Mengedit Smart Folder Tips dan Trik Membuat Smart Folder di Mac

AppleJogja – Kami akan menunjukkan cara membuat Smart Folder di Mac yang diperbarui secara otomatis untuk menyertakan file yang Kalian butuhkan. Dengan ini Kalian dapat menghemat waktu dari pencarian terus-menerus untuk menemukan file yang Kalian butuhkan di Mac dengan alat bawaan. 

Apa itu Smart Folder di Mac?

Smart Folder adalah folder yang diperbarui secara otomatis. Setelah Kalian menyiapkan kriteria, kapanpun file baru atau yang diedit memenuhi persyaratan, file tersebut secara otomatis ditempatkan ke dalam folder.

Ini memungkinkan Kalian mengatur Smart Folder untuk hal-hal seperti file yang Kalian buat kemarin, yang berisi kata tertentu, atau file jenis tertentu, seperti PDF atau gambar.

Selain itu, file tidak dipindahkan ke Smart Folder yang cocok. Mereka hanya dapat diakses dari Smart Folder saat mereka secara teknis tetap berada di lokasi mereka. Ini memungkinkan Kalian untuk dengan cepat melihat file terkait tanpa mencari melalui puluhan folder lain.

Cara Membuat Smart Folder di Mac
image source youtube.com

Mari kita lihat cara membuat Smart Folder di Mac serta mengeditnya jika kriteria Kalian berubah.

Membuat Smart Folder

Untuk mengatur Smart Folder di Mac Kalian, buka Finder untuk memulai. Tidak masalah folder apa yang ditampilkan saat Kalian membuka Finder, kecuali jika Kalian ingin mencari folder tertentu.

Langkah 1: Buka File di bilah menu dan pilih New Smart Folder.

Langkah 2: Kalian akan melihat tampilan folder kosong di Finder. Pilih Mac Ini di kiri atas, di samping Cari, untuk menemukan file di seluruh komputer Kalian jika Kalian tidak ingin hanya mencari folder saat ini.

Langkah 3: Gunakan Pencarian di kanan atas untuk memasukkan kata, kategori, jenis file, atau tanggal yang ingin Kalian gunakan sebagai aturan pertama untuk Smart Folder.

Pilih saran yang muncul di daftar drop-down yang sesuai dengan yang Kalian inginkan.

Pilih saran yang muncul di daftar drop-down yang sesuai dengan yang Kalian inginkan
image source digitaltrends.com

Langkah 4: Saat Kalian melihat hasil pencarian, Kalian memiliki opsi untuk memilih tanda Plus di sebelah kanan, di sebelah Simpan , untuk menambahkan aturan yang mempersempit hasil.

untuk menambahkan aturan yang mempersempit hasil di Smart Folder.
image source digitaltrends.com

Langkah 5: Gunakan kotak drop-down pertama di sebelah kiri untuk memilih apa yang ingin Kalian temukan. Ini bisa berupa nama, konten, tanggal pembuatan, jenis, atau opsi lain.

Gunakan kotak drop-down pertama di sebelah kiri untuk memilih apa yang ingin Kalian temukan. Ini bisa berupa nama, konten, tanggal pembuatan, jenis, atau opsi lain
image source digitaltrends.com

Langkah 6: Gunakan kotak drop-down berikutnya dan bidang berikutnya untuk menambahkan atribut yang sesuai. Opsi ini berubah tergantung pada apa yang Kalian pilih di kotak drop-down pertama.

Berikut ini contoh. Kami ingin menemukan semua item yang memiliki “Proyek ABC” dalam nama menggunakan istilah pencarian kami. Tapi kami ingin membatasinya pada dokumen sehingga kami tidak melihat gambar, folder, atau item lainnya. Jadi, untuk aturannya, kami memilih Jenis di kotak drop-down pertama dan Dokumen di kotak kedua.

Kalian dapat menambahkan aturan sebanyak yang Kalian suka. Ingatlah bahwa item harus cocok dengan semua kondisi untuk ditampilkan di Smart Folder.

Tambahkan Kriteria Sesuai dengan yang Kalian Inginkan di Smart Folder.
image source digitaltrends.com

Langkah 7: Kalian akan melihat hasil saat menambahkan kriteria. Ini memungkinkan Kalian mengonfirmasi bahwa Kalian menerima hasil yang diharapkan.

Setelah selesai, pilih Simpan di kanan atas.

Tombal Simpan di Smart Folder.
image source digitaltrends.com

Langkah 8: Beri nama Smart Folder Kalian di jendela pop-up.

Secara default, Smart Folder berada di Pencarian Tersimpan di Mac Kalian. Namun, Kalian dapat memilih lokasi yang berbeda jika Kalian mau.

Terakhir, Kalian dapat menambahkan folder ke sidebar Finder untuk akses mudah jika Kalian mau. Centang kotak Add to sidebar untuk melakukannya.

Pilih Nama dan Lokasi untuk Smart Folder.
image source digitaltrends.com

Langkah 9: Setelah selesai, pilih Simpan untuk menyimpan Smart Folder Kalian.

Kalian kemudian dapat menuju ke lokasi Smart Folder Kalian untuk membukanya.

Opsional: Temukan Pencarian Tersimpan di Mac

Jika Kalian meninggalkan lokasi untuk Smart Folder sebagai Pencarian Tersimpan default di Mac, Kalian dapat menuju ke sini dari Finder.

Langkah 1: Buka Finder dan pilih Go > Go to folder dari menu bar.

Langkah 2: Masukkan yang berikut ini ke dalam kotak Pencarian di bagian atas jendela pop-up: ~/Library/Saved Searches.

Go to folder dari menu bar di finder
image source digitaltrends.com

Langkah 3: Tekan Kembali.

Kalian kemudian akan melihat folder Pencarian Cerdas terbuka dengan Smart Folder Kalian di dalamnya.

Folder Pencarian Cerdas atau Smart Search di Mac
image source digitaltrends.com

Mengedit Smart Folder– Tips dan Trik Membuat Smart Folder di Mac

Mungkin Kalian ingin membuat perubahan pada Smart Folder yang telah Kalian buat. Kalian mungkin ingin menambahkan lebih banyak aturan atau menghapusnya.

Langkah 1: Buka Smart Folder Kalian.

Langkah 2: Pilih Tindakan di bilah alat Finder di bagian atas jendela dan pilih Tampilkan kriteria pencarian.

Pilih Tindakan di bilah alat Finder di bagian atas jendela dan pilih Tampilkan kriteria pencarian.
image source digitaltrends.com

Langkah 3: Kalian kemudian akan melihat aturan Kalian seperti saat Kalian membuat Smart Folder pada awalnya. Buat perubahan Kalian dan pilih Simpan.

Aturan yang diperbarui secara otomatis menggantikan yang asli.

Aturan yang diperbarui secara otomatis menggantikan yang asli.
image source digitaltrends.com

Smart Folder di Mac nyaman untuk menemukan file dan item lain yang Kalian butuhkan dengan cepat. Sekarang setelah Kalian tahu cara membuat Smart Folder di Mac, lihat juga 10 Cara Memperbaiki Layar Berkedip di MacBook!

By AppsJog