Cara Apple Memperbaiki Kustomisasi Layar Kunci iOS 16 Pada iOS 17

Kustomisasi Layar Kunci: Ketika Kalian membandingkan iOS dan Android, selalu jelas bahwa Android adalah jalan yang harus ditempuh jika Kalian ingin kustomisasi penuh perangkat lunak seluler Kalian. Namun, sejak iOS 14, Apple tampaknya telah berubah pikiran dan mengizinkan lebih banyak penyesuaian pengguna, dimulai dengan layar beranda.

Dengan iOS 16, kami akhirnya mendapatkan beberapa opsi untuk menyesuaikan layar kunci kami, yang merupakan hal pertama yang kami lihat saat mengambil iPhone favorit. Meskipun saya menikmati menggunakan iOS di iPhone 14 Pro, saya selalu menginginkan lebih banyak cara untuk menyesuaikan perangkat lunak di perangkat saya agar terasa lebih pribadi.

iOS 14 memungkinkan untuk menggunakan ikon aplikasi khusus melalui aplikasi Pintasan, menghilangkan kebutuhan untuk melakukan jailbreak untuk tujuan itu. iOS 16 menghadirkan beberapa opsi untuk mengubah tampilan layar kunci, mulai dari merapikan font untuk jam hingga menambahkan beberapa widget. Tetapi Apple perlu berbuat lebih banyak karena apa yang kami miliki di iOS 16 tidak cukup untuk mengunci layar.

Cara Memperbaiki Kustomisasi Layar Kunci iOS 16 Pada iOS 17
image source youtube.com

Inilah yang saya harap Apple lakukan di masa mendatang, mungkin dengan iOS 17, untuk menyesuaikan layar kunci.

Antarmuka yang Lebih Baik dan Sederhana : Kustomisasi Layar Kunci

Antarmuka yang Lebih Baik dan Sederhana
image source digitaltrends.com

Ketika saya pertama kali mendapatkan iOS 16 beta setelah WWDC22, hal pertama yang saya lakukan adalah memeriksa kustomisasi layar kunci. Saya sedikit terkejut melihat betapa membingungkan dan berbelit-belitnya antarmuka untuk melakukannya, dan terlebih lagi Apple memutuskan untuk mengirimkannya ke publik dengan sedikit perubahan yang dilakukan pada keseluruhan proses.

Saya pribadi menemukan antarmuka pengguna dan pengalaman mengubah layar kunci Kalian melelahkan. Untuk mengaksesnya, Kalian perlu menekan dan menahan layar kunci setelah membukanya, mirip dengan yang Kalian lakukan di Apple Watch. Kalian juga dapat memiliki beberapa layar kunci, meskipun saya merasa lebih menyebalkan untuk beralih di antara mereka karena Kalian tidak dapat hanya menggesek dari tepi layar kunci seperti yang Kalian lakukan di Apple Watch.

Wallpaper

Saat membuat layar kunci baru, langkah pertama adalah memilih gambar wallpaper. Kalian dapat memilih dari koleksi wallpaper pilihan Apple sendiri, atau Kalian dapat memilih sendiri dari perpustakaan foto Kalian. Tetapi ketika Kalian memilih yang terakhir, hal pertama yang Kalian lihat adalah foto unggulan yang dipilih perangkat, meskipun Kalian juga dapat memilih dari People, Pets, Nature, dan Cities. Alternatifnya, cukup buka Semua untuk melihat yang terbaru, atau alihkan tab di bagian atas dari Foto ke Album.

Antarmuka yang Lebih Baik dan Sederhana
image source digitaltrends.com

Tapi apa pun sumber yang Kalian pilih, gambar terbaru akan berada di atas, dan Kalian menggulir ke bawah untuk melihat gambar lama. Ini adalah kebalikan dari bagaimana Kalian biasanya melihat gambar Kalian di aplikasi Foto, jadi ini langsung membingungkan dan membuat saya bingung — saya suka konsistensi. Mengubah aliran pemilih gambar sangat mengejutkan dan bukan sesuatu yang saya harapkan dari Apple.

Tetapi masalah terbesar yang saya miliki adalah kenyataan bahwa saya tidak bisa begitu saja menambahkan layar kunci baru tanpa hanya menyimpan wallpaper layar utama saya saat ini. Setelah Kalian menyetel layar kunci baru, iOS 16 memaksa Kalian untuk menyetelnya sebagai pasangan wallpaper di layar kunci dan layar utama, atau Kalian dapat menyetel gambar terpisah untuk layar awal — tetapi Kalian tidak dapat memilih untuk menyimpannya yang sekarang (tanpa harus pergi dan mencari gambar lagi).

Saya senang bahwa Apple akhirnya memberi kami beberapa cara untuk mendandani layar kunci di iPhone kami, tetapi antarmuka dan pengalaman pengguna saat ini tidak optimal. Saya berharap seluruh proses, terutama jika Kalian hanya ingin mengubah wallpaper layar kunci dan bukan layar beranda, mendapatkan perombakan di iOS 17.

Beri Kami Lebih Banyak Ruang Untuk Widget

Salah satu hal besar tentang perombakan layar kunci di iOS 16 adalah kemampuan untuk menambahkan widget. Namun, ruang yang Apple izinkan untuk menempatkan widget sangat terbatas — hanya ruang di bawah widget waktu (yang tidak dapat Kalian ubah).

Beri Kami Lebih Banyak Ruang Untuk Widget
image source digitaltrends.com

Apple memberi kami baris satu per empat di bawah waktu, yang dapat Kalian isi dengan widget, asalkan Kalian memiliki aplikasi yang benar-benar memiliki widget berguna yang ingin Kalian tampilkan. Mengingat batasan ukuran, ini berarti empat persegi satu per satu, dua persegi panjang satu per dua, atau satu persegi panjang dan dua persegi.

Saya kira Apple mendesainnya sedemikian rupa sehingga kami masih dapat memamerkan wallpaper layar kunci kami, tetapi tidak semua orang peduli tentang itu. Ada juga yang menggunakan wallpaper berwarna sederhana atau gambar abstrak dan lebih suka menampilkan lebih banyak informasi di layar kunci. Hanya memiliki ruang kecil untuk widget benar-benar membatasi pengguna dan pengembang, dan Apple harus mempertimbangkan untuk mengubahnya di iOS 17. Saya ingin melihatnya lebih seperti bagaimana widget layar beranda dalam hal ukuran dan tampilan.

Saat kita membahas topik widget, saya juga ingin melihat widget interaktif di layar kunci (dan layar beranda). Akan luar biasa jika widget memungkinkan kita mengontrol aksesori HomeKit tanpa harus meluncurkan aplikasi, misalnya.

Lebih Banyak Opsi Font, Silakan

Lebih Banyak Opsi Font, Silakan
image source digitaltrends.com

Setelah bertahun-tahun menggunakan jenis huruf tunggal di layar kunci, Apple telah memberi kami beberapa opsi lagi untuk dipilih di iOS 16. Kalian dapat memilih dari tiga gaya — Arab, Arab Indik, dan Devanagari — dengan masing-masing dari mereka yang memiliki delapan tipografi yang berbeda. Sayangnya, jika Kalian menyukai font klasik dari waktu layar kunci dari iOS 15 dan sebelumnya, sepertinya itu telah menghilang.

Meskipun pemilihan font yang berbeda saat ini bagus, saya ingin melihat lebih banyak lagi di iOS 17. Bahkan, saya terkejut Kalian tidak dapat memilih font kustom Kalian sendiri untuk layar kunci. Kemampuan untuk mengunduh dan menambahkan font khusus diperkenalkan di iOS 13, jadi anehnya ini tidak sampai ke layar kunci. Mungkin iOS 17 akan mengubahnya atau setidaknya memberi kami lebih banyak opsi prasetel.

Maksud saya, ya, mereka terlihat bagus, tetapi mungkin tidak cocok untuk semua orang. Bagaimana jika seseorang menginginkan Comic Sans atau Papyrus di layar kunci mereka? Biarkan mereka memilikinya, Apple!

Lebih Banyak Cara Untuk Mengekspresikan Warna

Lebih Banyak Cara Untuk Mengekspresikan Warna Kustomisasi Layar Kunci
image source digitaltrends.com

Oh, dan warnanya. Pilihan prasetelnya bagus, dan Apple memungkinkan Kalian memilih intensitas warna yang sesuai dengan preferensi Kalian. Dan jika Kalian tidak menyukai warna standar, Kalian dapat menggunakan kisi warna, spektrum, atau penggeser untuk rona yang lebih personal.

Tapi saya pikir akan menyenangkan untuk membiarkan kita melakukan lebih banyak lagi dengan warna pada layar kunci. Misalnya, mari kita membuat gradien pelangi atau bahkan mengganti beberapa warna untuk setiap angka, seperti merah dan hijau untuk Natal. Atau bagaimana jika saya ingin angkanya satu warna dan titik dua berbeda? Jika Apple ingin kami mempersonalisasi layar kunci, memberi kami lebih banyak warna untuk mengekspresikan diri akan menyenangkan untuk dilihat.

Apple Perlu Melangkah Lebih Jauh Dengan Kustomisasi Layar Kunci

Apple Perlu Melangkah Lebih Jauh Dengan Kustomisasi Layar Kunci
image source digitaltrends.com

Saya sudah lama ingin melihat kustomisasi di iOS, dan menurut saya Apple telah mengambil beberapa langkah pertama yang bagus. Tapi saya berharap untuk melihat lebih banyak di masa depan. Apple menjadi sedikit stagnan lagi dengan penyesuaian layar beranda tanpa perubahan besar sejak iOS 14, dan saya khawatir layar kuncinya mungkin sama.

Tapi siapa yang tahu? Apple pasti dapat memiliki beberapa trik di iOS 17. Paling tidak, antarmuka saat ini untuk proses layar kunci perlu ditingkatkan.

By AppsJog