Panduan Agar MacBook Kalian Fast Charging

Apple telah mendukung fast charging iPhone selama bertahun-tahun, tetapi baru pada akhir tahun 2021 fast charging akhirnya muncul di MacBook. Untuk mengisi daya MacBook Kalian dengan cepat, Kalian harus memastikan bahwa Kalian memiliki kombinasi model dan adaptor daya yang tepat.

Model MacBook Mana yang Mendukung Fast Charging?

Cara termudah untuk mengetahui apakah MacBook Kalian mendukung fast charging adalah apakah MacBook memiliki port pengisian daya MagSafe 3 (jangan tertukar dengan MagSafe di iPhone). Port ini muncul di sebagian besar model MacBook yang dirilis pada tahun 2021 dan 2022, terutama di MacBook Air dengan M2 dan MacBook Pro 14 dan 16 inci.

Cara Agar MacBook Kalian Fast Charging
image source youtube.com

MacBook Pro 13 inci (dengan chip M2, dirilis pada tahun 2022) tidak memiliki port MagSafe 3 sehingga tidak mendukung fast charging. MacBook Air M1 asli yang dirilis pada tahun 2020 juga tidak memiliki kemampuan untuk mengisi daya dengan cepat.

Lalu MacBook lama, seperti MacBook Pro Retina yang pertama kali dirilis pada tahun 2012, juga menampilkan MagSafe tetapi hanya model yang diproduksi setelah tahun 2021 yang mendukung fast charging. Kalian dapat melihat dengan tepat Mac mana yang Kalian miliki dengan mengklik logo Apple di pojok kanan atas layar dan memilih opsi “Tentang Mac Ini”.

Layar informasi "About This Mac" di macOS 13 Ventura
image source google.com

Apple mengiklankan bahwa MacBook yang mendukung fast charging dapat mencapai kapasitas 50% dalam waktu 30 menit. Semakin dekat persentase pengisian daya hingga 100%, MacBook Kalian akan semakin lambat mengisi daya.

Beberapa Model Membutuhkan Upgrade Adaptor Daya

Sementara model yang disebutkan di atas mendukung fast charging, tidak semua mampu melakukannya di luar kotak. Hanya MacBook Pro 16 inch (semua model), dan MacBook Pro 14 inch (M1 Pro dengan CPU 10 inti atau versi M1 Max) yang memiliki adaptor daya prasyarat di dalam kotak untuk mengaktifkan fast charging.

MacBook Pro 14 inci dengan CPU M1 Pro 8-core dikirimkan dengan adaptor daya USB-C 67w, dan memerlukan peningkatan ke adaptor daya USB-C 96w Apple untuk menggunakan fast charging (menggunakan adaptor USB-C ke MagSafe yang sama dalam kotak).

Varian MacBook Air M2 (dirilis pada tahun 2022) dikirimkan dengan adaptor daya USB-C 30w (M2 dengan GPU 8-core) atau 35w (M2 dengan GPU 10-core) di dalam kotak, keduanya tidak dapat mengisi daya laptop dengan cepat. Kalian perlu meningkatkan ke adaptor daya USB-C Apple 67w untuk mengisi daya MagSafe MacBook Air dengan cepat.

Model MacBook Mana yang Mendukung Fast Charging
image source youtube.com

Kalian juga dapat menggunakan pengisi daya pihak ketiga yang menyediakan daya yang cukup dengan sebagian besar model MacBook. Beberapa perangkat, seperti Pro Display XDR Apple, dapat mengisi daya MacBook Air M2 dengan cepat melalui Thunderbolt. Lihat rekomendasi untuk informasi lebih lanjut.

Bisakah Kalian Menggunakan USB-C untuk Fast Charge?

Model MacBook Pro (2021) 16 inci hanya mendukung fast charging dengan kabel USB-C ke MagSafe yang disertakan. Model MacBook Pro 14-inci dan M2 MacBook Air dapat mengisi daya melalui USB-C, asalkan kabel diberi peringkat untuk pengiriman daya.

By AppsJog