Apple iPad Pro 2022 Tampilan Akrab, Performa Menakjubkan

Apple iPad Pro 2022 adalah pembaruan berulang yang matang dari iPad terbaik yang dapat Kalian beli. Sudah hampir 18 bulan sejak Apple memperbarui iPad Pro-nya (rilis terakhir pada Mei 2021), dan jelas Apple tidak melihat alasan untuk mengubah desainnya—versi baru terlihat identik dengan yang terakhir, bahkan hingga ke warnanya. Berita terbaru seputar iPad Pro terbaru adalah prosesor Apple M2 baru yang berkemampuan tinggi yang mendukungnya.

Ini adalah chip M2 yang sama yang dirilis awal tahun ini di MacBook Pro 13 inci terbaru dan MacBook Air desain baru. Tidak mengherankan, ia menjanjikan kinerja yang sangat baik, yang menurut Apple lebih cepat daripada chip apa pun di tablet lain, termasuk miliknya. Karena iPad Pro hadir untuk memastikan pengguna yang paling menuntut memiliki pengalaman yang lancar dan bebas stutter, masuk akal jika Apple akan memasang chip terbaru dan paling efektifnya.

Apple memutakhirkan kedua model iPad Pro untuk tahun 2022, dengan iPad Pro 11 inch mulai dari $ 799 dan versi 12,9 inci mulai dari $ 1.099 (ulasan ini berfokus pada yang terakhir). Keduanya memiliki cerita yang sama—desain yang sama dengan pendahulunya, chip yang diperbarui di dalamnya.

Apple iPad Pro 12,9 inci 2022
image source forbes.com

Jadi, apakah Kalian memerlukan potensi daya yang dijanjikan iPad Pro jika Kalian tidak memiliki tuntutan kinerja yang signifikan? Dan apa, setelah lebih dari setahun sejak pembaruan terakhir, yang ditawarkan iPad Pro? Baca terus untuk ulasan iPad Pro 2022 kami.

Apple iPad Pro: Spesifikasi Teknis

Harga Dari $1.099 / Rp 17.160.445.-| Kamera Belakang: lebar 12 megapiksel, sensor LiDAR ultra lebar 10 megapiksel | Kamera depan TrueDepth 12 megapiksel ultra lebar | Prosesor: Apple M2 | Layar 12,9 inci 2.732 x 2.048 piksel, 264 piksel per inci | Penyimpanan: 128 (hingga 2TB) | Baterai: Hingga 10 jam | Dimensi: 11,0 x 8,5 x 0,3 inci | Berat 1,5 pon

Apple iPad Pro Desain: Sangat Akrab

Ini adalah iPad Pro generasi keenam 12,9 inci, sedangkan model 11 inci, yang memulai debutnya pada Oktober 2018, sekarang telah memasuki generasi keempat. Keduanya mempertahankan desain yang hampir identik, memberi atau mengambil panel kamera, sejak musim gugur 2018, ketika Apple memperkenalkan bagian belakang dan depan yang datar, tepi yang tajam, dan kamera Face ID TrueDepth yang terletak di bezel. Model 2018 adalah iPad layar penuh pertama tanpa tombol Touch ID yang dipasang di depan. iPad Pro berada di garis depan perubahan desain itu; sekarang, hanya iPad 2021 yang tersisa dengan tombol ini di bagian depan.

Apple iPad Pro 12,9 inci 2022 dengan Magic Keyboard dan Apple Pencil
image source forbes.com

Pro masih menjadi satu-satunya model dalam jajaran dengan Face ID. Ini bekerja dengan sangat baik. Kamera berada di bezel di tepi pendek iPad Pro, tidak seperti dudukan tablet sisi panjang yang ditemukan pada iPad yang baru saja dirilis (Generasi ke-10). Kameranya cukup pintar untuk membuka kunci iPad saat Kalian meliriknya, apapun arahnya.

Sistem kamera TrueDepth juga mencakup kamera ultra lebar. Bersama dengan perangkat lunak Center Stage Apple, jika Kalian sedang melakukan panggilan konferensi video, wajah Kalian tetap berada di depan dan tengah meskipun Kalian gelisah dan bergerak.

Layar

iPad Pro 12,9 inci memiliki layar yang jauh lebih baik daripada model 11 inci karena menggunakan lampu latar LED Mini, yang disebut Apple Liquid Retina XDR dan dikatakan memiliki lebih dari 2.500 zona peredupan lokal. Warna muncul dari layar sejak Kalian menyalakan iPad dan melihat logo Apple berkilau putih di latar belakang hitam. Layar menampilkan tingkat kontras yang dalam dan warna cerah dan semilir tanpa mendekati jenuh. Karena masih berupa layar LCD, itu bisa cerah—hingga 1.000 nits atau 1.600 nits untuk konten HDR.

Sebagai catatan, layar iPad Pro 11 inch, meskipun bagus, hanya dapat mengelola 600 nits—cukup untuk menjamin perbedaan iPad yang lebih besar. Dan setelah Kalian menggunakan layar 12,9 inci, kembali ke tablet yang lebih kecil bisa terasa sempit, sedangkan layar 12,9 inci terasa cukup besar untuk apa pun.

Selain lampu latar XDR, hampir semua hal lainnya (selain ukuran, berat, dan harga) identik di antara kedua iPad Pro—termasuk kinerja, kamera, dan masa pakai baterai. Ini membuatnya sangat mudah untuk memilih iPad Pro Kalian berdasarkan apa yang sesuai dengan tangan atau anggaran Kalian.

Penyimpanan

iPad Pro mulai dari 128GB, dengan beberapa opsi penyimpanan hingga 2TB—cukup untuk pengguna yang paling menuntut. Pada tablet yang kuat seperti ini, 128GB sepertinya terlalu sedikit memori untuk tahun 2022, terutama jika Kalian melakukan sesuatu dengan gambar dan video di tablet Kalian. Karena tablet Apple tidak memiliki opsi penyimpanan yang dapat diperluas pengguna, pertimbangkan rencana penggunaan Kalian dan tingkatkan penyimpanan sebelum Kalian membeli.

Sementara iPad generasi kesepuluh yang baru mendapatkan desain keyboard Bluetooth yang diperbarui di Apple Magic Keyboard Folio (dengan deretan tombol fungsi tambahan dan penyangga yang dapat disesuaikan), model iPad Pro 2022 hanya memiliki Magic Keyboard gaya lama. Saya tidak menganggapnya sebagai kerugian yang signifikan: Keyboard Ajaib yang ada mudah untuk mengetik berkat jarak tombol 1 mm, dan memiliki bonus besar dengan tombol backlit, yang menurut saya membuatnya lebih baik dari keduanya.

Input Apple iPad Pro: Apple Pencil Menjadi Lebih Berguna

Tablet Pro menggunakan Apple Pencil generasi kedua, yang menempel secara magnetis disisi tablet untuk dipasangkan dan diisi daya. Ini adalah stylus yang apik dengan banyak fitur, dan untuk iPad Pro sekarang ada satu lagi: hover.

Apple Penci Generasi Kedua
image source forbes.com

Saat Kalian memindahkan Pencil ke layar iPad Pro, Pencil akan melihat pratinjau tempat Pencil Kalian akan mendarat sebelumnya. Ini berarti bahwa pada saat Kalian benar-benar mengetuk kaca, sentuhan Kalian jauh lebih tepat.

Arahkan kursor bahkan berfungsi saat Pencil mendekati aplikasi, misalnya, membengkak dengan lembut untuk memberitahu Kalian bahwa Kalian berada di tempat yang tepat. Apple mengatakan sistem baru mengenali Pencil ketika jaraknya sejauh 12 milimeter.

Kamera Apple iPad Pro: Pencitraan dan AR yang Lebih Baik

Kamera di iPad telah benar-benar meningkat selama bertahun-tahun, dan di sini ada dua kamera, lampu kilat, dan sensor LiDAR. LiDAR adalah hadiah mati, mengungkapkan bahwa kamera di sini tidak begitu banyak untuk mengambil bidikan tetapi memungkinkan kemampuan augmented reality (AR).

Apple iPad Pro 2022 dengan kamera ganda dan sensor LiDAR.
image source forbes.com

Aplikasi Ukur Apple sendiri adalah contoh sempurna tentang bagaimana kamera dan kecerdasan silikon dapat digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang berguna; dalam hal ini alat ukur yang tampak keren dan akurat. Kamera depan sangat bagus untuk panggilan video atau merekam diri Kalian di kamera, dan Keyboard Ajaib berfungsi dengan baik untuk memposisikan kamera begitu saja.

Kinerja Apple iPad Pro: Lebih Baik di Segalanya

iPad Pro baru memenangkan fitur iPadOS 16 terbaru dari Apple yang disebut Stage Manager, pengaturan cerdas untuk multitasking multi-jendela. Saya pikir ini adalah pendekatan yang brilian untuk menangani beberapa aplikasi terbuka sekaligus, dan itu membuat multitasking di iPad lebih layak dari sebelumnya. Saya menemukan fitur ini membuat multitasking lebih mirip dengan apa yang biasa saya lakukan di laptop.

Apple iPad Pro 2022, model 11 inci (kiri) dan 12,9 inci
image source forbes.com

Ini memudahkan untuk menavigasi beberapa aplikasi dengan cepat dan menemukan jalan kembali. Apakah licin seperti di Mac? Tidak cukup, tapi ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Ini tidak tersedia di semua iPad, tetapi ada di iPad Pro 2022 terbaru.

Sementara multitasking dengan Stage Manager adalah bagian dari perangkat lunak iPad, itu adalah prosesor M2 baru yang membuat beberapa jendela terbuka sekaligus layak. Sejujurnya, prosesor M2 ini sangat cepat dan efektif, sulit untuk membayangkan banyak hal yang tidak dapat dilakukan. Dan itulah intinya dengan Pro: Saat ini, ia dapat melakukan semua kebutuhan pengguna yang paling menuntut—termasuk menangani lebih banyak tugas yang membutuhkan sumber daya seperti pengeditan video dan foto.

Apple iPad Pro 2022 12,9 inci.
image source forbes.com

Apple iPad Pro Kesimpulan: Akrab, Tapi Oh Begitu Kuat

iPad Pro 2022 12,9 inci terlihat seperti model tahun lalu, tetapi jauh lebih cepat dan menawarkan peningkatan mode hover yang rapi untuk Apple Pencil. Tetapi apakah Kalian benar-benar membutuhkan semua kekuatan ini jika Kalian bukan pengguna yang menuntut?

Ini pertanyaan yang bagus. Ini jelas merupakan tablet terbaik dan paling kuat untuk setiap pengguna dengan kebutuhan paling intens. Adapun kita semua, yah, dalam beberapa tahun ke depan ketika pengembang dengan cerdik menciptakan fitur-fitur baru, masih akan ada ruang kepala bagi iPad Pro untuk tampil dengan cepat. Dan mari kita ingat bahwa iPad terkenal sebagai perangkat yang tahan lama dan tahan lama.

Dengan kata lain, Kalian akan mendapatkan pengalaman hebat dengan iPad generasi kesembilan yang paling terjangkau, dan pengalaman yang lebih baik lagi dengan model generasi kesepuluh yang baru, yang luar biasa mengingat harganya yang terjangkau. Tetapi jika Kalian menginginkan yang terbaik dari yang terbaik, iPad Pro baru tidak ada duanya.

By AppsJog