Tips dan Trik Cara Streaming Apple Music di Linux Menggunakan Cider

Cider adalah klien Apple Music open-source dan gratis untuk Linux. Inilah cara Kalian dapat menginstal dan menggunakannya di mesin Linux Kalian.

Apple Music tersedia di sebagian besar platform, termasuk Apple, serta Windows dan Android. Namun, tidak ada Apple Music—atau bahkan iTunes dalam hal ini—di Linux.

Jadi, jika Kalian adalah pelanggan Apple Music dan menggunakan Linux disisi PC, Kalian harus menggunakan pemutar web Apple Music untuk mendengarkan musik di komputer Kalian.

Tutorial Streaming di Linux Menggunakan Cider
image source youtube.com

Tetapi seperti yang Kalian ketahui, pengalamannya tidak mendekati sempurna. Untuk memperbaikinya, beberapa pengembang datang dengan Cider, klien Apple Music open-source untuk Linux. Jadi mari kita jelajahi Cider di Linux.

Apa itu Cider? – Cara Streaming Apple Music di Linux

Cider adalah klien Apple Music lintas platform yang dibangun dengan ide untuk membebaskan diri dari belenggu Apple dan menawarkan kepada pengguna pengalaman pengguna yang tak terkendali dan lebih fungsional. Ini memiliki antarmuka yang tampak modern, yang terlihat jauh lebih bersih daripada Apple Music dan bahkan dapat disesuaikan.

Cider menggunakan MusicKit (Apple Music API) dan beberapa API dan SDK lainnya dan ditulis dalam Electron dan Vue.js. Ini gratis untuk digunakan dan tersedia di Windows, Linux, dan juga macOS.

Fitur Apa yang Ditawarkan Cider?

Cider menawarkan berbagai fitur, termasuk kemampuan untuk menyesuaikan beberapa elemen UI-nya. Beberapa fitur ini unik untuk Cider dan tidak tersedia bahkan di aplikasi Apple Music resmi.

Tutorial Cara Streaming Apple Music di Linux Menggunakan Cider
image source youtube.com

Inilah yang Kalian dapatkan dengan Cider:

  • Antarmuka pengguna yang bersih, cepat, dan dapat disesuaikan
  • Akses cepat ke lagu yang baru diputar
  • Kemampuan untuk mengikuti artis favorit
  • Spasialisasi audio
  • Equalizer
  • Dukungan Chromecast
  • Discord dan Integrasi Last.fm
  • Remote control (memungkinkan Kalian mengontrol musik dari ponsel cerdas Kalian)
  • Plugin

Cara Install Cider di Linux

Cider tersedia dalam berbagai format paket. Jika Kalian menggunakan Ubuntu atau distro Linux berbasis Debian lainnya di komputer Kalian, unduh paket Cider DEB dan ikuti panduan kami tentang menginstal file DEB untuk menginstal Cider.

Pengguna Arch Linux dapat menginstal Cider dari AUR menggunakan yay:

yay -S cider

Atau, jika Kalian menggunakan distro lain atau tidak nyaman menggunakan CLI, Kalian bisa mendapatkan Cider di komputer Kalian melalui salah satu cara berikut:

1. AppImage

Unduh Cider AppImage di mesin Linux Kalian.

Buka Downloads dan klik kanan pada AppImage untuk membuka Properties. Beralih ke Izin dan centang kotak di sebelah Izinkan mengeksekusi file sebagai program jika Kalian menggunakan pengelola file berbasis Nautilus. Di Dolphin, centang opsi Is executable dan ubah Execute dropdown Siapa pun jika Kalian menggunakan PCManFM.

Atau, buka terminal, dan menggunakan perintah cd dan perintah ls, navigasikan ke direktori Unduhan dan kemudian, jalankan perintah ini:

chmod +x cider-*.appimage

2. Flatpak

Pertama, verifikasi apakah sistem Kalian memiliki dukungan Flatpak dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

flatpak --version

Jika ini menampilkan nomor versi, sistem Kalian memiliki Flatpak. Jika tidak, instal di komputer Kalian menggunakan panduan Flatpak kami.

Cara Streaming Apple Music di Linux Menggunakan Cider
image source youtube.com

Setelah selesai, instal Cider menggunakan:

flatpak Install flathub sh.cider.Cider

Pertama Jalankan Cider

Setelah Kalian menginstal Cider, luncurkan. Saat Cider terbuka, Kalian akan melihat dua jendela: satu berisi Cider dan yang lainnya dengan halaman masuk untuk ID Apple Kalian.

Masukkan kredensial ID Apple Kalian di jendela ini untuk masuk dan mengakses akun Apple Music Kalian.

Tekan Lanjutkan untuk menutup jendela ini.

Cider sekarang akan menampilkan semua lagu, daftar putar, dan bahkan lagu yang paling baru diputar. Untuk mengakses jendela Cider utama, ketuk Home di bawah Cider di sidebar kiri.

Jika Kalian pernah menggunakan aplikasi Apple Music di Mac atau PC Kalian sebelumnya, Kalian akan melihat berbagai kesamaan antara itu dan UI Cider. Pertama, Cider memiliki pemutar musik yang mirip dengan Apple Music, dengan fungsi yang hampir sama. Dan dua, panel sebelah kiri menyertakan opsi menu yang sama: Dengarkan Sekarang, Jelajahi, Radio, Baru Ditambahkan, Artis, Lagu, dan Album, diikuti oleh bagian Daftar Putar.

Tapi di situlah kesamaan antara kedua pemutar musik berakhir, dan Cider mengalahkan Apple Music. Berikut adalah daftar semua fitur yang memungkinkan hal ini.

1. Putar Video Musik – Cara Streaming Apple Music di Linux

Cider memiliki aplikasi Video khusus di bawah Perpustakaan yang memberi Kalian akses cepat ke semua video musik yang disimpan. Klik pada tab Video di bilah sisi kiri untuk mengakses semua video Kalian, dan ketuk Putar di salah satu untuk memutarnya.

2. Dengarkan Podcast Favorit Kalian

Salah satu fitur Cider yang paling berguna adalah pemutar podcast bawaannya. Tidak seperti Apple Music, yang tidak memiliki fitur ini dan, oleh karena itu, mengharuskan Kalian menggunakan aplikasi terpisah untuk musik dan podcast, Cider memungkinkan Kalian mendengarkan musik dan podcast langsung di dalam satu aplikasi.

Tips dan Trik Cara Streaming Apple Music di Linux Menggunakan Cider
image source youtube.com

Pastikan Kalian telah berlangganan podcast yang ingin Kalian dengarkan dan telah menambahkannya ke perpustakaan Kalian. Setelah ini, klik pada Podcast tab Library dan pilih podcast untuk mengakses semua episodenya. Pilih episode yang ingin Kalian dengarkan, ketuk, dan klik tombol Putar Episode untuk mulai memutarnya. Atau klik dua kali pada sebuah episode untuk memutarnya.

3. Cast Playback ke Perangkat Lain – Cara Streaming Apple Music di Linux

Cast to Devices adalah fitur Cider yang memungkinkan Kalian untuk mentransmisikan pemutaran Kalian, baik itu musik, video, atau podcast, ke speaker eksternal atau TV Kalian. Saat ini dalam tahap percobaan dan mendukung Apple HomePod dan Apple TV. Pengembang Cider telah mengklaim bahwa dukungan untuk lebih banyak perangkat akan segera diluncurkan.

4. Remote Control Pemutaran Kalian

Menambahkan fitur unik Cider adalah fitur Web Remote. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Kalian mengontrol pemutaran di komputer Linux melalui ponsel cerdas Kalian. Baik itu mengubah trek, menyesuaikan volume, menambahkan lagu ke perpustakaan Kalian, atau melihat lirik, Web Remote memungkinkan Kalian melakukan semuanya.

Untuk menggunakan Web Remote, klik ikon Cider di pojok kiri atas dan pilih Web Remote. Jika Kalian memiliki iPhone, pindai kode QR di layar komputer Kalian, dan itu akan membuka halaman web dengan berbagai kontrol pemutaran.

Di Android, unduh aplikasi Cider Remote dari Play Store. Hubungkan ponsel Kalian ke jaringan yang sama dengan PC Linux Kalian dan buka Cider Remote. Aplikasi sekarang akan memindai pemutaran di perangkat terdekat dan memberi Kalian pemutar layar penuh untuk mengontrolnya.

Personalisasi Cider Sesuai Keinginan Kalian

Selain menawarkan berbagai fitur yang berguna, Cider juga memungkinkan Kalian untuk mempersonalisasi dan mengubah beberapa pengaturannya. Berikut adalah daftar pengaturan Cider yang dapat Kalian ubah sesuai keinginan Kalian:

  • Tema
  • Kunci
  • Bilah Sisi
  • Kualitas audio
  • Kecepatan pemutaran
  • Equalizer
  • (gaya visual, warna latar, bilah pemutaran, dll.)

Streaming Lagu Dari Apple Music di Mesin Linux Kalian

Cider adalah yang ketiga yang hebat -party Apple Music client untuk Linux, seperti yang mungkin sudah Kalian ketahui sekarang. Ini memiliki UI yang bersih dan cepat, dan Kalian mendapatkan hampir semua fitur penting Apple Music, dikombinasikan dengan beberapa fitur tambahan, yang memungkinkan Kalian menikmati podcast dan musik dari Apple Music di mesin Linux Kalian.

Jika Kalian baru mengenal Apple Music, menguasai bekerja dengan daftar putar dapat membantu Kalian mengatur lagu secara efektif dan memaksimalkan layanan.

By AppsJog