Apple Watch Terus Mendominasi Pasar Smartwatch

Jam tangan pintar raksasa Cupertino – Apple Watch masih mendominasi persaingan, terhitung lebih dari setengah pasar jam tangan pintar kelas atas, tetapi industri ini berkembang dan menjadi lebih kompetitif. Meskipun Apple Watch tidak menciptakan bisnis jam tangan pintar, Apple Watch memberikan tujuan dan momentum yang signifikan. Meskipun tidak sepenting smartphone, Watch telah menyusun dan mengendalikan pasar untuk aksesori yang berkembang ini sejak diluncurkan pada April 2015.

Sebuah bisnis riset pasar bernama Counterpoint Research memberikan beberapa angka tentang dominasi perusahaan Cupertino ini dalam studi terbarunya. Penjualan yang kuat dari Watch Series 8 dikatakan telah berkontribusi pada pertumbuhan kuartal ketiga Apple sebesar 48% dari tahun ke tahun. Arloji akan mencapai 56% dari semua penjualan Apple Watch. Dengan penawaran produk lengkapnya, Apple akan mampu menguasai 50,6% pasar dunia untuk jam tangan pintar. Meski mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya, saat itu Watch menyumbang 54% pasar. Ini masih menjadi posisi dominan. Ini tampaknya disebabkan oleh perlambatan di dua pasar utama Apple di Amerika Utara dan Eropa.

Apple Watch Terus Mendominasi Pasar Smartwatch
image source gizchina.com

Samsung, saingan utama Apple, masih tertinggal jauh dan hanya menguasai 22,3% pasar jam tangan pintar, meningkat 5%. Penjualan raksasa Korea meningkat secara signifikan (+62%) pada kuartal terakhir berkat Galaxy Watch 5. Namun, pangsa pasarnya di semua titik harga turun 2,7%.

Apple Watch: Apple Masih Menjadi Pemimpin Jauh Dari Pesaing

” Terlepas dari inflasi dan krisis geopolitik yang terus berlanjut sejak awal tahun ini, pengiriman pasar smartwatch global meningkat 30% YoY pada Q3 2022, menurut Global Smartwatch Model Tracker dari Counterpoint Research. Selama kuartal tersebut, pasar India tumbuh 171% YoY menjadi pasar jam tangan pintar terbesar di dunia. Pasar lain juga tumbuh YoY, kecuali China dan Eropa”.

Di belakang dua pemain dominan ini, Amazfit berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 7,1%. Diikuti oleh Huawei dengan 6,4% (perusahaan China juga memiliki 3,2% pasar untuk jam tangan pintar level pemula). Kemudian kami memiliki ahli terkemuka yang mengawasi atlet yang menuntut, Garmin, yang muncul terakhir. Bisnis Amerika menguasai 4,5 persen pasar. Bahkan jika penjualan tersebut tidak meningkat pada kuartal sebelumnya. Patut dicatat bahwa Counterpoint Research melaporkan bahwa pendapatannya meningkat sebesar 11% sebagai hasil dari harga jual rata-rata sekitar 365 dolar. Yang lebih tinggi dari harga rata-rata Apple. Kami sekarang tahu lebih banyak tentang motivasi raksasa Cupertino untuk menyerang pasar ini dengan Watch Ultra pada bulan September.

Baca Juga : Cara Menggunakan Mode Daya Rendah di Apple Watch

Perlu dicatat bahwa Google Pixel Watch saat ini terlalu baru untuk dimasukkan dalam angka penjualan ini, jadi perlu menunggu beberapa saat untuk mengetahui apakah telah berhasil mengukir ceruk untuk dirinya sendiri dalam industri ini.

Tahun yang Sukses dan Pasar yang Berkembang

Apple Watch: Apple Masih Menjadi Pemimpin Jauh Dari Pesaing
image source gizchina.com
Setting SmartWatch

Bagaimanapun, data perusahaan analitik menunjukkan bahwa 2022 adalah salah satu tahun terbaik hingga saat ini untuk bisnis jam tangan pintar. Meski jauh lebih kecil dari pertumbuhan smartphone, industri ini akan memiliki pertumbuhan kuartal ketiga 2022 sebesar 30%. Kenaikan ini lebih lemah atau mungkin tidak ada di berbagai belahan dunia, terutama China. India, pasar lain dengan potensi yang sangat besar, akan menyaksikan pertumbuhan sebesar 171% dari tahun ke tahun. Selain Eropa, seperti yang telah kita lihat.

Pasar jam tangan pintar mulai berkontraksi sebagai bukti kedewasaan. Akibatnya, pada kuartal ketiga tahun ini, subpasar untuk jam tangan pintar yang lebih murah dan bertenaga menjadi lebih dari empat kali lipat. Saat ini, itu menyumbang 35% dari seluruh pasar. Meskipun demikian, penjualan jam tangan high-end linked meningkat sebesar 23% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Terutama mengingat bahwa pasar entry-level masih sepuluh kali lebih besar dari kisaran atas dalam hal pendapatan. Situasi yang tidak diragukan lagi dijelaskan oleh angka penjualan yang kuat serta harga rata-rata yang jauh lebih tinggi.

By AppsJog