pengisian daya 20W, pengisian daya OnePlus 10T 150W.

By AppsJog