Cara Menginstal Python di Windows, Linux, dan macOS

Cara Menginstal Python: Jika Kalian ingin masuk ke dalam pengembangan, salah satu bahasa pemrograman favorit saya yang telah saya pelajari adalah Python. Ini adalah bahasa multiparadigma, mendukung pemrograman imperatif, fungsional, prosedural, dan berorientasi objek. Ini terbuka lebar dan dapat digunakan untuk hampir semua hal, dan merupakan bahasa masuk bagi banyak orang ketika bekerja dalam kecerdasan buatan atau pembelajaran mesin. Saya menggunakannya untuk banyak otomatisasi, dan bahkan bahasa yang digunakan untuk menulis beberapa alat pengujian yang kami gunakan.

Python adalah bahasa yang kuat, dan jika Kalian ingin memulainya, panduan ini akan mengajari Kalian dasar. Kalian tidak hanya perlu menginstal binary Python dan memastikan bahwa itu ada di PATH Kalian, tetapi Kalian juga memerlukan sesuatu untuk benar-benar menulis kode. Kalian dapat menggunakan IDE (Lingkungan Pengembangan Terpadu) yang lengkap seperti PyCharm, atau Kalian bisa condong ke editor teks seperti IDLE pra-instal atau Sublime Text 3. Ada banyak opsi, tetapi panduan ini akan membantu Kalian memulai pada dasar-dasarnya.

Cara Menginstal Python Di Windows dan macOS
image source youtube.com

Menginstal Python Di Windows dan macOS

Menginstal Python adalah bagian yang mudah, dan Kalian harus memutuskan apakah Kalian akan menginstal Python 2.7 atau Python 3.x. Python 2.7 sering digunakan untuk proyek lama, tetapi jika Kalian membuat perangkat lunak sendiri, Kalian harus menginstal Python 3.x.

Untuk menginstal di Windows atau Mac, lakukan hal berikut:

  • Buka situs resmi Python, dan navigasikan ke rilis terbaru. Pada saat penulisan, yaitu 3.10.6.
  • Unduh biner untuk platform Kalian.
  • Jalankan biner.

Kalian tidak perlu memilih opsi apa pun selain menambahkan Python ke PATH Kalian, karena penginstal default memiliki semua yang Kalian butuhkan. Cukup mengklik “Instal” adalah semua yang perlu Kalian lakukan. Di Mac, ini akan dilakukan secara default di penginstal dmg.

Cara Menginstal Python di Windows, Linux, dan macOS
image source youtube.com

Menginstal Python di Linux

Jika Kalian menggunakan Linux, maka itu akan tergantung pada distribusi yang Kalian gunakan. Distribusi berbasis Debian (seperti Ubuntu) dapat menggunakan penginstal paket apt di Terminal dengan menjalankan perintah berikut:

apt-get install python3.6

Distribusi lain mungkin sudah diinstal sebelumnya, dan jika belum, Kalian harus menggunakan manajer paket dalam distribusi Kalian. Misalnya, pada CentOS, Kalian akan menjalankan “yum install -y python3”.

Verifikasi Instalasi

Kalian dapat memverifikasi instalasi Kalian aktif, dengan menjalankan perintah “python” di PowerShell, command prompt, atau Terminal Kalian.

Pilih IDE Python

Kalian Kalian memerlukan IDE atau editor teks untuk menulis kode secara efektif, dan ada beberapa opsi. Python hadir dengan IDLE pra-instal, dan meskipun berfungsi dengan baik, itu tidak bagus untuk file yang lebih besar yang mungkin lebih rumit. Berikut adalah beberapa IDE yang telah saya gunakan untuk Python selama bertahun-tahun, baik di universitas maupun di proyek saya sendiri. Semua IDE ini bersifat lintas platform, artinya Kalian dapat menjalankannya di Windows, Linux, atau macOS.

PyCharm

PyCharm IDE
image source xda-developers.com

Jika Kalian familiar dengan Android Studio atau IntelliJ, maka Kalian sudah familiar dengan PyCharm. Itu dari pengembang yang sama, dan Kalian bahkan dapat mengaktifkan fungsi yang sama persis di IntelliJ dengan menginstal plugin Python. Perbedaannya adalah bahwa PyCharm dibangun dari bawah ke atas murni hanya untuk Python, dan mengemas semua fitur yang Kalian harapkan dari IDE modern. Itu termasuk kontrol versi bawaan, penyorotan sintaks, pemisahan jendela, fitur debugging, dan banyak lagi.

Spyder

Spyder IDE
image source xda-developers.com

Jika Kalian seorang ilmuwan data (atau akan menggunakan Python untuk tujuan ilmu data), maka Kalian perlu menginstal Spyder. Ini adalah IDE yang dikemas dalam beberapa paket analisis data paling populer untuk Python. Ini termasuk matplotlib, numpy, scipy, dan pandas. Jika Kalian ingin masuk ke analisis data, plot data, dan penyelidikan ilmiah lainnya, maka Spyder adalah 100% yang perlu Kalian instal. Spyder bahkan memiliki Notebook Jupyter bawaan, yang dapat digunakan untuk menjelajahi dan memplot data dengan sangat mudah.

Sublime Text 3

Sublime Text 3
image source xda-developers.com

Sublime Text 3 adalah salah satu editor teks pilihan saya, hanya karena kesederhanaannya. Ini sangat serbaguna, meskipun barebone, dan lebih cocok untuk proyek yang lebih kecil. Jika Kalian hanya bekerja dengan beberapa ratus baris kode dalam program yang Kalian tulis, Sublime Text 3 mungkin adalah cara terbaik untuk melakukannya. Saya pernah menulis scraper web dengan Python yang akan membaca situs persewaan lokal dan mengirim email kepada saya dan beberapa teman tautan ke daftar baru hanya menggunakan Sublime Text 3 dan Python. Ini adalah lingkungan pengembangan yang sangat mampu dan saya pikir kebanyakan orang harus mengenalnya.

Visual Studio Code (VSCode)

python visual studio code
image source xda-developers.com

Visual Studio Code (atau VSCode) adalah salah satu lingkungan pengembangan paling serbaguna di luar sana. Ini sepenuhnya dapat disesuaikan, dengan repositori besar plugin yang dapat Kalian akses dari dalam. Ini tidak langsung kompatibel dengan Python, tetapi Kalian dapat menginstal plugin Python dari dalam yang akan mengaktifkan penyorotan sintaks, penyelesaian kode cerdas, Notebook Jupyter, debugging, pengujian unit, dan fitur lainnya. Saya suka Visual Studio Code, dan itu sebenarnya IDE yang paling sering saya gunakan ketika saya sedang mengerjakan sesuatu yang kompleks.

Kesimpulan Cara Menginstal Python di Windows, Linux, dan macOS

Jika Kalian ingin memulai pengembangan, ada banyak tutorial online yang akan mengajarkan Kalian dasar-dasarnya. Antara CodeAcademy dan w3schools, ada banyak pilihan. Bahkan ada juru bahasa Python di Android yang dapat Kalian gunakan untuk menulis di ponsel Kalian, dan cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukannya. Jika Kalian melakukan sesuatu yang intensif sumber daya yang mungkin menggunakan banyak model pembelajaran mesin atau kecerdasan buatan, Kalian mungkin memerlukan salah satu laptop terbaik untuk menanganinya.

Cara terbaik yang saya pelajari adalah dengan menyadari masalah atau kesulitan lain yang saya miliki dan mencoba mencari cara untuk mengotomatiskan solusi untuk itu. Itu sebabnya saya memiliki ide untuk menulis sebuah program yang akan mengikis situs persewaan untuk saya, dan saya yakin ada alasan lain yang mungkin membuat Kalian ingin menggunakan Python juga.

By AppsJog