Cara Menjadikan Mac Private dan Aman

AppleJogja: Cara menjadikan Mac Kalian private dan aman dengan beberapa cara berbeda. MacOS adalah sistem operasi yang secara inheren aman dan pribadi, tetapi itu tidak berarti tidak ada yang dapat Kalian lakukan untuk memastikan bahwa itu seaman dan seaman mungkin.

Mengunci Akun Administrator

MacOS memungkinkan beberapa akun pengguna diatur pada satu Mac. Itu benar-benar kenyamanan, terutama jika Kalian berbagi mesin dengan anggota keluarga atau kolega.

Namun, semua akun pengguna tidak sama, dan ada satu langkah yang harus Kalian ambil untuk membatasi akses ke pengaturan Mac Kalian: Pastikan Kalian hanya memiliki satu akun administrator. Akun administrator, berbeda dengan akun biasa, dapat melakukan apa saja di Mac. Mereka dapat mengelola akun pengguna lain, termasuk mengubah kata sandi mereka. Mereka dapat menginstal perangkat lunak dan mengubah semua pengaturan sistem, termasuk pengaturan keamanan dan privasi.

Kalian hanya perlu satu akun dengan tingkat kontrol tersebut. Sebenarnya, bukan ide yang buruk untuk membuat akun terpisah hanya untuk tujuan administratif. Akun itu harus memiliki beberapa nama selain “admin” atau “administrator” untuk mempersulit peretas untuk menebak nama pengguna juga.

Langkah 1: Untuk mengubah tingkat keamanan akun, buka Preferensi sistem > Pengguna dan grup.

Buka Preferensi Sistem di MacOS. Cara Menjadikan Mac Private dan Aman
image source digitaltrends.com

Langkah 2: Untuk membuat perubahan apa pun pada akun, Kalian harus membuka kunci akun terlebih dahulu. Pilih Klik kunci untuk membuat perubahan , lalu masukkan kata sandi untuk akun saat ini. Perhatikan bahwa Kalian harus menggunakan akun administrator untuk membuat perubahan ini.

Membuka kunci pengaturan akun di MacOS. Cara Menjadikan Mac Private dan Aman
image source digitaltrends.com

Langkah 3: Pilih akun yang ingin Kalian aktifkan atau nonaktifkan hak administratornya. Untuk mengaktifkan hak administrator, pilih Izinkan pengguna untuk mengelola komputer ini. Jika akun sudah memiliki hak administrator dan Kalian ingin menghapusnya, hapus centang pada setelan ini.

Setelah selesai, pilih Klik kunci untuk mencegah perubahan lebih lanjut.

Mengaktifkan atau menonaktifkan hak administrator di MacOS.
image source digitaltrends.com

Kelola Waktu Standby Mac – Cara Menjadikan Mac Private

Membiarkan Mac Kalian tanpa pengawasan dan masuk dapat menimbulkan masalah keamanan. Itulah mengapa ada baiknya untuk memastikan bahwa Mac Kalian terkunci sendiri setelah jangka waktu tertentu dan harus masuk dari mode tidur atau saat screen saver sedang berjalan.

Perhatikan bahwa Kalian dapat menggunakan fitur MacOS Hot Corners untuk segera mengunci Mac Kalian. Lihat panduan kami tentang Cara Menambahkan Fitur Hot Corners Dari macOS ke Windows 11 untuk mempelajari lebih lanjut.

Langkah 1: Untuk mengatur Mac Kalian keluar setelah beberapa waktu, pilih System Preferences, Security & Privacy, lalu General tabBuka kunci halaman menggunakan Klik kunci untuk membuat perubahan. Pilih Lanjutan… di sudut kanan bawah.

Pada layar berikut, Kalian dapat memilih Log out after dan menentukan berapa menit aktivitas yang harus menunggu sebelum logout.

Keluar dari MacOS setelah waktu yang ditentukan.
image source digitaltrends.com

Langkah 2: Pilihan lain untuk meningkatkan keamanan adalah dengan meminta kata sandi setelah laptop tidur atau setelah screen saver berjalan. Kalian dapat memilih jangka waktu dari segera hingga delapan jam kemudian.

Di System Preferences > Security & Privacy > General, Kalian akan menemukan opsi untuk mengonfigurasi pengaturan keamanan ini. Kalian juga dapat mengatur pesan kunci dari layar yang sama.

Memerlukan login setelah tidur atau screen saver di MacOS.
image source digitaltrends.com

Mengaktifkan Firewall MacOS – Cara Menjadikan Mac Private

MacOS memiliki firewall yang dapat dinyalakan untuk melindungi koneksi masuk. Firewall dimatikan secara default.

Langkah 1: Untuk mengaktifkan firewall, buka System Preferences lalu Security & Privacy. Pilih Firewall dan buka kunci pengaturan. Pilih Nyalakan Firewall.

Nyalakan firewall MacOS.
image source digitaltrends.com

Langkah 2: Pilih Opsi Firewall… untuk mengkonfigurasi firewall. Kalian dapat menonaktifkan semua koneksi masuk kecuali untuk layanan internet dasar, secara otomatis mengizinkan perangkat lunak bawaan untuk menerima koneksi, secara otomatis mengizinkan perangkat lunak bertanda tangan yang diunduh untuk menerima koneksi, dan mengaktifkan mode sembunyi-sembunyi untuk menyembunyikan Mac dari aplikasi pengujian.

Konfigurasikan pengaturan firewall MacOS.
image source digitaltrends.com

Nyalakan FileVault

MacOS memiliki enkripsi disk internal, yang disebut FileVault, yang membuat hampir mustahil bagi seseorang untuk mengakses data Kalian tanpa masuk ke Mac Kalian. Jika tidak diaktifkan secara default, Kalian harus mengaktifkan FileVault sebagai salah satu tugas pertama Kalian saat mengatur Mac Kalian.

Langkah 1: Untuk mengaktifkan FileVault, buka System Preferences dan kemudian Security & Privacy dan pilih FileVault Pilih tab Turn on FileVault…

Kalian akan diberikan pilihan untuk menggunakan akun iCloud untuk membuka kunci disk atau membuat kunci pemulihan. Menggunakan akun iCloud Kalian lebih nyaman dan membantu menghindari kemungkinan kehilangan kunci pemulihan Kalian.

Setelah Kalian menetapkan opsi, pilih Lanjutkan.

Nyalakan MacOS FileVault.
image source digitaltrends.com

Langkah 2: Disk akan dienkripsi dan kemajuan dilaporkan di jendela. Setelah selesai, Kalian akan menerima pemberitahuan bahwa kunci pemulihan telah disetel dan enkripsi telah selesai.

Enkripsi MacOS FileVault selesai.
image source digitaltrends.com

Mengkonfigurasi akses ke layanan bawaan

Kalian dapat mengizinkan berbagai aplikasi dan layanan untuk mengakses fitur dan layanan bawaan di MacOS atau melarangnya untuk privasi tambahan.

Untuk mengkonfigurasi pengaturan privasi Kalian, buka System Preferences dan Security and Privacy. Pilih tab Privasi Buka kunci pengaturan untuk membuat perubahan.

Kalian akan melihat daftar layanan di sebelah kiri, lalu daftar aplikasi dan layanan yang dapat mengakses setiap layanan di sebelah kanan. Kalian dapat mengizinkan atau melarang akses ke setiap layanan sesuai kebutuhan.

Konfigurasikan pengaturan privasi MacOS.
image source digitaltrends.com

Mengontrol Aplikasi Mana yang Dapat Diinstal

Kalian dapat menginstal aplikasi di Mac Kalian dari App Store dan dari pengembang pihak ketiga. MacOS memungkinkan Kalian mengontrol apakah aplikasi pihak ketiga dapat diinstal.

Untuk mengizinkan atau melarang aplikasi pihak ketiga, buka System Preferences and Security and Privacy. Buka kunci pengaturan untuk mengizinkan perubahan.

Di bawah Izinkan aplikasi diunduh dari:, pilih hanya App Store atau App Store dan pengembang yang teridentifikasi.

Izinkan aplikasi pihak ketiga di MacOS.
image source digitaltrends.com

Memperbarui Mac – Cara Menjadikan Mac Private

secara otomatis MacOS dapat menginstal berbagai pembaruan aplikasi dan sistem secara otomatis, tetapi itu tidak diaktifkan secara default. Mengaktifkan pembaruan otomatis, terutama untuk pembaruan keamanan, membantu melindungi Mac Kalian dari pelaku kejahatan.

Langkah 1: Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis, buka System Preferences, lalu Software Update. Centang Perbarui Mac saya secara otomatis untuk mengaktifkan pembaruan otomatis. Kalian perlu mengautentikasi untuk melakukan perubahan.

Nyalakan pembaruan otomatis MacOS. Cara Menjadikan Mac Private dan Aman
image source digitaltrends.com

Langkah 2: Kalian dapat menentukan pembaruan mana yang akan diinstal secara otomatis dengan memilih Lanjutan…. Kalian dapat mengkonfigurasi MacOS untuk secara otomatis memeriksa pembaruan, mengunduh pembaruan baru jika tersedia sehingga siap untuk diinstal, menginstal pembaruan MacOS secara otomatis, memperbarui aplikasi yang diinstal secara otomatis dari App Store, dan secara otomatis menginstal file data sistem dan pembaruan keamanan.

Konfigurasikan pembaruan otomatis MacOS. Cara Menjadikan Mac Private dan Aman
image source digitaltrends.com

Paling tidak, Kalian harus mengaktifkan pembaruan otomatis file data sistem dan pembaruan keamanan. Ini dapat tiba kapan saja dan perlu dipasang secepat mungkin. Membiarkan MacOS menginstalnya secara otomatis berarti mereka akan diinstal segera setelah Apple menyediakannya. Itulah sedikit tips dan trik cara menjadikan Mac private serta aman untuk Kalian.

By AppsJog