Cara Mentransfer Foto Dari iPhone Ke Pc Windows Menggunakan iCloud

Butuh cara cepat dan handal untuk mentransfer foto dari iPhone ke PC Kalian? Berikut adalah beberapa pilihan.

Jika Kalian seperti saya, Kalian mungkin telah mengambil ribuan foto di iPhone selama bertahun-tahun. Tetapi sekarang Kalian ingin menyalinnya ke komputer Kalian untuk diedit atau hanya untuk disimpan. Tidak masalah; ada beberapa cara untuk melakukan ini.

Kalian cukup mencolokkan iPhone ke PC melalui kabel USB dan mengakses foto dari ponsel Kalian. Kalian dapat menggunakan aplikasi Windows Photos untuk mengimpor foto dari ponsel Kalian ke folder tertentu. Jika Kalian memanfaatkan OneDrive, Kalian dapat secara otomatis mengunggah foto baru yang Kalian jepret di iPhone ke folder OneDrive Pictures. Dan Kalian selalu dapat menyinkronkan foto Kalian dengan iCloud. 

Mari kita telusuri setiap metode sehingga Kalian dapat mengetahui mana yang paling cocok untuk Kalian.

Tips dan Trik Bagaimana Cara Mentransfer Foto Dari iPhone Ke Pc Windows Kalian
image source youtube.com

Colokkan Ponsel Kalian ke PC – Cara Mentransfer Foto Dari iPhone Ke Pc Windows

Cara paling sederhana untuk mentransfer foto adalah dengan mencolokkan iPhone ke komputer melalui USB.

Ponsel Kalian akan muncul sebagai perangkat di File Explorer. Klik dua kali ikon untuk iPhone Kalian dan telusuri folder Penyimpanan Internal dan DCIM. 

Kalian akan melihat satu atau lebih subfolder, masing-masing diberi nama dengan nomor yang menunjukkan tahun dan bulan foto diambil. 

Buka folder dengan foto-foto yang ingin Kalian akses. Dari sana, buka jendela lain di File Explorer yang menunjuk ke folder tempat Kalian ingin mentransfer foto. Pilih foto yang akan ditransfer lalu seret dan lepas atau salin dan tempel ke folder di PC Kalian (Gambar 1).

Colokkan Ponsel Kalian ke PC - Cara Mentransfer Foto Dari iPhone Ke Pc Windows
image source zdnet.com

Gambar 1: Pilih foto Kalian.

Meskipun ini tampak seperti cara termudah untuk mentransfer foto, itu tidak selalu bekerja dengan andal. Terkadang folder DCIM tidak muncul. Di lain waktu, foto terbaru Kalian mungkin tidak terlihat. Dalam kasus ini, memutuskan dan menyambungkan kembali ponsel Kalian ke PC dapat mengatasi masalah ini.

Gunakan Aplikasi Foto di Windows

Opsi lainnya adalah mengimpor foto ke PC Kalian menggunakan aplikasi Foto Microsoft. Untuk melakukan ini, sambungkan iPhone Kalian ke komputer melalui USB. Buka aplikasi Foto Windows. Klik ikon Impor di sudut kanan atas dan pilih opsi “Dari perangkat yang terhubung” (Gambar 2).

Mengimpor dari perangkat yang terhubung.
image source zdnet.com

Gambar 2: Mengimpor dari perangkat yang terhubung.

Aplikasi akan mendeteksi iPhone Kalian yang terhubung dan menampilkan foto yang tersimpan di dalamnya. Secara default, foto akan diimpor ke folder Pictures di bawah akun pengguna Kalian, tetapi Kalian dapat mengubahnya dengan mengeklik tautan “Ubah tujuan” dan memilih folder lain. 

Klik menu tarik-turun untuk Pilih dan pilih apakah Kalian ingin mengimpor semua folder atau hanya folder sejak pengimporan terakhir. 

Kalian juga dapat memilih semua foto untuk bulan dan tahun tertentu atau memilih foto satu per satu secara manual. Selanjutnya, Kalian dapat memilih untuk menghapus semua foto di ponsel Kalian setelah diimpor.

Setelah Kalian mengonfigurasi impor, klik tombol “Impor [x number] dari [x] item” dan foto akan ditransfer ke folder tujuan yang dipilih di PC Kalian. Jika Kalian memilih untuk menghapus foto dari ponsel, Kalian akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan sebagai langkah terakhir (Gambar 3).

Import Foto
image source zdnet.com

Gambar 3: Import Foto.

Menggunakan OneDrive – Cara Mentransfer Foto Dari iPhone Ke Pc Windows

Jika Kalian sudah menggunakan OneDrive untuk mencadangkan dan menyinkronkan file, Kalian dapat memintanya untuk mencadangkan dan menyinkronkan foto dari iPhone ke PC. Untuk menyiapkan ini, unduh dan instal aplikasi OneDrive iOS di ponsel Kalian jika Kalian belum menggunakannya. Buka aplikasi dan ketuk ikon Foto di bagian bawah. Ketuk tombol Nyalakan untuk Unggah Kamera. 

Kalian dapat memilih untuk mengunggah foto yang dipilih, mengizinkan akses ke semua foto, atau tidak mengizinkan akses. Kalian akan ingin memilih opsi untuk mengizinkan akses ke semua foto. Foto Kalian kemudian diunggah dan terlihat di layar Foto aplikasi OneDrive (Gambar 4).

Transfer Foto Menggunakan OneDrive
image source zdnet.com

Gambar 4: OneDrive meminta akses ke foto.

Di PC Kalian, buka folder OneDrive, pilih Foto, lalu pilih Rol Kamera. Di Camera Roll Kalian akan melihat subfolder untuk tahun dan kemudian bulan. Buka salah satu folder bulan untuk melihat foto-foto di dalamnya. Kalian dapat membiarkan foto di OneDrive dapat diakses di PC Kalian atau menyalinnya ke folder lokal (Gambar 5).

Foto di OneDrive
image source zdnet.com

Gambar 5: Foto di OneDrive.

Gunakan Foto iCloud

Pilihan lain untuk mentransfer foto iPhone ke PC Windows Kalian adalah dengan menggunakan Foto iCloud. Ini memberikan akses ke foto Kalian tidak hanya di komputer Kalian tetapi di perangkat Apple lainnya yang disinkronkan dengan iCloud. Di iPhone, buka Pengaturan dan pilih nama Kalian di bagian atas layar. Ketuk pengaturan untuk iCloud, pilih Foto, lalu aktifkan “Sinkronkan iPhone ini.” Kalian juga dapat menjentikkan sakelar untuk Album Bersama jika Kalian ingin berbagi atau mengakses album bersama dengan orang lain (Gambar 6).

Aktifkan sinkronisasi Foto iCloud
image source zdnet.com

Gambar 6: Aktifkan sinkronisasi Foto iCloud.

Selanjutnya, Kalian harus mengunduh aplikasi iCloud untuk Windows dari Microsoft Store. Buka aplikasi setelah instalasi dan klik tombol Opsi untuk Foto. Periksa opsi untuk Foto iCloud dan Album Bersama jika belum dicentang. Klik Selesai dan kemudian klik Terapkan (Gambar 7).

Aktifkan Foto iCloud
image source zdnet.com

Gambar 7: Aktifkan Foto iCloud.

Buka File Explorer dan klik entri untuk Foto iCloud. Kalian sekarang akan melihat semua foto Kalian yang disinkronkan (Gambar 8).

Foto iCloud Kalian di Windows
image source zdnet.com

Gambar 8: Foto iCloud Kalian di Windows.

Aplikasi iCloud untuk Windows adalah opsi praktis untuk PC Windows, tetapi aplikasi ini dibebani dengan beberapa kelemahan utama. Aplikasi ini membuang semua foto Kalian ke dalam satu struktur folder datar, sehingga tidak diatur menurut folder atau album apa pun yang mungkin telah Kalian buat di iPhone atau di iCloud. Selain itu, aplikasi ini tidak mendukung sinkronisasi dua arah yang sebenarnya, jadi jika Kalian menghapus foto di folder iCloud di PC Windows Kalian, itu tidak akan terhapus di iCloud atau di perangkat Kalian yang lain.

Pilihan Terbaik Cara Mentransfer Foto Dari iPhone Ke Pc Windows

Secara keseluruhan, saya pikir Windows Photos adalah pilihan terbaik Kalian untuk mentransfer foto secara manual dari iPhone ke PC Windows Kalian, dan OneDrive adalah metode terbaik untuk mentransfernya secara otomatis.

By AppsJog