Fitur Baru iOS 16 Memungkinkan Pengguna iPhone Buy Now, Pay Later

Apple Pay Later: Apple terjun ke permainan BNPL dengan opsi pembiayaan baru untuk pengguna Apple Pay. Di iOS 16, Apple Pay menambahkan fitur yang memungkinkan Kalian membayar pembelian selama enam minggu tanpa biaya atau bunga.

iOS 16 segera Rilis untuk iPhone — yang diluncurkan ke semua iPhone yang kompatibel pada Senin, 12 September — akan menambahkan fitur “buy now, pay later” baru ke Apple Pay, aplikasi pembayaran seluler iPhone. Layanan BNPL memungkinkan Kalian membiayai pembelian dengan menyebarkan biaya dalam waktu singkat tanpa bunga atau biaya.

Apple Pay dibundel dengan Apple Wallet, aplikasi dompet digital iPhone yang juga dilengkapi Apple Card dan Apple Cash. Apple Pay memungkinkan Kalian menyimpan kartu debit dan kredit secara elektronik dan melakukan pembelian secara online atau di toko fisik; Apple Card adalah kartu kredit digital yang diterbitkan oleh MasterCard dan Goldman Sachs; dan Apple Cash adalah layanan pembayaran peer-to-peer.

Masuknya Apple ke dalam pembiayaan BNPL dengan Apple Pay Later datang pada saat banyak pengecer menerima pembayaran dari aplikasi BNPL seperti Affirm, Klarna dan Afterpay. Sebagian besar aplikasi ini menyediakan paket pembayaran bebas bunga jangka pendek yang serupa, sementara beberapa menawarkan paket cicilan yang lebih lama dengan suku bunga variabel.

Pelajari semua yang perlu diketahui tentang Apple Pay Later, termasuk cara kerjanya, di mana akan diterima, dan kapan akan tersedia. 

Fitur Apple Pay Later di Apple Wallet pada iPhone yang menampilkan pembayaran yang akan datang
image source cnet.com

Bagaimana Apple Pay Later Bekerja?

Apple Pay Later memungkinkan Kalian membagi biaya pembelian menjadi empat pembayaran yang sama yang tersebar selama enam minggu. Pembayaran pertama jatuh tempo saat Kalian melakukan pembelian, dan pembayaran sisanya jatuh tempo setiap dua minggu setelah itu.

Setelah Apple Pay Later dirilis, Kalian akan memiliki dua opsi saat menyelesaikan pembelian: Bayar Penuh dan Bayar Nanti. Memilih opsi terakhir akan memunculkan jadwal pembayaran yang menampilkan jumlah masing-masing dari empat pembayaran dan kapan jatuh tempo.

Toko dan pedagang tidak perlu menerapkan perubahan apa pun untuk menerima pembayaran melalui Apple Pay Later. Transaksi akan terjadi seperti sebelumnya — satu-satunya perbedaan terletak pada cara pembayaran back-end dilakukan.

MasterCard Installments, layanan BNPL label putih perusahaan kartu kredit, akan menyediakan pembayaran merchant untuk Apple Pay Later. Apple telah membuat anak perusahaan keuangannya sendiri — Apple Financial Services — yang akan menangani persetujuan pinjaman dan pemeriksaan kredit. Mitra perbankan Goldman Sachs akan menjadi penerbit pinjaman resmi.

Pembayaran untuk Apple Pay Later harus dilakukan dengan kartu debit; Kalian tidak dapat menggunakan kartu kredit. Kalian akan dapat mengatur pembayaran otomatis atau melakukan pembayaran tambahan kapan saja. Setiap pembelian BNPL akan ditinjau dan disetujui atau ditolak menggunakan pemeriksaan kredit lunak.

Apple Pay Later tidak berencana membebankan biaya untuk pembayaran yang terlambat, meskipun mungkin menggunakan pembayaran yang terlambat sebagai alasan untuk menolak pinjaman BNPL di masa mendatang. Belum ada jumlah pembelian maksimum atau minimum untuk Apple Pay Later yang diumumkan — kisaran yang diharapkan untuk pembelian adalah $25 hingga $1.000.

Kapan Saya Dapat Menggunakan Apple Pay Later di iPhone Saya?

Aplikasi Apple Pay Dapat Digunakan Dengan Browser Selain Safari di iOS 16 Beta
image source apfelpatient.de

Apple Pay Later akan disertakan dengan iOS 16, pembaruan terbaru sistem operasi Apple untuk iPhone. Belum jelas apakah Apple Pay Later akan disertakan dengan peluncuran iOS 16 12 September, atau apakah itu akan ditambahkan ke pembaruan poin di masa mendatang. Pembaruan iOS secara teratur, menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug.

Apple Pay Later tidak disebutkan di acara publik Apple “Far Out” pada 7 September, menunjukkan bahwa layanan tersebut mungkin tidak akan disertakan dengan rilis awal iOS 16. Pada acara WWDC pada bulan Juni, Apple mengatakan bahwa Apple Pay Later akan diluncurkan “suatu saat di musim gugur.”

Apple secara tradisional merilis sistem operasi terbarunya ke publik bersamaan dengan ponsel terbarunya. iPhone 14 akan dirilis ke publik pada hari Jumat, 16 September, dan preorder sudah dibuka.

Apa Bedanya Apple Pay Later dengan Cicilan Bulanan Apple Card?

Cicilan Bulanan Kartu Apple adalah program Apple yang memungkinkan Kalian membiayai pembelian produk Apple tertentu saat menggunakan Apple Card Lamanya periode April 0% untuk pembelian ini tergantung pada produk. Rencana cicilan berkisar dari enam bulan hingga dua tahun.

Apple Pay Later tidak terbatas pada produk Apple, juga tidak memerlukan penggunaan Kartu Apple. Dengan Apple Pay Later, Kalian akan dapat membiayai pembelian menggunakan kartu debit, yang ditentukan Apple, selama terhubung ke Apple Wallet. Selain itu, periode cicilan bebas bunga untuk Apple Pay Later — enam minggu — jauh lebih pendek daripada paket pembayaran yang ditawarkan oleh Apple Card Monthly Installments.

Apalagi yang Akan Ditambahkan iOS 16 Ke Apple Wallet?

Fitur baru lainnya yang hadir di Apple Wallet adalah Pelacakan Pesanan Apple Pay, yang menambahkan kemampuan bagi pedagang untuk memberikan tanda terima dan status pengiriman terperinci untuk produk yang dibeli kepada pelanggan melalui Apple Wallet. 

Apple Pay Akhirnya Dapat Digunakan Dengan Browser Selain Safari
image source slashgear.com

Apple juga memperluas dukungan di Apple Wallet untuk SIM dan kartu identitas. Mengikuti ID dari Colorado dan Arizona, Apple Wallet menambahkan dukungan untuk 11 negara bagian lainnya.

SIM ini dapat digunakan di pos pemeriksaan Badan Keamanan Transportasi tertentu. Mereka juga dapat dibagikan dengan aplikasi lain yang memerlukan identifikasi, seperti pembelian alkohol melalui Uber Eats.

Apple Wallet juga menambahkan dukungan untuk berbagi kunci untuk lokasi seperti hotel, kantor, atau mobil. Fitur baru akan memungkinkan pengguna berbagi kunci dengan teman atau rekan menggunakan email, pesan teks, atau aplikasi perpesanan lainnya.

Layanan Online Apa Lagi yang Memungkinkan Kalian Buy Now Dan Pay Later?

Beberapa sistem pembayaran online yang ada menyediakan pembiayaan jangka pendek “buy now, pay later” serupa dengan yang ditawarkan Apple Pay Later. Program Pay in 4 PayPal bekerja sangat mirip dengan Apple Pay Later, kecuali pembelian dibatasi antara $300 dan $1,500.

Aplikasi BNPL, Sezzle juga menggunakan sistem empat pembayaran selama enam minggu, tetapi memungkinkan pengguna untuk menjadwal ulang satu pembayaran hingga dua minggu kemudian tanpa biaya dan menunda pembayaran lebih lanjut dengan biaya tambahan.

Aplikasi BNPL lainnya seperti Affirm dan Klarna menawarkan paket cicilan tanpa bunga untuk jangka waktu pendek, atau paket cicilan lebih lama yang menambahkan suku bunga variabel. 

By AppsJog