Tips dan Trik Cara Menyembunyikan Foto dan Video di iPhone

Apple membuatnya relatif mudah untuk cara menyembunyikan foto yang disimpan di iPhone dan fitur ini bisa sangat penting ketika ponsel mungkin digunakan oleh orang lain selain pemilik perangkat.

Meskipun Layar Kunci memberikan lapisan keamanan pertama, ada kalanya paling nyaman untuk menyerahkan ponsel kepada orang lain untuk melihat foto atau halaman web dan hanya perlu beberapa ketukan dan gesekan untuk mendapatkan gambar yang diinginkan pengguna. mungkin tidak ingin berbagi secara publik.

Di luar kemampuan bawaan Apple untuk menyembunyikan foto, ada solusi pihak ketiga yang sangat berguna saat menggunakan iPhone lama yang tidak memiliki fitur keamanan terbaru atau saat opsi lanjutan diperlukan.

Cara Menyembunyikan Foto di iPhone, Langkah demi Langkah

Bagi sebagian besar pemilik iPhone, cara menyembunyikan foto dapat dilakukan hanya dengan memilih satu atau beberapa gambar di aplikasi Foto, lalu mengetuk tombol Bagikan Lembar di kiri bawah layar, dan pilih Sembunyikan opsi. Ini akan segera menghapus foto-foto ini dari perpustakaan normal dan semua album yang sebelumnya berisi foto-foto tersebut.

Jika opsi Sembunyikan tidak tersedia, itu berarti dapat diaktifkan di aplikasi Pengaturan. Pengguna harus menggulir ke bawah ke bagian media yang berisi opsi untuk Musik, TV, Foto, dan lainnya, pilih Foto, lalu aktifkan Album Tersembunyi yang menghasilkan album baru yang muncul di aplikasi Foto yang bernama ‘Tersembunyi.’

Cara Melihat Album yang Disembunyikan

Foto iPhone tersembunyi dapat dilihat setelahnya dengan membuka tab Album di aplikasi Foto iPhone. Album Tersembunyi ditempatkan di dekat bagian bawah, sehingga kecil kemungkinannya untuk dilihat secara tidak sengaja.

Tentu saja, cara yang lebih efektif untuk menyembunyikan gambar adalah juga menyembunyikan album Tersembunyi. Ini dapat dilakukan di aplikasi Pengaturan dengan Album Tersembunyi di tab Foto. Foto-foto tidak dihapus atau ditampilkan saat sakelar ini diaktifkan. Alih-alih, album Tersembunyi itu sendiri disembunyikan hingga diaktifkan kembali di aplikasi Pengaturan.

Cara Mengembalikan Foto Tersembunyi iPhone

Sebuah foto tersembunyi iPhone juga dapat dikembalikan ke lokasi aslinya. Ini dilakukan dengan membuka Album Tersembunyi, memilih foto yang menarik, dan memilih opsi Perlihatkan dari Lembar Bagikan.

Prosesnya sama seperti cara menyembunyikan foto tetapi dengan memilih opsi Perlihatkan, gambar apa pun yang dipilih akan muncul di perpustakaan Foto, sama seperti sebelum disembunyikan. Album apa pun yang sebelumnya berisi foto-foto itu akan menyimpannya sekali lagi, jadi ini seperti membatalkan operasi sembunyikan.

Menggunakan Aplikasi Notes iPhone untuk Menyembunyikan dan Mengunci Foto

Kalian juga dapat menyembunyikan foto di dalam aplikasi Notes iPhone dan mengunci catatan sehingga gambar hanya dapat dibuka dengan Face ID, Touch ID, atau kata sandi khusus Notes. Ini berguna untuk menyimpan foto yang tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali, melainkan untuk menghidupkan kembali momen pribadi atau untuk mengingat detail spesifik yang sensitif.

Untuk memanfaatkan metode ini, satu atau beberapa foto harus dipilih dan dibagikan ke aplikasi Notes. Jika aplikasi Notes tidak muncul dalam daftar gulir horizontal di bagian atas, itu dapat ditambahkan dengan menyeret daftar aplikasi ke paling kiri dan mengetuk tombol Lainnya. Daftar semua aplikasi yang mungkin terungkap dan menggulir ke bawah akan mengungkapkan aplikasi Notes.

Setelah mengetuk aplikasi Catatan di Lembar Bagikan, jendela baru akan terbuka dengan opsi untuk catatan. Ini bisa berupa catatan baru atau yang sudah ada dan kotak teks memungkinkan penambahan kata di bagian atas catatan sebelum gambar yang dipilih muncul.

Setelah mengetuk tombol Simpan, aplikasi Catatan akan dibuka dan catatan baru ini akan muncul di bagian atas daftar dengan beberapa kata pertama sebagai judulnya.

2 Langkah Selanjutnya

Mengetuk catatan baru dan kemudian tiga titik di kanan atas menunjukkan opsi, termasuk kemampuan untuk Mengunci. Setelah mengetuk tombol Kunci, ID Sentuh, ID Wajah, atau kata sandi akan diminta untuk mengotorisasi permintaan kunci. Ikon yang tidak terkunci akan muncul di kanan atas dan ini dapat diketuk untuk mengunci catatan.

dibuka pada awalnya tetapi dapat dikunci dengan mengetuk tombol kunci di kanan atas, yang menyembunyikan konten catatan. Untuk membuka kembali, pengguna dapat mengetuk tombol Lihat Catatan di tengah layar atau tombol kunci di kanan atas dan autentikasi.

Perlu dicatat bahwa catatan yang dikunci tidak mencegah foto-foto ini terlihat di aplikasi Foto dan langkah selanjutnya adalah menghapus gambar di sana dan kemudian mengosongkan album Baru Dihapus. Foto akan tetap tersedia di aplikasi Catatan saat dihapus dari aplikasi Foto.

Bagaimana Menyembunyikan Semuanya di Album Foto iPhone

Sayangnya, iPhone tidak menawarkan cara untuk menyembunyikan seluruh album foto. Sebagai gantinya, pengguna harus membuka album, ketuk tombol Pilih di kanan atas, lalu tombol Pilih Semua di kiri atas.

Ini memudahkan untuk menyembunyikan seluruh isi album dengan opsi Sembunyikan Lembar Bagikan standar.

Jika album foto kosong disimpan, gambar dapat dikembalikan ke album ini dengan menggunakan opsi Perlihatkan di Lembar Bagikan album Tersembunyi.

Cara Mengunci Foto iPhone Dengan Kata Sandi

Fitur Album Tersembunyi iPhone secara inheren terkunci di belakang kode sandi, ID Wajah, atau ID Sentuh kecuali opsi kode sandi dinonaktifkan. Untuk melihat foto, iPhone harus dibuka kuncinya. Untuk lapisan keamanan ekstra untuk mengunci foto dengan kata sandi bahkan setelah iPhone dibuka. Diperlukan aplikasi pihak ketiga dan beberapa aplikasi yang memiliki kemampuan mengunci dapat ditemukan di App Store.

Bisakah Video Disembunyikan di iPhone?

Hampir setiap opsi persembunyian yang tersedia untuk foto juga dapat digunakan untuk video. Itu berarti video dapat dipilih dan ditambahkan ke album Tersembunyi atau dipulihkan seperti gambar. Satu-satunya pengecualian adalah saat menggunakan aplikasi Notes untuk mengunci foto. Catatan yang berisi video tidak dapat dikunci di aplikasi Catatan. Namun, ada solusi pihak ketiga untuk mengunci video.

Cara Baru Mengunci Foto dengan iOS 16

Dengan pembaruan iOS 16 yang akan tiba pada musim gugur 2022, pemilik iPhone 8 dan yang lebih baru akan secara otomatis mengunci album Tersembunyi dan Baru Dihapus sehingga ID Wajah, ID Sentuh, atau kode sandi diperlukan untuk mengakses mereka. Model lama dan iPhone yang menjalankan iOS 15 atau lebih lama masih harus bergantung pada mengaktifkan saklar Album Tersembunyi untuk menyembunyikan foto, dan mematikannya lagi, untuk mempersulit mengakses gambar tersembunyi. Tentu saja, aplikasi pihak ketiga adalah cara untuk mencapai penguncian yang lebih menyeluruh.

Aplikasi Menyembunyikan dan Mengunci Foto dan Video iPhone

Ada beberapa media yang menyembunyikan dan mengunci aplikasi di App Store. Sebagian besar memerlukan langganan untuk mengaktifkan fungsionalitas penuh. Namun, setidaknya ada satu aplikasi bebas iklan yang memiliki opsi pembelian satu kali berbiaya rendah. Gudang Foto: Kunci Album Rahasia gratis digunakan untuk 20 foto dan video dan memudahkan untuk menyembunyikannya. Ini mencakup cara mudah untuk mengunci aplikasi sehingga kode sandi, ID Wajah, atau ID Sentuh diperlukan untuk mengakses media yang disimpan di sana, bahkan saat iPhone sudah dibuka kuncinya. Untuk beberapa dolar, batas 20 item itu dihapus dan beberapa fitur lanjutan juga diaktifkan.

Aplikasi Photo Vault menggunakan penyimpanan iCloud secara default tetapi dapat diatur untuk menyimpan media di iPhone dengan menggunakan aplikasi Pengaturan. iCloud tampaknya aman, tetapi menyimpan foto dan video sensitif secara offline adalah metode paling aman.

Media dapat dipilih dan dikirim ke Gudang Foto menggunakan Lembar Bagikan aplikasi Foto. Perlu dicatat bahwa menyembunyikan aplikasi cenderung lambat saat mengimpor video, jadi harus menunggu.

Pada penggunaan pertama, aplikasi Photo Vault akan meminta pengguna untuk memasukkan kode sandi dan dalam pengaturan aplikasi, ID Wajah atau ID Sentuh dapat dipilih, jika diinginkan. Ini memberikan lapisan keamanan kedua bahkan setelah iPhone dibuka kuncinya.

Setelah berbagi ke Photo Vault dan mengautentikasi, aplikasi akan mengungkapkan isinya dan kemudian media yang baru saja diimpor dapat dihapus di aplikasi Foto. Sangat mudah untuk membagikan kembali ke perpustakaan Foto, media sosial, atau aplikasi lain menggunakan Lembar Berbagi standar dari dalam aplikasi Photo Vault.


Mengapa Kalian Ingin Menyembunyikan Foto iPhone

Ada beberapa alasan mengapa pengguna mungkin ingin menyembunyikan foto di iPhone. Kejutan bisa hancur jika gambar terlihat sebelum hadiah dibuka pada hari ulang tahun. Karena tangkapan layar muncul di perpustakaan foto iPhone. Pengambilan data sensitif dapat mengungkapkan informasi yang dimaksudkan untuk dirahasiakan, baik untuk penggunaan bisnis atau pribadi. Foto medis, dokumen keuangan atau hukum, dan lainnya mungkin perlu dirahasiakan. Detail keluarga dan detail pekerjaan sering kali perlu dipisahkan dan memindahkan satu atau yang lain ke bagian tersembunyi untuk menghindari konflik jika iPhone dipinjam.

Model iPhone yang Mendukung Cara Menyembunyikan Foto

Apple menambahkan opsi Album Tersembunyi di iOS 14 dan kemampuan yang sama ada di iOS 15. iPhone 6S dan model yang lebih baru dapat menjalankan sistem operasi ini. Artinya Apple mendukung fitur ini pada perangkat setua yang dibuat pada tahun 2015 IPhone 6, yang dibuat pada tahun 2014. Dan model lama telah dihentikan dan tidak lagi menerima pembaruan perangkat lunak sistem. Itu berarti bagi mereka yang memiliki iPhone jenis ini, aplikasi pihak ketiga diperlukan untuk menyembunyikan foto.

Kesimpulan

Ada banyak cara menyembunyikan foto di iPhone, serta video. Bahkan mungkin untuk mengunci mereka. Meskipun setiap metode yang dijelaskan cukup aman, solusi utama untuk mencegah foto terlihat di iPhone adalah dengan menghapusnya dari perangkat. Mentransfer foto ke komputer, penyimpanan cloud yang aman, atau ke flash drive. Lalu menghapusnya dari iPhone akan menjaganya agar tidak terlihat atau ditemukan secara tidak sengaja.

By AppsJog