Aplikasi Apple Pay Dapat Digunakan Dengan Browser Selain Safari di iOS 16 Beta

Apple Pay: Opsi untuk membayar dengannya muncul di browser pihak ketiga pada iOS 16 beta. Kabar baik bagi siapa saja yang lebih suka memanfaatkan Apple Pay untuk transaksi online: mungkin tersedia untuk digunakan dalam browser selain Safari.

MacRumors , Steve Moser, menemukan tombol Apple Pay di Google Chrome dan Microsoft Edge di iOS 16 beta terbaru, membuat kami percaya itu akan menjadi opsi untuk lebih banyak browser pihak ketiga.

Tangkapan layar tweet Moser yang menunjukkan tombol Apple Pay di Edge dan Chrome, mengkonfirmasi beberapa keributan sebelumnya di Reddit tentang kemampuan yang tumbuh untuk pengembang dan pengguna lain. Memang, saya dapat memunculkan Aplikasi tersebut di iPhone 13 Pro yang menjalankan iOS 16 beta terbaru.

Apple Pay Akhirnya Dapat Digunakan Dengan Browser Selain Safari
image source slashgear.com

Saya mencobanya di Google Chrome, Mozilla Firefox, dan bahkan DuckDuckGo. Opsi Apple Pay muncul untuk saya di ketiga contoh, dan saya bahkan sampai pada pop-up pembayaran di layar. (Tidak, saya tidak membeli AirTag saya tambahkan ke keranjang saya untuk mencobanya.)

Kalian mungkin bertanya-tanya: mengapa ini masalah besar? Ini hanya metode pembayaran yang tersedia di browser lain. Ada spekulasi bahwa perubahan fitur khusus ini adalah tanggapan Apple terhadap anti monopoli pengawasan Departemen Kehakiman AS dan UE. Aplikasi ini hanya tersedia di Safari seluler dengan iOS 15 atau perangkat yang lebih lama, dan dibatasi melalui Safari karena mengandalkan mesin rendering WebKit Apple. Tetapi itu berarti hanya satu browser seluler tertentu yang dapat mengakses Apple Pay, yang berpotensi menarik perhatian regulator.

Meskipun kami berutang kemunculan berita khusus ini ke 9to5Mac, Theregister yang mengingatkan kami pada tautan antitrust. Sebuah laporan kembali dari April melihat persyaratan dalam salinan rancangan Undang Pasar Digital, yang disahkan bulan lalu di UE dan akan menjadi undang-undang tahun depan. Salah satu bagian yang sangat relevan dari undang-undang tersebut menunjuk pada “penjaga gerbang” yang “mengoperasikan dan menerapkan mesin browser,” itulah sebabnya Apple Pay harus membuka browser seluler lainnya. Browser di iOS dibuat di WebKit karena fitur privasi dan keamanan khusus iOS. Bagian yang relevan dari rancangan undang-undang tidak muncul dalam undang-undang akhir, tetapi mungkin penyertaan sebelumnya cukup untuk membuat pengembang Apple mengambil tindakan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengguna macOS beta tampaknya tidak memiliki akses ke Apple Pay selain Safari. Moser mencatat dalam tweet tindak lanjut bahwa kemungkinan karena sistem operasi desktop memungkinkan mesin pihak ketiga pada platformnya, sehingga secara teknis tidak jatuh ke dalam ember “gatekeeping.”

Apple belum secara terbuka mengkonfirmasi perubahan tersebut, dan tidak segera menanggapi permintaan komentar. Bagaimanapun, jika kemampuan ini ditayangkan dalam rilis publik iOS 16 musim gugur ini, itu akan memudahkan pengguna untuk memilih menggunakan Apple Pay. Akan menarik untuk melihat apakah browser lain dapat mengakses kartu virtual, meskipun hanya Safari seluler yang saat ini terdaftar untuk menerima fitur tersebut.

By AppsJog