Cara Menyalakan AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac

Pelajari cara menyalakan AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac, dan apa yang harus dilakukan jika AirDrop tidak berfungsi.

AirDrop adalah layanan berbagi file yang tersedia di perangkat Mac dan iOS yang membuatnya jauh lebih cepat dan nyaman untuk mentransfer foto, file besar, daftar putar, informasi kontak, lokasi di Apple Maps, tautan ke situs web, dan lainnya.

Cara Mengaktifkan AirDrop di iPhone iPad dan Mac
image source youtube.com

Yang Kalian Perlukan untuk Mengaktifkan AirDrop

Untuk mengaktifkan AirDrop, pertama-tama Kalian harus mengaktifkan Wifi dan Bluetooth, karena keduanya diperlukan untuk membuat koneksi antar perangkat.

Pastikan jarak optimal antara perangkat berbagi data dan perangkat yang menerima data adalah 30 kaki agar transfer aman. Jika Kalian memiliki Hotspot Pribadi, matikan, karena ini dapat mengganggu koneksi.

Berikut adalah proses langkah demi langkah yang dapat Kalian ikuti untuk mengaktifkan AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac.

1. Cara Menyalakan AirDrop di iPhone

  • Kalian Jika Kalian menggunakan iPhone X atau versi yang lebih baru, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar Kalian dan buka pusat kendali. Jika Kalian memiliki versi yang lebih lama, akses pusat kendali dengan menggesek ke atas dari bagian bawah layar Kalian.
  • Tekan dan tahan tombol WiFi dan opsi Bluetooth untuk menyalakannya.
  • Selanjutnya, ketuk ikon AirDrop — itu menyerupai segitiga di dalam empat lingkaran konsentris.
  • Kalian akan melihat menu dengan opsi untuk memilih siapa yang dapat mengirim file ke perangkat Kalian. Kalian dapat memilih untuk menerima file dari orang-orang di daftar kontak saja, atau Kalian dapat memilih untuk menerima file dari perangkat Apple manapun dalam jangkauan dengan mengklik Semua Orang.
  • Untuk mematikan AirDrop, ikuti langkah yang sama tetapi pilih Menerima Mati. Kalian tidak akan dapat menerima file melalui AirDrop.

2. Cara Menyalakan AirDrop di iPad Kalian

  • Geser ke bawah dari sudut kanan atas layar beranda untuk mengakses pusat kendali.
  • Ketuk ikon AirDrop.
  • Atau, luncurkan aplikasi pengaturan.
  • Pilih Umum dari menu sebelah kiri.
  • Ketuk ikon AirDrop.
  • Tiga pengaturan AirDrop akan muncul: Menerima Mati, Hanya Kontak dan Semua Orang.
  • Pilih Hanya Kontak atau Semua Orang untuk mengaktifkan AirDrop.
  • AirDrop akan tetap aktif selama Receiving Off tidak aktif.

3. Cara Menyalakan AirDrop di Mac

Kalian Kalian harus menjalankan macOS X Lion atau sistem operasi yang lebih baru untuk menggunakan AirDrop di komputer Mac Kalian. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan AirDrop:

  • Pilih tab Buka di bagian atas komputer Mac Kalian.
  • Pada menu tarik-turun, klik AirDrop.
  • Kalian akan melihat opsi untuk mengaktifkan Bluetooth di layar. Klik di atasnya.
  • Setelah Bluetooth aktif, klik Izinkan Saya Ditemukan Oleh dan pilih dari siapa akan menerima AirDrops.
  • Kalian akan ditemukan oleh perangkat berkemampuan AirDrop dalam jangkauan.
  • Kalian dapat memilih untuk menerima file dari siapa pun atau Kalian dapat membatasinya hanya untuk kontak Kalian.

Apa yang harus dilakukan jika AirDrop tidak berfungsi

Jika Kalian telah mengaktifkan AirDrop tetapi Kalian kesulitan menemukan nama Kalian atau ditemukan, ada beberapa hal umum yang perlu diperiksa:

Cara Menyalakan AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac
image source youtube.com

Pertama, periksa apakah perangkat Apple Kalian kompatibel dengan AirDrop. iPhone dan iPad yang menggunakan iOS 7 atau lebih baru memiliki AirDrop, seperti halnya Mac dan MacBook yang dirilis pada tahun 2012 atau lebih baru yang menjalankan setidaknya OS X Yosemite.

Jika perangkat Kalian kompatibel dengan AirDrop tetapi Kalian masih tidak melihatnya, periksa apakah Kalian menjalankan iOS versi terbaru. Terkadang, versi baru sistem operasi menimbulkan masalah kompatibilitas. Untuk memeriksa pembaruan, luncurkan pengaturan dari layar Utama Kalian. Ketuk Umum, lalu ketuk Pembaruan Perangkat Lunak. Jika ada versi sistem operasi yang lebih baru, instal.

Pastikan Kalian mengaktifkan Bluetooth dan WiFi. Jika aktif dan AirDrop masih tidak berfungsi, matikan dan hidupkan lagi untuk menghilangkan gangguan sementara. Selain itu, jika perangkat Kalian dan perangkat penerima berjarak lebih dari 30 kaki, mungkin sulit untuk melihat nama AirDrop mereka di daftar perangkat terdekat Kalian. Dekatkan kedua perangkat.

Periksa apakah perangkat Kalian terhubung ke internet melalui hotspot pribadi karena ini dapat mengganggu koneksi AirDrop. Jika ya, buka Pengaturan dan matikan Hotspot Pribadi. Periksa juga apakah AirDrop Kalian diatur untuk menerima file dari kontak Kalian saja. Jika ya, itu berarti Kalian harus memverifikasi dari siapa Kalian menerima file. Ubah pengaturan untuk menerima file dari semua orang dan coba lagi.

Jika semuanya gagal, coba lakukan hard restart pada kedua perangkat untuk membantu menghilangkan gangguan sementara di pengaturan atau jaringan.

By AppsJog