Cara Menghubungkan iPhone ke Mac Tanpa Kabel USB

Menghubungkan iPhone ke Mac Tanpa USB: Sebuah iPhone dan Mac adalah dua perangkat berbeda yang dibuat untuk melayani tujuan yang berbeda tetapi dengan ekosistem Apple dalam campuran, Kalian akan mendapatkan pengalaman kohesif yang berperilaku, dengan cara yang sama, tidak peduli perangkat mana yang Kalian pilih.

Jika Kalian memiliki iPhone dan Mac dan ingin menghubungkan satu sama lain, posting berikut akan membantu Kalian menyelesaikannya tanpa menggunakan kabel USB. 

Apa yang Kalian Perlukan untuk Menghubungkan iPhone ke Mac Tanpa USB?

Sebelum Kalian dapat menghubungkan iPhone ke Mac, Kalian harus memenuhi persyaratan tertentu untuk membuat koneksi antar perangkat dengan benar tanpa menghadapi masalah apa pun. Kalian harus memiliki:

  • iPhone yang menjalankan iOS versi terbaru 
  • Mac yang menjalankan macOS versi terbaru
  • Akun ID Apple yang berfungsi
  • Jaringan nirkabel yang dapat dihubungkan ke iPhone dan Mac dan/atau jaringan seluler di iPhone. 
  • Kabel USB-A-ke-Lightning atau kabel USB-C-ke-Lightning yang disertakan dengan iPhone Kalian, cukup sekali untuk mengatur perangkat. [Hanya untuk metode #1]

Periksa Apakah iPhone dan MacBook Menggunakan ID Apple yang Sama

Untuk membuat sambungan antara iPhone dan Mac, kedua perangkat harus menggunakan akun Apple yang sama, yaitu, masuk dengan @iCloud yang sama. alamat email com. Ini adalah langkah penting karena, setiap saat, iCloud adalah platform yang bertindak sebagai jembatan antara kedua perangkat. Saat perangkat masuk ke dua ID Apple yang berbeda, tidak ada data yang akan disinkronkan antara kedua perangkat.  

Terlepas dari metode mana yang Kalian pilih untuk menghubungkan iPhone Kalian ke Mac, Kalian harus masuk ke satu ID Apple di kedua perangkat untuk memasangkannya bersama. Sebelum melanjutkan masuk ke akun Apple di perangkat, pastikan Kalian mencatat dan mengingat email iCloud dan kata sandi akun Apple yang Kalian gunakan secara aktif. 

Cara Keluar dari ID Apple yang Ada: – Cara Menghubungkan iPhone ke Mac

Di iPhone

Jika Kalian telah masuk ke akun Apple tetapi ingin menggunakan akun lain untuk memasangkan iPhone Kalian dengan Mac, maka Kalian harus keluar dari akun tersebut. Untuk keluar dari akun Apple, buka aplikasi Pengaturan.

  • Di dalam Pengaturan, dan ketuk nama Kalian di bagian atas. 
  • Di dalam layar ID Apple, gulir ke bawah ke bawah dan ketuk Keluar. 
  • Di layar berikutnya, masukkan kata sandi ID Apple Kalian dan ketuk Matikan di sudut kanan atas. 

Kalian sekarang akan keluar dari akun Apple yang ada. Sekarang Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bagian berikutnya agar perangkat Kalian masuk ke akun Apple yang benar.

Di Mac

Jika Kalian sudah masuk ke akun Apple di Mac tetapi ingin mengubahnya ke alamat iCloud yang berbeda, Kalian dapat melakukannya dengan membuka System Preferences dan mengklik Apple ID.

  • Di jendela berikutnya, pilih tab Ikhtisar dari bilah sisi kiri lalu klik Keluar di bagian bawah. 
  • Kalian sekarang akan keluar dari akun Apple yang ada. Sekarang Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bagian berikutnya untuk masuk ke akun Apple yang benar.

Cara Masuk Dengan ID Apple:

Di iPhone

Jika Kalian tidak masuk ke ID Apple apa pun di iPhone atau jika Kalian keluar dari akun Apple lama, Kalian dapat masuk ke satu dengan membuka aplikasi Pengaturan. 

  • Di dalam Pengaturan, ketuk Masuk ke kartu iPhone Kalian di bagian atas. 
  • Sekarang, masukkan ID Apple dan kata sandi Kalian di layar berikutnya dan jika diminta, ketik kode verifikasi enam digit yang harus dikirim ke ponsel Kalian atau perangkat Apple lainnya. 

Di Mac

Jika Kalian belum masuk ke ID Apple di Mac, Kalian dapat melakukannya dengan membuka System Preferences di Mac dari Launchpad, Dock, atau Finder.

  • Ketika jendela System Preferences muncul, klik opsi Sign In di sudut kanan atas. 
  • Selanjutnya, masukkan ID Apple dan kata sandi Kalian serta kode verifikasi enam digit jika diminta. 

Cara Menghubungkan iPhone ke Mac Secara Nirkabel

Ada banyak cara Kalian dapat menghubungkan iPhone ke Mac tanpa kabel USB. Ini dimungkinkan karena, kedua perangkat terikat ke dalam ekosistem Apple, yang memudahkan transfer konten di antara keduanya. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah dalam metode di bawah ini untuk membuat koneksi antara iPhone dan Mac Kalian. 

Tips dan Trik Cara Menghubungkan iPhone ke Mac Tanpa USB
image source youtube.com

Metode #1: Menghubungkan iPhone ke Mac Melalui Wi-Fi

Tujuan utama menghubungkan iPhone ke Mac adalah untuk menyinkronkan konten antara satu sama lain dengan mulus. Kalian dapat menyinkronkan konten apa pun dari iPhone ke Mac dalam aplikasi Finder seperti yang Kalian lakukan jika perangkat terhubung menggunakan kabel USB. Mekanisme ini akan bekerja ketika iPhone dan Mac Kalian terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama pada waktu tertentu. 

Untuk mengatur penyelarasan nirkabel menggunakan Wi-Fi, sambungkan iPhone dengan Mac menggunakan kabel USB-ke-Lightning. Meskipun ini terdengar bertentangan dengan apa yang ingin kami capai, tetapi Kalian hanya perlu menghubungkan perangkat dengan kabel USB sekali dan tidak pernah lagi. 

  1. Sekarang, buka aplikasi Finder di Mac Kalian.
  2. Di dalam aplikasi Finder, iPhone Kalian akan muncul di bilah sisi kiri. Jika tidak, itu akan muncul setelah Kalian mengklik bagian Lokasi. Ketika iPhone Kalian muncul terhubung, klik di atasnya.  
  3. Jika ini adalah pertama kalinya Kalian menghubungkan iPhone Kalian ke Mac, klik Trust pada Mac Kalian di prompt “Trust iPhone” yang muncul di layar.
  4. Demikian pula, Kalian akan mendapatkan dialog “Percayai Komputer Ini” di iPhone Kalian untuk mengonfirmasi koneksi Kalian dengan Mac. Untuk melanjutkan, ketuk Trust.
  5. Kalian mungkin perlu memasukkan persetujuan ini menggunakan FaceID, TouchID, atau kode sandi. 
  6. Setelah semua selesai, iPhone Kalian sekarang akan muncul di dalam Finder. Pada layar ini, klik pada tab General di bagian atas dan centang kotak Show this iPhone when on Wi-Fi. Sekarang, klik Terapkan di kanan bawah untuk mengonfirmasi perubahan. 
  7. Setelah diaktifkan, iPhone Kalian akan terus muncul di dalam aplikasi Finder bahkan jika Kalian mencabut kabelnya dari Mac. 

Jika Mac dan iPhone Kalian terhubung ke jaringan Wi-Fi, Kalian dapat menggunakan opsi pencadangan atau penyelarasan di layar untuk menyimpan cadangan iPhone Kalian di Mac atau menyinkronkan file dan konten Mac Kalian dengan iPhone yang dipasangkan. 

Menyinkronkan Konten Antara iPhone dan Mac

Untuk menyinkronkan konten antara iPhone dan Mac, buka Finder dan klik iPhone Kalian di bawah “Lokasi”. 

Saat iPhone Kalian muncul, klik tab Umum untuk menyinkronkan semua konten. Atau Kalian dapat memilih tab yang relevan dengan konten yang ingin Kalian sinkronkan. Kalian dapat memilih tab apa pun dari opsi ini – Musik, Film, Acara TV, Podcast, Buku Audio, Buku, Foto, dan File. Setelah Kalian berada di dalam tab yang dipilih, centang kotak Sinkronkan <konten> ke iPhone di bagian atas. 

Kalian juga dapat menggunakan koneksi nirkabel antara kedua perangkat untuk mencadangkan data iPhone Kalian ke Mac. Untuk itu, klik tab Umum di layar iPhone Kalian di dalam Finder dan pilih Cadangkan semua data di iPhone Kalian ke Mac ini di bawah “Cadangan”. Setelah selesai memilih, klik Cadangkan Sekarang untuk memulai pencadangan. 

Metode #2: Menghubungkan iPhone ke Mac Menggunakan iCloud

Cara yang lebih mudah untuk menyinkronkan konten antara iPhone dan Mac Kalian adalah menggunakan iCloud Apple yang dapat mengunggah dan mengunduh data yang telah Kalian pilih untuk disinkronkan melalui cloud tanpa memerlukan upaya apa pun dari pihak Kalian. Dengan iCloud, Kalian dapat mencadangkan gambar dari iPhone, menyinkronkan kata sandi, alamat, informasi sensitif, dan semua data lainnya dari aplikasi lain di iPhone dan Mac Kalian.

Yang perlu Kalian lakukan adalah mengaktifkan iCloud di kedua perangkat Kalian dan memilih konten yang ingin Kalian tetap sinkron. Saat Kalian mengonfigurasi iCloud di iPhone dan Mac, data Kalian akan ditransfer secara nirkabel antar perangkat, meskipun perangkat tersebut tidak terhubung di jaringan yang sama. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan iCloud dan mengaturnya untuk menyinkronkan konten di iPhone dan Mac Kalian. 

Di iPhone

Untuk mengaktifkan iCloud dan mengaturnya di iPhone, buka aplikasi Pengaturan.

  • Di dalam Pengaturan, ketuk kartu ID Apple Kalian di bagian atas. 
  • Di dalam ID Apple, pilih iCloud. 
  • Di layar berikutnya, Kalian dapat mengaktifkan iCloud untuk semua aplikasi dan layanan yang terdaftar di layar dengan menyalakan saklar yang berdekatan dengan aplikasi/layanan. 

Jika Kalian hanya ingin mengaktifkan iCloud untuk aplikasi tertentu, Kalian dapat menonaktifkan saklar untuk aplikasi dan layanan yang tidak perlu disinkronkan di perangkat lain. 

Jika Kalian ingin Mac dan perangkat Apple lainnya mengingat kata sandi dan informasi sensitif lainnya yang Kalian simpan di iPhone, Kalian dapat mengetuk Rantai Kunci di layar ini. Di layar berikutnya, nyalakan sakelar Rantai Kunci iCloud untuk memasangkan iPhone dan Mac Kalian untuk penyimpanan kata sandi. 

Di Mac

Untuk memastikan semua konten Kalian disinkronkan antara iPhone dan Mac, Kalian juga harus mengaktifkan iCloud di macOS dan memilih fitur mana yang ingin Kalian sinkronkan. 

  • Untuk melakukannya, buka menu Apple() > System Preferences. 
  • Di dalam System Preferences, pilih Apple ID. 
  • Saat akun Apple Kalian dimuat, klik tab iCloud dari bilah sisi kiri. 
  • Di panel sebelah kanan, Kalian akan melihat daftar layanan yang dapat Kalian sinkronkan melalui iCloud. Untuk memilih layanan atau app mana yang tetap disinkronkan dengan Mac Kalian, centang kotak di sampingnya. 
  • Beberapa aplikasi juga akan menawarkan opsi penyesuaian untuk memungkinkan Kalian memilih bagian mana dari aplikasi yang disinkronkan. Untuk mengkonfigurasinya sesuai keinginan Kalian, klik Opsi di sisi kanan aplikasi yang dipilih dan ikuti petunjuk di layar untuk menyesuaikan lebih lanjut. 

Metode #3: Menghubungkan iPhone ke Mac Menggunakan AirDrop

Jika semua yang ingin Kalian lakukan adalah mentransfer file antara iPhone dan Mac secara nirkabel, maka fitur AirDrop adalah semua yang Kalian butuhkan untuk mendapatkan sesuatu selesai. Dengan AirDrop, Kalian dapat membagikan apa pun di perangkat Kalian seperti gambar, video, dokumen, tautan, catatan, memo suara, lokasi, kontak, dan bahkan item dalam aplikasi. Kalian juga dapat menggunakan utilitas ini untuk mentransfer file ke iPhone dan Mac orang lain juga. 

Saat Kalian ingin menggunakan Airdrop, Kalian memerlukan persyaratan berikut: 

  • Wi-Fi dan Bluetooth di iPhone dan Mac diaktifkan.
  • Fitur Hotspot Pribadi iPhone dinonaktifkan.
  • iPhone dan Mac disimpan dalam jarak 30 kaki satu sama lain untuk memungkinkan keberhasilan transfer file.

Dengan itu, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan AirDrop dan menggunakannya untuk berbagi file antara iPhone dan Mac Kalian. 

Di iPhone

  • Aktifkan AirDrop untuk menerima file.
  • Untuk mengaktifkan AirDrop di iPhone Kalian, luncurkan Pusat Kontrol dan ketuk dan tahan ikon Wi-Fi atau ikon Bluetooth. 
  • Saat Kalian melakukannya, menu jaringan di Pusat Kontrol diperluas untuk menampilkan lebih banyak opsi. Untuk mengaktifkan AirDrop, ketuk ikon Airdrop di dalam menu overflow. 
  • Pilih Kontak Saja atau Semua Orang untuk memastikan iPhone Kalian dapat ditemukan oleh orang-orang yang detail kontaknya telah Kalian simpan atau oleh semua orang di sekitar Kalian. 

Kalian telah berhasil mengaktifkan Airdrop di iPhone Kalian. Petunjuk di atas adalah saat Kalian ingin menerima file dari Mac atau perangkat Apple lainnya. 

Menggunakan AirDrop untuk Mengirim File

  • Untuk mengirim file dari iPhone ke Mac melalui Airdrop, cari file atau item aplikasi di iPhone Kalian dan buka. Setelah dibuka di layar penuh, ketuk ikon Bagikan (umumnya ada di bagian bawah layar). 
  • Di menu Bagikan, pilih AirDrop.
  • Di layar berikutnya, Kalian akan melihat semua perangkat Apple yang diaktifkan dengan AirDrop. Di sini, ketuk Mac Kalian. 
  • Transfer akan dimulai setelah Mac menyetujui file ini dan saat dimulai, Kalian akan mendengar bunyi lonceng. Setelah selesai, Kalian akan mendengar lonceng lain. 

Di Mac

  • Mengaktifkan AirDrop untuk menerima file
  • Untuk mengaktifkan AirDrop di Mac Kalian, klik ikon Pusat Kontrol dari bilah Menu di bagian atas. Di menu luapan yang muncul, klik ikon Airdrop untuk menyalakannya.
  • Saat diaktifkan, Bluetooth Mac Kalian juga akan dihidupkan dan ikonnya sekarang akan berubah menjadi biru. Setelah Airdrop diaktifkan, klik ikon panah di sisi kanannya. 
  • Pilih Kontak Saja atau Semua Orang untuk memastikan iPhone Kalian dapat ditemukan oleh orang-orang yang detail kontaknya telah Kalian simpan atau oleh semua orang di sekitar Kalian. 

Kalian telah berhasil mengaktifkan Airdrop di Mac Kalian. Petunjuk di atas adalah saat Kalian ingin menerima file dari iPhone atau perangkat Apple lainnya. 

Menggunakan AirDrop untuk Mengirim File

Untuk mengirim file dari Mac ke iPhone melalui Airdrop, cari file atau item yang ingin Kalian bagikan dan klik kanan di atasnya. Untuk berbagi item dari aplikasi, Kalian dapat mengakses menu ini dengan mengklik File dari bilah Menu di bagian atas. Di menu yang muncul, buka Bagikan > AirDrop. 

Jika AirDrop iPhone telah diaktifkan, Kalian akan melihatnya di dalam jendela AirDrop yang muncul berikutnya. Di sini, klik pada iPhone Kalian untuk mengirim file dari Mac Kalian.

Kalian akan mendengar dua nada berbeda – satu saat AirDrop mulai mengirim file dan lainnya saat transfer file selesai.

Metode # 4: Hubungkan Mac ke iPhone untuk Panggilan Telepon

Selain mentransfer foto dan file, Kalian dapat menghubungkan iPhone Kalian ke Mac untuk membuat dan menerima panggilan telepon Kalian secara langsung dengan mengaktifkan “Panggilan di perangkat lain”. Dengan fitur ini, Kalian dapat menerima panggilan telepon penting di Mac tanpa memiliki akses fisik ke iPhone Kalian. Meskipun Kalian tidak memerlukan akses fisik, kedua perangkat mungkin harus berada di sekitar karena keduanya harus terhubung ke jaringan nirkabel yang sama dan masuk ke FaceTime menggunakan ID Apple yang sama. 

Di iPhone

  • Untuk memasangkan iPhone Kalian dengan Mac untuk melakukan panggilan telepon, buka app Pengaturan.
  • Di dalam Pengaturan, pilih Telepon. 
  • Di layar ini, ketuk Panggilan di Perangkat Lain. 
  • Di layar berikutnya, aktifkan saklar Izinkan Panggilan di Perangkat Lain di bagian atas. 
  • Setelah diaktifkan, temukan MacBook atau Mac Kalian dari daftar perangkat yang muncul di bawah “Izinkan Panggilan Aktif” dan nyalakan saklar yang berdekatan dengan perangkat macOS yang ingin Kalian aktifkan panggilan teleponnya. 

Sekarang Kalian dapat melakukan panggilan langsung di Mac tanpa menggunakan iPhone. Apple juga memungkinkan pengguna untuk mem-porting panggilan yang sedang berlangsung dari iPhone ke Mac atau sebaliknya. Jika Kalian ingin berpindah perangkat di tengah panggilan, Kalian dapat melakukannya dengan mengetuk ubin Audio di dalam layar panggilan dan kemudian memilih MacBook Kalian dari daftar perangkat yang tersedia.

Kapan saja, Kalian dapat beralih kembali ke iPhone Kalian lagi dengan mengetuk ubin Audio yang sama dan memilih iPhone dari menu. 

Di Mac

Meskipun metode di atas harus mengaktifkannya di Mac, Kalian dapat memilih langkah ini untuk memastikan bahwa fitur panggilan telepon telah diaktifkan atau untuk mengaktifkan fitur tersebut secara langsung di Mac Kalian tanpa berkonsultasi dengan panduan iPhone di atas. Untuk memasangkan Mac Kalian dengan iPhone untuk panggilan telepon, buka app FaceTime di Mac. Setelah terbuka, klik FaceTime dari bilah menu dan pilih Preferensi. 

Saat jendela Preferensi terbuka, pilih tab Pengaturan di bagian atas dan centang kotak Panggilan Dari iPhone. 

Ini harus merutekan semua panggilan masuk Kalian dari iPhone ke Mac dan Kalian juga akan dapat memulai panggilan dari aplikasi FaceTime di perangkat ini. 

Untuk melakukan panggilan telepon di Mac, buka aplikasi FaceTime, arahkan kursor ke orang yang ingin Kalian panggil di dalam daftar Terbaru, dan klik ikon Telepon di sisi kanan nama orang tersebut. Kalian juga dapat melakukan panggilan dengan memilih nomor dari Kontak, Kalender, Safari, atau app lain yang tersedia di Mac Kalian. 

Saat Kalian menerima panggilan telepon, Kalian akan melihat spanduk muncul di sudut kanan atas layar Mac Kalian. Kalian dapat mengklik Jawab untuk membiarkan panggilan masuk di Mac Kalian. 

Metode #5: Menerima Pesan iPhone di Mac dengan Penerusan Pesan Teks

Mac memiliki aplikasi Pesan yang mirip dengan yang ada di iPhone tetapi secara default, Kalian hanya dapat mengirim dan menerima teks iMessage. Sama seperti dengan panggilan telepon, Kalian juga dapat memasangkan iPhone dengan Mac untuk menerima semua pesan SMS yang Kalian dapatkan di iPhone dan juga membalasnya dalam bentuk teks. Ini dimungkinkan melalui opsi Penerusan Pesan Teks yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan SMS langsung di Mac. 

Di iPhone

  • Untuk mengaktifkan Uji Penerusan Pesan, buka aplikasi Pengaturan di iPhone Kalian.
  • Di dalam Pengaturan, pilih Pesan. 
  • Di dalam Pesan, gulir ke bawah dan ketuk Penerusan Pesan Teks. 
  • Di layar ini, nyalakan saklar yang berdekatan dengan Mac Kalian. 
  • Ini harus merutekan semua pesan SMS Kalian dari iPhone ke Mac. 

Di Mac

Meskipun panduan di atas cukup untuk mengaktifkan Penerusan Pesan Teks, aplikasi Pesan Mac Kalian harus dikonfigurasi untuk menerima pesan dari semua nomor telepon Kalian. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pesan di Mac Kalian dan buka Pesan > Preferensi dari bilah menu di bagian atas. 

Untuk memastikan Kalian menerima pesan dari iPhone, klik tab iMessage di bagian atas dan centang kotak yang berdekatan dengan semua nomor telepon di bawah “Kalian dapat dihubungi untuk pesan di”.

Di jendela yang sama, pilih nomor telepon utama Kalian dari daftar opsi di bawah “Mulai percakapan baru dari”.

Ini akan memastikan setiap balasan yang Kalian kirim dari Mac Kalian dikirim melalui nomor telepon Kalian dan bukan alamat email iCloud Kalian.  

Metode # 6: Gunakan Handoff untuk Beralih dengan Mulus Antara iPhone dan Mac di Aplikasi

Ada alat Handoff yang memungkinkan Kalian memulai beberapa aktivitas di satu perangkat Apple dan melanjutkannya di perangkat lain dengan mulus. Alat ini dapat melayani banyak tujuan, misalnya, menyusun email di iPhone dan melanjutkan di mana Kalian tinggalkan di Mac. Fitur Handoff menyatukan sebagian besar layanan dan aplikasi Apple seperti Mail, Maps, Safari, Pengingat, Kalender, Kontak, Pages, Numbers, Keynote, dan bahkan beberapa aplikasi pihak ketiga dan memudahkan untuk beralih di antara beberapa perangkat dengan mulus. 

Sebelum Kalian mengaktifkan Handoff di iPhone dan Mac, Kalian perlu mengurutkan hal-hal ini:

  • iPhone dan Mac masuk ke ID Apple yang sama. 
  • Wi-Fi dan Bluetooth diaktifkan di kedua perangkat. 

Di iPhone

Untuk memasangkan iPhone Kalian dengan Mac menggunakan Handoff, buka aplikasi Pengaturan di iOS.

  • Di dalam Pengaturan, pilih Umum. 
  • Di dalam Umum, ketuk AirPlay & Handoff. 
  • Di layar berikutnya, hidupkan saklar Handoff. 
  • Saat beralih dari Mac ke iPhone, Kalian akan melihat opsi Handoff sebagai spanduk di bagian bawah layar iPhone saat Kalian mengakses App Switcher.

Di Mac

  • Untuk memasangkan Mac Kalian dengan iPhone menggunakan Handoff, buka ikon Apple () > Preferensi Sistem. Kalian juga dapat membuka System Preferences dari Dock, Launchpad, atau Finder. 
  • Di dalam System Preferences, pilih General. 
  • Di bagian bawah jendela, centang kotak Izinkan Handoff antara Mac ini dan perangkat iCloud Kalian. 

Ini akan mengaktifkan Handoff di iPhone dan Mac Kalian. Setelah diaktifkan di kedua perangkat, Kalian dapat menggunakan Handoff untuk beralih dari iPhone ke Mac dengan mengklik ikon Handoff aplikasi dari Dock. 

Metode # 7: Hubungkan Mac ke Hotspot Seluler iPhone

Seperti ponsel cerdas lainnya, iPhone memiliki opsi Hotspot Pribadi yang memungkinkan Kalian menggunakan data seluler iPhone di Mac. Saat berhasil dipasangkan, Mac akan dapat terhubung dan menjelajah internet menggunakan data seluler iPhone Kalian tanpa memerlukan kabel untuk terhubung ke salah satu perangkat. Agar fitur ini berfungsi, iPhone dan Mac Kalian harus masuk ke ID Apple yang sama. 

Memulai Hotspot Pribadi di iPhone

Sebelum Kalian memasangkan Mac ke hotspot iPhone, Kalian harus terlebih dahulu mengaktifkan data seluler di hotspot iPhone, lalu mengaktifkan hotspotnya. Untuk itu, buka aplikasi Pengaturan.

  • Di dalam Pengaturan, pilih Data Seluler.
  • Pada layar berikutnya, nyalakan saklar Data Seluler di bagian atas.
  • Setelah diaktifkan, kembali ke layar sebelumnya, yaitu layar Pengaturan, dan ketuk Personal Hotspot. 
  • Di dalam Hotspot Pribadi, aktifkan saklar Izinkan Orang Lain untuk Bergabung di bagian atas. 
  • Pada prompt yang muncul, pilih Aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth untuk mengaktifkan hotspot seluler secara nirkabel. 

Kalian telah berhasil mengaktifkan Personal Hotspot di iPhone. Sekarang saatnya menghubungkan Mac ke hotspot ini. 

Hubungkan Mac Kalian ke Hotspot

Setelah hotspot pribadi dibuat, Kalian dapat menghubungkan Mac Kalian ke hotspot itu. Untuk melakukannya, klik ikon Wi-Fi dari bilah Menu, dan di menu yang muncul, nyalakan saklar Wi-Fi. 

  1. iPhone Kalian sekarang akan muncul di bawah “Personal Hotspot” di antara jaringan lain. Untuk terhubung ke hotspot-nya, klik di atasnya. 
  2. Saat Mac Kalian terhubung ke hotspot iPhone, Kalian akan melihat ikon hotspot di sebelah iPhone Kalian menjadi biru.
  3. Ikon Wi-Fi di bilah Menu juga akan beralih ke ikon Hotspot Pribadi. 

Metode #8: Menghubungkan iPhone ke Mac Melalui Bluetooth

Kalian dapat menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan iPhone dan Mac Kalian dan Kalian kemudian akan berbagi file, berbagi data seluler, menggunakan AirDrop, Handoff, dan fitur kontinuitas lainnya. Agar ini berfungsi, Kalian harus mengaktifkan Bluetooth di iPhone dan Mac. 

Di iPhone 

Untuk memasangkan iPhone Kalian dengan Mac:

  • Buka aplikasi Pengaturan di iOS.
  • Di dalam Pengaturan, pilih Bluetooth. 
  • Di layar berikutnya, nyalakan saklar Bluetooth di bagian atas. 

Kalian sekarang akan melihat daftar perangkat yang Kalian sambungkan melalui Bluetooth baru-baru ini. Jika Kalian belum menghubungkan Mac Kalian ke iPhone, Kalian harus memasangkannya secara manual dengan memilih Mac Kalian dari bawah “Perangkat Lain”. 

Di Mac

Untuk memasangkan Mac Kalian dengan iPhone, buka ikon Apple () > Preferensi Sistem. Kalian juga dapat membuka System Preferences dari Dock, Launchpad, atau Finder. 

  • Buka System Preferences
  • Di dalam System Preferences, pilih Bluetooth. 
  • Pada jendela yang terbuka, klik Turn Bluetooth On. 
  • Bluetooth Mac Kalian sekarang akan menyala dan akan terhubung ke semua perangkat yang tersedia di sekitar secara otomatis asalkan perangkat tersebut juga aktif. Jika Kalian ingin menghubungkan Mac ke iPhone Kalian, tunggu layar menampilkan iPhone Kalian dan ketika muncul, klik Connect. 

Sekarang Kalian akan melihat kode otentikasi di Mac yang perlu Kalian verifikasi dengan kode yang muncul di iPhone Kalian. Kalian mungkin juga harus menyetujui koneksi di iPhone untuk melanjutkan. Ketika koneksi berhasil, iPhone Kalian akan muncul di dalam kotak Devices dan akan diberi label “Connected”. 

Metode #9: Sinkronkan Apple Music Library Kalian Antara iPhone dan Mac

Ada fitur Sync Library di Apple Music yang memungkinkan Kalian mengakses seluruh perpustakaan musik serta lagu-lagu yang telah Kalian unduh di Mac dan iPhone Kalian kapan saja. Ini akan memastikan bahwa lagu atau daftar putar yang Kalian dengarkan dengan Apple Music di iPhone Kalian tetap diselaraskan saat Kalian mengaksesnya nanti di Mac dan sebaliknya. 

Cara Menghubungkan iPhone ke Mac Tanpa Kabel USB
image source youtube.com

Fitur ini mengharuskan Kalian berlangganan Apple Music dan aplikasinya di iPhone dan Mac semuanya masuk ke ID Apple yang sama. 

Di iPhone

Untuk mengaktifkan Sync Library di iPhone Kalian; 

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Di dalam Pengaturan, pilih Musik. 
  • Di dalam Musik, aktifkan saklar Sinkronkan Perpustakaan dibawah “Perpustakaan”. 

Ini akan memakan waktu cukup lama bagi iPhone Kalian untuk mengunggah perpustakaan Kalian ke iCloud, terutama jika perpustakaan Kalian sangat luas. Setelah diunggah, Kalian akan dapat mengakses trek lagu Kalian (hingga 100.000 lagu) dari perangkat Apple apa pun termasuk Mac Kalian. 

Di Mac

Kalian dapat mengaktifkan Selaraskan Perpustakaan di Mac Kalian dengan membuka app Apple Music. 

  • Setelah aplikasi terbuka, buka Musik > Preferensi dari bilah Menu di bagian atas. 
  • Ketika jendela Preferences terbuka, klik pada tab General di bagian atas dan centang kotak Sync Library untuk mengaktifkannya. Jika Kalian ingin Mac Kalian mengunduh lagu di perpustakaan Kalian segera setelah ditambahkan, centang kotak Unduhan Otomatis di layar yang sama. 
  • Untuk mengkonfirmasi keputusan Kalian, klik OK di sudut kanan bawah jendela Preferences. 

Kalian harus menunggu beberapa saat hingga perpustakaan Kalian diunggah dan disinkronkan. Setelah selesai, itu akan dapat diakses dari semua perangkat Apple Kalian termasuk iPhone Kalian. 

Apa yang BISA Kalian Lakukan Saat Menghubungkan iPhone ke Mac Secara Nirkabel?

Saat Kalian menyambungkan iPhone ke Mac secara nirkabel, Kalian dapat melakukan fungsi berikut:

  • Kalian dapat memindahkan dan mentransfer data dari iPhone ke Mac atau sebaliknya. 
  • Kalian dapat menyelaraskan semua atau konten yang dipilih dari Mac ke iPhone kapan saja. 
  • Kalian dapat AirDrop file dan item aplikasi secara instan dan nirkabel tanpa kerepotan. 
  • Cadangkan foto Kalian dari iPhone dan akses di Mac menggunakan iCloud.
  • Kalian dapat menelepon dan menerima panggilan iPhone langsung di Mac Kalian. 
  • Terima pesan teks dari iPhone Kalian langsung di Mac dan juga kirim balasan dari yang terakhir menggunakan nomor telepon Kalian. 
  • Kalian dapat menyinkronkan tugas yang sedang berlangsung di berbagai aplikasi antar perangkat. Dengan cara ini, Kalian dapat mulai bekerja di satu perangkat dan melanjutkan di perangkat lainnya. 
  • Kalian dapat menghubungkan Mac ke jaringan seluler iPhone menggunakan Hotspot Pribadi.
  • Kalian dapat menggunakan Handoff untuk menyalin dan menempelkan konten dari iPhone ke Mac atau sebaliknya. 
  • Dengan Kamera Berkelanjutan, Kalian dapat memindai dokumen dari iPhone dan memindahkannya langsung ke email, halaman halaman web, atau app di Mac.
  • Kalian dapat melacak iPhone di Mac atau sebaliknya menggunakan Cari Milik Saya. 
  • Kalian dapat menyelaraskan perpustakaan musik Kalian antara Mac dan iPhone. 

Apa yang TIDAK BISA Kalian lakukan Saat Menghubungkan iPhone ke Mac Secara Nirkabel?

Meskipun Kalian dapat menyelesaikan banyak hal saat menghubungkan iPhone ke Mac tanpa kabel USB, ada satu hal yang tidak dapat Kalian lakukan dengan koneksi nirkabel. Dalam skenario ketika iPhone Kalian rusak dan Kalian ingin mengembalikannya ke pengaturan pabrik, Kalian tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan melalui Wi-Fi atau cloud. 

Jika masalah muncul di iPhone Kalian dan Kalian tidak dapat memperbaikinya, maka satu-satunya pilihan Kalian adalah mengatur ulang iPhone Kalian ke keadaan sebelumnya. Meskipun iPhone Kalian dilengkapi dengan fungsi Reset itu sendiri, opsi ini tidak akan berguna bagi Kalian jika perangkat Kalian tidak dapat di-boot atau Kalian ingin beralih ke versi iOS yang lebih lama. Untuk menyelesaikannya, Kalian akan diminta untuk menghubungkan iPhone ke Mac Kalian dengan kabel USB. 

Itu saja yang perlu Kalian ketahui tentang menghubungkan iPhone ke Mac tanpa kabel USB. 

By AppsJog