Cara Menghapus Cache Safari Pada Mac Serta Fungsinya

Cara Menghapus Cache Safari: Safari membuat penelusuran lebih cepat, tetapi juga dapat memperlambat Mac, iPhone, atau iPad Kalian, dan menghabiskan banyak waktu ruang penyimpanan juga. Inilah cara dan kapan harus menghapusnya.

Seperti setiap browser web, Safari menyimpan data di Mac, iPhone, dan iPad, dengan tujuan untuk mempercepat kehidupan online Kalian. Kalian mungkin memiliki jenis kecepatan internet yang Apple Park , tetapi meskipun demikian, lebih baik menggunakan kecepatan itu di tempat yang diperlukan.

Jadi, saat Kalian mengunjungi kembali sebuah situs web, Safari membuatnya sejauh mungkin, Kalian hanya perlu mengunduh apa yang telah diubah. Bahkan dengan situs berita yang diperbarui sepanjang hari, tata letak dasar, furnitur halaman, tidak terlalu sering berubah, jadi Safari sebaiknya mengunduhnya sekali saja.

Cara Menghapus Cache Safari Pada Mac, iPhone dan iPad
image source youtube.com

Di belakang layar, setiap kali Kalian meminta Safari untuk pergi ke suatu situs, Safari pergi ke sana dengan setengah memperhatikan elemen situs apa yang telah disimpannya di perangkat Kalian. Kemudian itu akan memuat apa saja dari perangkat Kalian, karena mengambil data yang disimpan secara lokal selalu lebih cepat daripada mengunduhnya.

Tidak diragukan lagi, cache Safari adalah hal yang baik. Kecuali jika tidak.

Kapan Kalian Harus Menghapus Cache Safari

Ada kemungkinan terjadi kesalahan. Jika Safari tampaknya tidak memuat situs, mungkin ada kerusakan data di cache.

Atau bisa jadi Kalian kehabisan ruang dan semua data cache yang disimpan secara tak terlihat ini menghabiskan banyak ruang. Ketika Kalian sangat kekurangan ruang, Kalian juga mengetahuinya, karena perangkat Kalian terasa lebih lambat.

Jadi, jika Kalian mengalami masalah setiap kali menjelajahi web di Mac, iPhone, atau iPad, membersihkan cache setidaknya merupakan langkah pemecahan masalah pertama yang baik.

Namun, Kalian tidak ingin secara tidak sengaja menimbulkan masalah atau ketidaknyamanan baru. Dan menghapus cache juga dapat menghapus kata sandi yang menurut Kalian disimpan Safari untuk Kalian.

Jadi sebelum Kalian mengosongkan cache, pastikan Safari menyimpan kata sandi tersebut. Di Mac, buka System Preferences, klik Apple ID, lalu iCloud.

Atau di iOS, buka Pengaturan, ketuk nama Kalian di bagian atas, lalu iCloud.

Dalam kedua kasus tersebut, periksa apakah Safari telah dihidupkan. Dengan Mac, itu berarti kotak centang aktif, dan dengan iOS, itu berarti tombol penggeser dihidupkan dan berwarna hijau.

Di Mac, Kalian memerlukan Safari untuk menampilkan menu Kembangkan yang biasanya tersembunyi
image source appleinsider.com

Di Mac, Kalian memerlukan Safari untuk menampilkan menu Kembangkan yang biasanya tersembunyi

Cara Menghapus Cache Safari Pada Mac

  1. Luncurkan Safari
  2. Klik Safari di kiri atas
  3. Pilih Preferensi
  4. Klik Lanjutan
  5. Centang menu Perlihatkan Kembangkan di bilah menu untuk atur ke
  6. Tutup Preferensi , dan buka Kembangkan menu
  7. Pilih Cache Kosong

Tidak ada tombol OK, lalu tidak ada konfirmasi yang terlihat bahwa cache telah dibersihkan. Tapi mereka telah.

Pilih Kosongkan Cache dari menu Kembangkan
image source appleinsider.com

Pilih Kosongkan Cache dari menu Kembangkan

Cara Menghapus Cache Safari Pada iPhone dan iPad

  1. Buka Pengaturan
  2. Gulir ke bawah ke Safari dan ketuk
  3. Pilih Hapus Riwayat dan Data Situs Web
  4. Konfirmasikan dengan mengetuk tombol Hapus Riwayat dan Data yang muncul

Berbeda dengan Mac, ada indikasi yang terlihat bahwa cache telah dibersihkan. Opsi untuk Hapus Riwayat dan Data Situs Web berwarna abu-abu dan tidak tersedia.

Perhatikan bahwa itu tidak akan tetap tidak tersedia. Ini segera tersedia saat Kalian melakukan lebih banyak hal di Safari.

Di iPhone dan iPad, Kalian harus menghapus cache dan riwayat Safari.
image source appleinsider.com

Di iPhone dan iPad, Kalian harus menghapus cache dan riwayat Safari.

Apa yang Terjadi Selanjutnya

Setelah Kalian mengosongkan cache, biasanya Kalian akan menemukan bahwa beberapa masalah pemuatan situs teratasi. Kalian juga akan menemukan bahwa perangkat Kalian berjalan lebih cepat.

Kecuali, tentu saja, lain kali Kalian menjelajah ke sebuah situs web, itu akan memuat sedikit lebih lambat dari biasanya. Tapi itu akan mempercepat lagi – setelah Safari sekali lagi meng-cache situs.

By AppsJog