Tips dan Trik Cara Menggunakan File Tak Terlihat atau Invisible Files di macOS

File Tak Terlihat atau Invisible Files: Ada banyak sekali file dan folder tersembunyi di macOS, yang masih bisa Kalian akses jika Kalian tahu caranya. Berikut cara melihat file yang tidak terlihat.

Ada banyak fungsi tambahan di luar penggunaan dasar Finder. Mac menyukai mesin mereka karena desainnya yang bersih, sederhana, mudah digunakan, dan UI minimalis, tetapi di balik semua keanggunan itu terdapat sistem operasi UNIX yang sangat kuat.

UNIX ditemukan di Bell Labs pada tahun 1969 dan pada awalnya dirancang untuk dijalankan pada komputer mainframe dengan terminal time-sharing. Pada tahun 1997 ketika Steve Jobs kembali ke Apple, perusahaan memutuskan untuk mentransmisikan Mac ke sistem berbasis UNIX modern baru berdasarkan OS NeXTSTEP, yang dikembangkan di perusahaan Steve lainnya, NeXT.

NeXTStep dan Mac_OS_9 digabungkan untuk membuat Mac OS X, yang dikirimkan Apple pada tahun 2000 – sekarang hanya disebut macOS.

Filesystem UNIX asli sangat kompleks, berisi ratusan direktori, ribuan program kecil, dan berbagai alat lainnya, termasuk terminal shell dan bahasa scripting — hampir semuanya terlihat dan dapat diakses secara rutin oleh pengguna.

Hari ini di macOS, sebagian besar sistem UNIX asli masih ada tetapi tersembunyi dari pengguna, yang jarang perlu melihatnya.

Cara Menggunakan File Tak Terlihat atau Invisible Files di macOS
image source youtube.com

Ada berbagai alasan mengapa Kalian mungkin ingin melihat bagian sistem file yang tidak terlihat di Mac Kalian. Ini termasuk menginstal alat UNIX pihak ke-3, menginstal alat dan paket pengembang, mengubah skrip login, menghapus preferensi tersembunyi, atau menghapus file yang diinstal oleh penginstal pihak ke-3 macOS.

Kalian mungkin juga ingin menyembunyikan file dan folder di lokasi yang tidak terlihat untuk alasan keamanan.

Sebelum kita menyelami cara menampilkan semua file yang tidak terlihat di Mac Kalian, ketahuilah bahwa memindahkan, menghapus, atau mengganti nama bagian yang tidak terlihat dari sistem file dapat membuat Mac Kalian tidak dapat di-boot, jadi lanjutkan dengan hati-hati. Mengakses bagian OS yang tidak terlihat tidak disarankan kecuali Kalian tahu apa yang Kalian lakukan.

Mengalihkan File Tak Terlihat di Finder

Cara termudah dan termudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan file tak terlihat di macOS Ventura Finder adalah dengan menekan tombol periode Shift-Perintah secara bersamaan.

Kalian juga dapat membuka jendela Terminal dan mengetik:

defaults write com.apple.Finder AppleShowAllFiles true

Setelah itu, tekan Return. Ini memberi tahu Finder untuk menampilkan semua file di sistem file.

Kalian harus memulai ulang Finder agar perubahan diterapkan. Untuk melakukannya, Kalian dapat Keluar Paksa dan Luncurkan Ulang Finder di jendela Tutup Paksa dari menu Apple, atau Kalian dapat mengeklik kanan atau Control-Option-mengklik ikon Finder di Dock dan memilih “Luncurkan Ulang” dari menu popup.

Saat Kalian memaksa keluar dari Finder, semua operasi Finder yang sedang berjalan, seperti salinan file, akan segera dibatalkan.

Cara Mengalihkan File Tak Terlihat di Finder
image source appleinsider.com

Di Terminal, Kalian dapat menonaktifkan file tak terlihat nanti dengan perintah Terminal yang sama tetapi dengan nilai disetel ke false:

defaults write http://com.apple.Finder AppleShowAllFiles false

Setelah Kalian menampilkan file tak terlihat dan meluncurkan kembali Finder, sekarang Kalian memiliki akses penuh ke semua bagian sistem file di semua volume yang dipasang di semua perangkat penyimpanan di Mac Kalian.

Versi UNIX macOS didasarkan pada Berkeley Sockets Distribution, yang merupakan penggabungan AT&T System V UNIX dan lapisan soket TCP/IP yang dikembangkan di University of California Berkeley pada awal 1980-an. Ketika NeXT sedang mengembangkan NeXTStep, NeXT memilih FreeBSD sebagai inti sistem karena kemampuan jaringannya.

Ketika Apple membeli NeXT pada tahun 1997, Apple sedikit memodifikasi OS inti dan menyebutnya Darwin – yang masih menjadi dasar macOS dan iOS hingga saat ini. Pada intinya, OS ini adalah sistem UNIX yang lengkap dan kuat. Darwin penuh dengan UNIX.

Jika Kalian membuka Disk Startup Mac Kalian, setelah menampilkan file tak terlihat, Kalian akan melihat folder tambahan di luar folder Aplikasi, Sistem, Perpustakaan, dan Pengguna standar.

Folder utama yang tidak terlihat adalah:

  • bin
  • etc
  • sbin
  • tmp
  • usr
  • var

Apple memilih untuk memindahkan 3 folder ini (etc, tmp, dan var) ke folder baru bernama private.

Karenanya folder etc, tmp, dan var di root Disk Startup Kalian sebenarnya hanyalah alias. Sebagian besar alat biner UNIX file tunggal disimpan di bin, sbin, atau usr/local/bin, atau di usr/local/sbin

Untuk lebih membingungkan, ada juga direktori usr/local/etc dan usr/local/var.

Ada pengelola alat UNIX Mac pihak ke-3 seperti Homebrew, yang mengelola penginstalan/penghapusan alat UNIX pihak ke-3 tambahan ke lokasi ini untuk Kalian.

Tampilan Disk Startup di Mac Kalian
image source appleinsider.com

Ada juga folder rumah UNIX tradisional di akar Disk Startup Kalian, tetapi di macOS, itu tidak digunakan seperti di sebagian besar sistem UNIX lainnya karena Apple memutuskan untuk memindahkan folder rumah untuk semua pengguna lokal ke folder Pengguna khusus macOS sebagai gantinya.

Folder tak terlihat penting lainnya di root Startup Disk adalah Volumes. Sesuai dengan pengaturan subsistem penyimpanan BSD tradisional, Volume berisi semua titik pemasangan UNIX untuk semua volume yang dipasang di Mac Kalian.

Detail titik pemasangan sistem dan teknologinya cukup kompleks dan berada di luar cakupan artikel ini.

Di macOS versi modern, jendela Finder kini juga menampilkan ikon panah Keluarkan kecil di samping setiap volume yang terpasang di folder Volume. Menekan ikon Keluarkan akan mengeluarkan volume di sebelahnya.

Kalian juga dapat melihat tanggal pembuatan setiap volume dan tanggal modifikasi terakhir di jendela Volume.

Membuat File dan Folder Tidak Terlihat

Biasanya saat file tersembunyi dimatikan di Finder, Kalian dapat membuat file atau folder apa pun tidak terlihat dengan menambahkan titik pada namanya. Ini menyembunyikan item, dan Kalian tidak akan dapat mengaksesnya lagi hingga Kalian mengaktifkan kembali file tak terlihat atau mengaksesnya melalui Terminal.

Tips dan Trik Cara Menggunakan File Tak Terlihat atau Invisible Files di macOS
image source youtube.com

Misalnya, volume penyimpanan di Mac Kalian menyimpan ikon Finder khusus, jika ada, dalam file di akar volume bernama .VolumeIcon.icns. Finder membaca file ini, jika ada, saat memasang volume dan menggunakan ikon yang ditemukan di dalamnya sebagai ikon desktop volume.

Jika Kalian menghapus VolumeIcon.icns, Finder menggunakan ikon sistem umum untuk setiap volume. Saat file tak terlihat mati, Kalian tidak melihat file VolumeIcon.icns, tetapi tetap ada. Gambar disk .dmg menggunakan skema serupa untuk volume terpasangnya.

Folder Home, Preferensi, dan Dukungan Aplikasi

Saat Kalian mengaktifkan file tak terlihat di Finder, Kalian juga akan melihat banyak file dan folder tak terlihat di folder rumah Kalian. Alat pihak ketiga dapat menyimpan pengaturan dalam file atau folder yang tidak terlihat di sini, tetapi macOS juga memiliki beberapa file konfigurasi sistemnya sendiri di folder utama pengguna:

  • .cups (pencetakan UNIX)
  • .ssh (kunci publik dan pribadi SSH)
  • .zsh_sessions (catatan sesi shell zsh)
  • .bash_profile
  • .bash_rc
  • .profile (skrip konfigurasi login)
  • .inputrc.sh (info sesi Terminal lainnya)
  • .zlogin
  • .zsh_history, dan .zshrc (skrip login lainnya).

Saat Mac Kalian mulai dan Kalian masuk, atau saat Kalian keluar dan masuk kembali, sistem menjalankan apapun yang disimpan di bash_profile, .bash_rc, .profile, .inputrc.sh, .zlogin, dan .zshrc.

Preferensi disimpan di 3 tempat di sistem file:

  • /System/Library/Preferences
  • /Library Preferences
  • ~/Library/Preferences

Di UNIX, karakter “~” berarti folder utama pengguna.

Sebagian besar file preferensi terlihat secara normal, tetapi beberapa tidak terlihat dan hanya dapat dilihat di Finder dengan mengaktifkan file yang tidak terlihat. Hal yang sama berlaku untuk folder Application Support yang terletak di /Library/Application Support dan ~/Library/Application Support. Sebagian besar pengembang pihak ke-3 dan Apple menyimpan file tambahan yang diperlukan oleh aplikasi di 2 lokasi ini.

Kadang-kadang saat melihat folder Sistem, Perpustakaan, atau beranda Kalian di Finder dengan file tak terlihat, Kalian akan melihat beberapa folder dengan lencana kecil di pojok kanan bawah – ini adalah folder yang dibatasi sistem dan tidak boleh dirusak:

Contoh Folder yang DIbatasi Oleh Sistem di Mac
image source appleinsider.com

Jika Kalian mencoba untuk mengklik dua kali salah satu folder ini, Finder akan mengeluarkan peringatan yang mengatakan Kalian tidak memiliki izin untuk membukanya.

Jangan ubah izin pada folder ini untuk melihat isinya kecuali Kalian tahu persis apa yang Kalian lakukan. Menyetel izin yang salah pada folder yang dibatasi sistem dapat membuat Mac Kalian tidak dapat di-boot, dan dapat mencegah Finder beroperasi dengan benar.

Kalian dapat melihat dan mengubah izin setiap folder di jendela Finder Get Info atau di Terminal, tetapi berhati-hatilah. Izin file UNIX berubah-ubah, dan hanya perlu satu kesalahan untuk mencegah Mac Kalian bekerja dengan benar.

UNIX adalah sistem operasi yang sangat kuat, dan kami baru saja menggores permukaannya. Dengan menggunakan file dan folder tak terlihat di Finder, Kalian dapat melakukan hal-hal di Mac yang tidak dapat Kalian lakukan sebaliknya.

By AppsJog