Cara Menggunakan Mode Daya Rendah di Apple Watch

Untuk membantu Kalian memaksimalkan fitur hemat baterai, kami akan menjelaskan cara mengaktifkan Mode Daya Rendah di Apple Watch Kalian dan mengonfigurasi beberapa pengaturan yang terhubung.

Pembaruan watchOS 9 menghadirkan Mode Daya Rendah yang sangat dibutuhkan ke Apple Watch. Pelajari cara menggunakannya untuk memperpanjang masa pakai baterai Apple Watch Kalian.

Pembaruan watchOS 9 memperkenalkan Mode Daya Rendah pada model Apple Watch tertentu, menggantikan opsi Cadangan Daya untuk membantu memperpanjang waktu aktif.

Daya tahan baterai telah menjadi keunggulan bagi perangkat yang dapat dikenakan sejak diperkenalkan pada tahun 2015, jadi penambahan yang meningkatkannya selalu diterima.

Model Apple Watch Manakah yang Mendukung Mode Daya Rendah?

Model Apple Watch Manakah yang Mendukung Mode Daya Rendah?
image source apple.com

Kalian dapat menggunakan Mode Daya Rendah di Apple Watch apa pun yang secara resmi mendukung watchOS 9. Berikut semua model Apple Watch yang kompatibel:

Catatan: Ingatlah untuk memperbarui Apple Watch Kalian untuk menggunakan Mode Daya Rendah atau fitur watchOS 9 tersembunyi tersedia untuk perangkat Kalian yang dapat dikenakan.

Cara Mengaktifkan Mode Daya Rendah di Apple Watch

Kalian Kalian dapat menggunakan Mode Daya Rendah di Apple Watch dengan dua cara berbeda. Saat baterai Apple Watch Kalian 10%, Kalian akan menerima permintaan untuk mengaktifkan fitur dengan satu ketukan. Atau, Kalian dapat memilih untuk mengaktifkan fitur secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

  1. Buka Pusat Kontrol dengan menggeser ke atas dari bagian bawah layar.
  2. Ketuk Persentase Baterai .
  3. Sekarang, gunakan sakelar untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah.
Apple Watch
image source makeuseof.com

Mengaktifkan sakelar akan memunculkan prompt yang merinci atribut Mode Daya Rendah dan dampaknya pada berbagai fitur Apple Watch Kalian.

Saat menggulir ke bawah, Kalian akan melihat tombol yang memungkinkan Kalian segera mengaktifkan Mode Daya Rendah atau mengatur durasi penggunaan. Apple menyertakan petunjuk untuk satu, dua, atau tiga hari.

Setelah diaktifkan, ikon lingkaran kuning akan muncul menggantikan titik notifikasi di bagian atas Apple Watch Kalian dan tetap ada setiap saat. Elemen lain, seperti Pusat Kontrol indikator persentase baterai, animasi pengisian daya, dan layar mode nakas, semuanya menjadi kuning.

Cara Mengaktifkan Mode Daya Rendah di Apple Watch
image source makeuseof.com

Catatan: Mode Daya Rendah dinonaktifkan secara otomatis saat Apple Watch Kalian mengisi daya hingga 80%.

Fitur Apa yang Dinonaktifkan Mode Daya Rendah di Apple Watch?

Premis dibalik Mode Daya Rendah adalah untuk menawarkan pengaturan satu klik yang akan membantu Apple Watch Kalian bertahan lebih lama. Untuk mencapai peningkatan ini, fitur yang sangat mempengaruhi masa pakai baterai dinonaktifkan. Daftar di bawah ini merinci fitur-fitur tersebut:

Fitur Apa yang Dinonaktifkan Mode Daya Rendah di Apple Watch?
image source makeuseof.com
  • Always On display
  • Notifikasi untuk irama jantung tidak teratur dan detak jantung tinggi atau rendah
  • Background pengukuran detak jantung 
  • Background pemantauan oksigen darah
  • Latihan Otomatis meminta koneksi Wifi dan seluler—saat jauh dari iPhone.

Adapun poin terakhir, Apple Watch Kalian akan terhubung ke Wi-Fi dan jaringan seluler saat iPhone Kalian berada di dekat Kalian dan karenanya meneruskan panggilan. Setelah pindah, Kalian akan melihatnya tidak mengirimkan pemberitahuan atau panggilan.

Mode Daya Rendah juga mengakibatkan berkurangnya fungsionalitas dengan cara berikut:

  • Karena Wi-Fi dan batasan konektivitas seluler, melakukan panggilan telepon melalui Apple Watch dapat memerlukan lebih banyak waktu.
  • Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan komplikasi lebih jarang terjadi, yang mengarah ke pengambilan pemberitahuan secara berkelompok dan pembaruan data yang tertunda pada tampilan jam.
  • Permintaan Siri membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses.
  • Animasi dan pengguliran mungkin menampilkan pengurangan kehalusan.

Bagaimana Mode Daya Rendah Mempengaruhi Latihan?

Meskipun Mode Daya Rendah menonaktifkan sejumlah fitur Apple Watch, itu tidak membatasi pelacakan aktivitas. Sebaliknya, fitur tersebut dapat beroperasi bersama dengan aplikasi Workout.

Di aplikasi Pengaturan Apple Watch, Kalian akan menemukan opsi yang mengaktifkan Mode Daya Rendah saat Kalian memulai latihan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur ini.

  1. Buka Pengaturan, gulir ke bawah ke bawah dan temukan Latihan.
  2. Sekarang, aktifkan Mode Daya Rendah.
Bagaimana Mode Daya Rendah Mempengaruhi Latihan?
image source makeuseof.com

Apakah Mode Daya Rendah di Apple Watch Efektif?

Kami menggunakan watchOS 9 dan fitur berbasis kesehatan yang ditingkatkan selama pengujian kami sejak pembaruan diluncurkan pada 12 September 2022. Dan antara sekarang dan kemudian, kami mencoba tiga pengaturan daya yang berbeda:

  • Dengan Selalu Aktif.
  • Dengan Always On Display tidak aktif.
  • Dengan Mode Daya Rendah aktif.
Apakah Mode Daya Rendah di Apple Watch Efektif?
image source makeuseof.com

Selama waktu ini, kami mencatat bahwa ketika Always On aktif, Apple Watch kami bertahan 24 jam sebelum memerlukan biaya. Dengan fitur tidak aktif, daya tahan diperpanjang hingga 32 jam. Namun, mengaktifkan Mode Daya Rendah memungkinkan arloji bekerja 40 jam sebelum perlu diisi daya.

Jadi, meskipun fitur ini bukan sesuatu yang kami sarankan untuk digunakan setiap hari, dengan senang hati kami laporkan bahwa Kalian dapat meningkatkan jarak antar tagihan secara signifikan jika diperlukan. Pada saat pengujian, daya baterai perangkat kami turun hingga 93%, artinya Apple Watch baru kemungkinan akan memberi Kalian penggunaan dua hari sebelum perlu mengisi daya.

Apple mengklaim Mode Daya Rendah memperpanjang masa pakai baterai 18 jam pada Seri 8 menjadi 36 jam. Di Apple Watch Ultra, Mode Daya Rendah akan memperpanjang masa pakai baterai dari 36 jam menjadi 60 jam.

Mode Daya Rendah Membantu Meningkatkan Daya Tahan Baterai

Masa pakai baterai adalah titik lemah bagi banyak perangkat yang dapat dikenakan, dan Apple Watch tidak terkecuali. Ya, Apple Watch Ultra menawarkan baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan Apple Watch Series 8 (dan model lainnya), tetapi masing-masing perangkat ini akan mendapat manfaat dari Mode Daya Rendah saat waktunya kritis.

Kemampuan untuk memperpanjang masa pakai baterai hanya dengan beberapa ketukan adalah kenyamanan besar dan tambahan yang layak untuk watchOS. Apple mengambil waktu yang manis untuk menghadirkan fitur hemat baterai ini ke Apple Watch, tetapi kami senang akhirnya ada di sini.

By AppsJog