Cara Mematikan Pembaruan Otomatis macOS Mana yang Diizinkan

Apple menyediakan berbagai pilihan tentang bagaimana Mac Kalian dapat menginstal versi baru dari komponen dan sistemnya tanpa campur tangan Kalian.

Panel preferensi Pembaruan Perangkat Lunak (Monterey dan versi lebih lama) dan Pengaturan Sistem > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (Ventura) mengungkapkan apakah versi macOS Kalian mutakhir dan perangkat lunak apa yang dapat Kalian instal jika belum. Secara default, Apple sepenuhnya mengotomatiskan penginstalan macOS minor, keamanan, dan pembaruan lainnya. (Pembaruan utama macOS, seperti macOS Monterey hingga Ventura memerlukan tindakan langsung).

Di Monterey dan versi lebih lama, Kalian dapat mengeklik Lanjutan untuk melihat pengaturan dan melakukan perubahan; di Ventura, klik ikon info (i).

Cara Menonaktifkan Update Otomatis macOS
image source youtube.com

Secara default, macOS mengaktifkan semua opsi berikut:

  • Periksa pembaruan: Setiap kali Kalian membuka Pembaruan Perangkat Lunak, pembaruan baru akan diperiksa; itu juga memeriksa di latar belakang dan memberi lencana merah pada Preferensi Sistem atau Pengaturan Sistem untuk menunjukkan berapa banyak yang ada.
  • Unduh pembaruan baru jika tersedia: Ini termasuk semua pembaruan yang tercantum di bawah ini. Keuntungannya adalah mereka diinstal secara otomatis atau, jika Kalian menginstal secara manual, segera tersedia. Nonaktifkan ini jika Kalian membatasi bandwidth atau membayar bandwidth dan ingin merencanakan unduhan.
  • Instal pembaruan macOS: Ini termasuk semua pembaruan “titik”, seperti berpindah dari 13.0.0 ke 13.0.1 dan dari 13.0.1 ke 13.1.0.
  • Instal pembaruan aplikasi dari App Store: Aplikasi apa pun yang Kalian beli atau peroleh dari App Store diperbarui secara otomatis. Jika dinonaktifkan, luncurkan App Store untuk menggunakan fitur Pembaruan untuk memperbarui semua aplikasi yang diperbarui atau hanya yang dipilih.
  • Instal file data sistem dan pembaruan keamanan (Monterey dan versi sebelumnya): Apple memiliki pembaruan keamanan mandiri dan file data tertentu yang digunakan untuk memblokir app berbahaya yang baru ditemukan dan untuk tujuan keamanan terkait. Tidak ada alasan untuk menghapus centang ini, dan ini dapat membahayakan Mac Kalian jika Kalian melakukannya. (Kemungkinan serangan yang meluas tidak mungkin terjadi, tetapi jika muncul, opsi ini memungkinkan Apple mengimunisasi puluhan juta komputer hampir secara instan.)
  • Instal Respons Keamanan dan File Sistem (Ventura): Apple telah menambahkan pembaruan Respons Keamanan Cepat di Ventura– mengeksploitasi perbaikan yang dapat diinstal secara otomatis dan tidak memerlukan reboot–dan melabel ulang entri ini agar lebih inklusif. Demikian pula, dengan entri di atas, hampir wajib Kalian tetap mengaktifkannya untuk keselamatan Kalian.

Dalam kebanyakan kasus, Kalian dapat melihat daftar pembaruan yang tersedia, membatalkan pilihan atau memilih item dalam daftar, memilih item untuk melihat kontennya, dan klik Instal Sekarang untuk melanjutkan ke penginstalan. Pembaruan yang memerlukan memulai ulang Mac Kalian ditandai dengan “Diperlukan Mulai Ulang” setelah judulnya di bagian detail, dan Kalian diperingatkan saat mengklik Instal Sekarang bahwa Kalian harus membiarkan pembaru memulai ulang Mac Kalian untuk menyelesaikannya.

Saat bersiap menginstal pembaruan yang memerlukan mulai ulang, pastikan Kalian tidak memiliki file yang belum disimpan, membuka jendela Terminal, atau apa pun yang sedang berjalan di aplikasi. Seringkali, ini dapat menghentikan atau menyebabkan masalah dengan memulai ulang – terutama masalah jika Kalian pergi berharap untuk kembali dengan pembaruan selesai. Saya selalu menunggu sampai Mac saya restart sebelum pergi.

Kami juga memiliki saran berikut:

By AppsJog