Buka jam 10.00 s/d jam 22.00 Buka Setiap Hari
Dapatkan harga special dari kami dengan cara follow like dan share akun instagram official kami. Untuk anda yang mau datang ke toko kami, bisa langsung menuju ke Ambarrukmo Plaza Lt. LG (Lower Ground) PMA 1 Apple Jogja. Jangan lupa bagikan pengalaman berbelanja anda di toko kami dengan cara swafoto bersama produk yang anda beli dan berikan ulasan terbaik anda di Google Maps.
Beranda » Apple Jogja News » Kekurangan dan Kelebihan pada AMOLED vs IPS LCD

Kekurangan dan Kelebihan pada AMOLED vs IPS LCD

Diposting pada 11 March 2020 oleh INN43 | Dilihat: 1.302 kali

Setiap kali membeli sebuah smartphone baru, satu hal yang kerap menjadi pertimbangan adalah jenis layar yang digunakan oleh masing-masing brand. Dari banyak jenis layar, umumnya dua jenis layar yang paling banyak digunakan oleh brand ternama saat ini seperti Apple menggunakan IPS LCD dan Samsung menggunakan AMOLED. Keduanya tentu memiliki perbedaan dari masing-masing perusahan untuk menjadi bahan pertimbangan. Sebuah perusahaan akan mengembangkan smartphone mereka dengan memilih jenis layar yang terbaik. Untuk mengetahui lebih lanjut dari dua jenis layar tersebut Anda harus melihat atau memahami dari aspek penting yang ada di dua jenis tampilan. Pada kesempatan kali kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurang AMOLED vs IPS LCD.

Amoled vs IPS LCD

IPS merupakan singkatan dari In-Plane Switching. IPS adalah teknologi tampilan yang dibangun dari pengembangan dari LCD dengan menggunakan Kristal cair, dimana satu piksel LCD terbuat dari satu buah kristal cair sebagai titik cahaya. Di sisi lain susunan kristal cair ada backlight yang menjadi sumber cahaya. Cahaya yang melewati kristal cair kemudian terpolarisasi, dikontrol oleh filter horizontal dan vertikal yang ada disisi susunan kristal, sehingga beberapa warna akan diteruskan dan warna lainnya akan tersaring. Serta memiliki sudut pandang yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya yang ditampilkan TN yang memiliki keluhan utama tentang pembalikan warna pada sudut ekstrim IPS. LCD juga jauh lebih efisien dalam konsumsi daya dibandingkan dengan pendahulu sebelumnya.

Kelebihan IPS LCD

  • Biaya produksi lebih murah dibandingkan AMOLED
  • Memiliki color gamut yang baik
  • Menghasilkan tampilan warna yang lebih natural
  • Warna lebih cerah saat dibawah sinar matahari langsung
  • Tidak memiliki efek burn-in seperti AMOLED, jadi awet digunakan dalam waktu lama.
  • Gambar yang dihasilkan lebih tajam

Kekurangan IPS LCD

  • Rasio kontras warna tidak sekuat AMOLED (Hitam tidak 100% hitam, putih tidak 100% putih)
  • Lebih boros penggunaan daya dibandingkan AMOLED
  • Refresh rate dan response time lebih rendah dibanding AMOLED
  • Karena dilengkapi backlight, IPS LCD lebih tebal dari AMOLED

IPS LCD

AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) merupakan teknologi yang lebih baru dari IPS LCD. Pada intinya AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis. Kecerahan ditentukan oleh kuat tidaknya elektron yang mengalir, sedangkan warna diatur oleh emitting dioda merah, hijau, dan biru yang tertanam di layar.

Kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna antara lain adalah rasio kontras yang lebih tinggi dibandingkan layar jenis lain dan masing-masing piksel bisa menyala secara independen. Efeknya, di Smartphone yang menggunakan layar AMOLED, kamu bisa melihat warna hitam tampil lebih gelap karena diperoleh dengan cara memadamkan piksel yang diperlukan untuk membuatnya. Begitu pula dengan warna putih.

Kelebihan AMOLED

  • Memiliki rasio kontras yang lebih tinggi dari pada IPS LCD
  • Lebih hemat konsumsi daya, bahkan hingga 10x lipat dari IPS Display
  • Bisa mengupdate warna piksel secara independen, berbeda dengan IPS yang mengupdate seluruh pixel setiap kali ada perubahan warna. Hasilnya AMOLED memiliki FPS dan response time yang lebih cepat.
  • Karena setiap piksel merupakan RGB LED independen, untuk menampilkan warna hitam layar akan mematikan piksel tersebut, sehingga warna hitam benar-benar hitam, dan ini tidak bisa dicapai oleh layar IPS LCD.
  • Warna putih juga lebih bagus direpresentasikan oleh AMOLED daripada IPS LCD yang cenderung kebiruan.

Kekurangan AMOLED

  • Rawan terjadi screen burn-in, jadi jika dalam waktu lama kamu sering menggunakan aplikasi WhatsApp misalnya, maka bentukan icon / desain WhatsApp tersebut akan tertinggal di layar.
  • Biaya produksi jauh lebih mahal jika dibandingkan IPS LCD, terlebih untuk layar berukuran besar. Jadi perangkat dengan layar AMOLED seringkali harganya juga mahal.
  • Jika kamu menggunakan wallpaper dan tema bernuansa hitam, AMOLED memang jadi lebih hemat baterai. Tetapi jika sebaliknya, kamu menggunakan wallpaper dan tema bernuansa putih atau cerah, AMOLED juga bisa jadi lebih boros dalam penggunaan daya dibanding IPS LCD. Jadi boros tidaknya konsumsi daya layar AMOLED tergantung bagaimana kamu memakainya.

Amoled1

Baik itulah penjelasan singkat dari AMOLED vs IPS LCD yang bisa Anda jadikan sebagai acuan saat membeli smartphone.  Jika ditanya mana yang lebih baik, tentunya jawaban dari pertanyaan ini juga menyesuaikan dari kebutuhan masing-masing. Setiap teknologi termasuk dan AMOLED IPS LCD mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita hanya perlu mencocokkan mana kekurangan yang masih bisa ditoleransi dalam penggunaannya.

Bagikan informasi tentang Kekurangan dan Kelebihan pada AMOLED vs IPS LCD kepada teman atau kerabat Anda.

Kekurangan dan Kelebihan pada AMOLED vs IPS LCD | Apple Jogja

Belum ada komentar untuk Kekurangan dan Kelebihan pada AMOLED vs IPS LCD

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 14%
QUICK ORDER
Lightning to USB Cable 1M

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

lightning to usb cable Rp 300.000 Rp 350.000
Ready Stock
Rp 300.000 Rp 350.000
Ready Stock
QUICK ORDER
MacBook Pro Retina 13 inchi 2015

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

MBP Retina 13 inchi Rp 12.300.000
Ready Stock / MacBook
Rp 12.300.000
Ready Stock / MacBook
QUICK ORDER
MacBook Retina 12 inchi 2017

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

MNYN2 MacBook 12 inchi Rp 13.900.000
Ready Stock / MacBook
Rp 13.900.000
Ready Stock / MacBook
SIDEBAR
', 'auto'); ga('send', 'pageview');