Cara Menambahkan Fitur Hot Corners ke Windows Dengan WinXCorners

Sistem operasi macOS berisi beberapa fitur praktis yang tidak dimiliki Windows secara default. Tambahkan fitur Hot Corners ke Windows 11 dengan aplikasi ini.

Sistem operasi macOS Apple berisi beberapa fitur bagus yang tidak dimiliki Windows, seperti alat “Hot Corners”. Fitur ini memungkinkan Kalian memicu tindakan tertentu dengan menggerakkan kursor ke sudut layar Kalian.

Sayang sekali Windows tidak memiliki fitur asli seperti itu, tetapi setidaknya kami dapat menambahkan Hot Corners ke dalamnya secara manual. Baik WinXCorners dan Hot Corners adalah paket perangkat lunak pihak ketiga yang mereplikasi Hot Corners dari macOS ke sistem Windows Kalian.

Cara Menambahkan Fitur Hot Corners ke Windows Dengan WinXCorners

WinXCorners adalah aplikasi gratis yang kompatibel dengan Windows 10 dan 11. Perangkat lunak ini menyertakan enam tindakan default yang dapat Kalian terapkan ke sudut layar, dan versi 1.2b dari perangkat lunak ini memungkinkan Kalian mengatur kustom perintah.

WinXCorners 1.2b diDownload sebagai arsip 7z. Jadi, Kalian memerlukan utilitas ekstraksi, seperti 7-Zip, untuk membuka arsip program. Jika Kalian tidak memiliki program yang dapat mengekstrak folder 7z, buka situs web 7-Zip dan ambil aplikasinya sebelum melanjutkan.

Setelah selesai, Kalian dapat menambahkan Hot Corners ke Windows 11 dengan mendownload WinXCorners dan mengekstraknya dengan 7-Zip seperti ini:

Cara Menambahkan Fitur Hot Corners Dari macOS ke Windows 11
image source paperwriter.ca
  1. Buka situs web WinXCorners dan klik tautan Download WinXCorners 1.2b di halaman web itu.
  2. Buka utilitas ekstraksi 7-Zip.
  3. Pilih arsip WinXCorners_1.2b di 7-Zip.
  4. Klik Ekstrak untuk membuka jendela yang ditunjukkan langsung di bawah ini.
  5. Tekan tombol elips.
  6. Pilih folder untuk memasukkan direktori WinXCorners_1.2b yang diekstraksi, dan tekan OK untuk memilihnya.
  7. Klik OK di jendela Ekstrak.
  8. Buka folder WinXCorners_1.2b yang telah diekstrak.
  9. Klik dua kali WinXCorners.exe untuk menjalankan perangkat lunak.
  10. Jika perangkat lunak dinonaktifkan, klik dinonaktifkan sementara di WinXCorners untuk mengaktifkan Hot Corners.

Konfigurasi WinXCorners Agar Auto

Setelah dijalankan, Kalian dapat memilih tindakan sudut layar dengan mengklik menu tarik-turun untuk memilih opsinya. Kalian dapat menetapkan sebagian besar tindakan default yang tersedia keempat sudut. Ini adalah tindakan default yang dapat Kalian pilih:

  • Sembunyikan Windows: Meminimalkan jendela di belakang jendela yang aktif.
  • Desktop: Menampilkan desktop.
  • Smart Screen Saver: Mengaktifkan screen saver yang Kalian pilih.
  • Pusat Aksi: Membuka Pusat Aksi di Windows.
  • All Windows: Menampilkan Task View yang menampilkan semua thumbnail jendela.
  • Monitor mati: Kosongkan tampilan (Kalian dapat mengaktifkannya kembali dengan mengklik).

Setelah Kalian memilih tindakan Kalian, gerakkan penunjuk mouse Kalian ke sudut atas, bawah, kiri, dan kanan layar. Memindahkan kursor ke setiap sudut akan memicu tindakan apapun yang Kalian tetapkan, selama WinXCorners berjalan di latar belakang.

Untuk mengkonfigurasi WinXCorners agar secara otomatis memulai saat boot, klik kanan ikon baki sistemnya dan pilih Mulai dengan Windows.

Kalian juga dapat mengatur Hot Corners untuk membuka perangkat lunak desktop, yang memungkinkan Kalian membuka program dengan menggerakkan kursor ke sudut. Untuk melakukan ini, Kalian harus mengatur WinXCorners untuk membuka program melalui jendela Opsi Lanjutan sebagai berikut:

  1. Pertama, pilih Perintah Kustom untuk sudut pada salah satu menu tarik-turun WinXCorners.
  2. Klik kanan ikon baki sistem WinXCorners dan pilih Lanjutan.
  3. Pilih kotak Aktifkan perintah khusus di jendela Opsi Lanjutan.
  4. Tempelkan jalur ke file EXE program di kotak Perintah Kustom, dan klik OK .

Sekarang program akan terbuka setiap kali Kalian memindahkan kursor ke sudut yang dipilih.

Bagaimana Menambahkan Fitur Hot Corners Dengan Perangkat Lunak

Hot Corners Hot Corners adalah alternatif untuk WinXCorners yang bekerja hampir sama. Namun, program ini memiliki beberapa tindakan berbeda yang dapat Kalian atur untuk sudut layar.

Hot Corners adalah aplikasi yang sangat ringan yang dapat Kalian gunakan di sebagian besar platform Windows. Berikut adalah bagaimana Kalian dapat menambahkan Hot Corners ke Windows 11 dengan perangkat lunak Hot Corners:

Cara Menambahkan Fitur Hot Corners ke Windows Dengan WinXCorners
image source youtube.com
  1. Klik download Sekarang di Softpedia Hot Corners halaman
  2. Pilih download: Softpedia Mirror (AS) untuk lokasi server.
  3. Buka aplikasi manajemen file dengan menekan Win + E.
  4. Arahkan ke direktori yang berisi penginstal untuk Hot Corners.
  5. Klik kanan HC-2-2-0.exe dan pilih Run as administrator.
  6. Klik Berikutnya dan Ya untuk menerima perjanjian hak cipta.
  7. Pilih Run Hot Corners setelah instalasi selesai dan tekan Next.
  8. Ikuti petunjuknya sampai akhir.

Hot Corners mencakup sembilan opsi tindakan untuk dipilih. Misalnya, Kalian dapat mengatur tindakan untuk membuka lokasi sistem seperti Control Panel dan My Documents, atau Kalian dapat mengatur sudut untuk mengunci PC Kalian untuk membuatnya siaga.

Jika Kalian memilih Cari Google, memindahkan kursor ke sudut akan memunculkan kotak pencarian kecil. Mengetik kata kunci di kotak itu akan memunculkan hasil pencarian Google untuk itu di browser default Kalian.

Pengaturan Tingkat Lanjut

Kalian juga dapat mengatur setiap sudut untuk membuka program yang berbeda dengan Hot Corners. Untuk mengatur program untuk satu sudut, klik menu tarik-turun untuk itu dan pilih Jalankan. Klik elips di jendela Jalankan, dan pilih program. Kemudian pilih OK di semua jendela.

Kalian akan melihat Hot Corners menyertakan Mouse Move tabFitur ini seharusnya memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan tindakan dengan menggerakkan mouse ke atas, bawah, kiri, dan kanan. Namun, fitur itu memiliki Win + X , yang bertentangan dengan menu Power User Windows 11. Oleh karena itu, fitur tersebut hanya berfungsi di platform Windows yang tidak memiliki menu Power User, seperti Vista dan 7.

Juga, perhatikan bahwa Hot Corners tidak menyimpan pengaturan saat Kalian tidak menjalankannya sebagai administrator. Jadi, pastikan Kalian selalu menjalankan perangkat lunak dengan izin yang lebih tinggi. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengatur program agar selalu berjalan sebagai administrator melalui Kompatibilitasnya tab

  1. Buka folder instalasi untuk Hot Corners.
  2. Klik kanan file Hot Corners.exe dan pilih Properties.
  3. Klik Kompatibilitas pada jendela Hot Corners Properties.
  4. Pilih Jalankan program ini sebagai administrator dan klik tombol Terapkan (simpan).

Sekarang Hot Corners harus selalu berjalan dengan izin yang lebih tinggi. Untuk menambahkan program ke item startup Kalian, klik Options > Settings di Hot Corners. Pilih Jalankan saat Memulai , dan klik OK pada jendela Pengaturan.

Hot Corners Menambahkan Fungsi Baru ke Windows 11

Jadi, sekarang Kalian dapat memanfaatkan salah satu fitur macOS terbaik di Windows 11 dengan WinXCorners dan Hot Corners. Fitur Hot Corners yang diaktifkan oleh paket perangkat lunak tersebut memberi Kalian cara baru untuk memicu tindakan umum dan membuka program di Windows.

By AppsJog