iOS 16 15 Tips Membuat Baterai iPhone Kalian Lebih Tahan Lama

Dengan setiap pembaruan sistem operasi baru, ada keluhan tentang masa pakai baterai, dan iOS 16 tidak terkecuali. Seringkali ada periode pengurasan baterai yang cepat setelah pembaruan karena sinkronisasi dan pembaruan di belakang layar, tetapi terkadang masalah dapat bertahan lebih lama.

Fitur Layar Kunci iOS 162
image source macrumors.com

Masalah masa pakai baterai dapat disebabkan oleh fitur baru yang diterapkan Apple, bug yang perlu diperbaiki, atau hanya peningkatan penggunaan setelah pembaruan. Apa pun penyebabnya, kami telah mengumpulkan beberapa saran tentang bagaimana Kalian dapat menambah lebih banyak baterai dari iPhone dalam situasi di mana setiap bit terakhir penting.

Perhatikan bahwa tidak banyak saran yang tidak menonaktifkan fitur utama pada iPhone, jadi Kalian harus menyeimbangkan pengurasan baterai dengan set fitur yang ingin Kalian aktifkan, matikan dan hidupkan sesuai kebutuhan saat masa pakai baterai yang lebih baik diperlukan.

1. Matikan Aktivitas Langsung – Tips Hemat Baterai iOS 16

Dengan iOS 16.1, Apple menambahkan fitur Aktivitas Langsung yang memungkinkan aplikasi menyimpan pemberitahuan yang sedang berlangsung di Layar Terkunci atau di iPhone 14 Pro ‌Dynamic Island‌. Aktivitas Langsung dapat digunakan untuk hal-hal seperti melacak permainan olahraga, mengikuti penerbangan, melanjutkan latihan, dan banyak lagi, langsung dari Layar Terkunci atau ‌Dynamic Island‌.

Fitur Aktivitas Langsung iOS 16
image source macrumors.com

Semua yang Kalian lakukan di iPhone‌ menguras baterai, termasuk Aktivitas Langsung. Ada laporan di Reddit tentang menonaktifkan fitur yang meningkatkan masa pakai baterai, dan tidak mengherankan bahwa mematikan pemberitahuan konstan menghentikan pengurasan baterai yang berlebihan. Aktivitas Langsung dapat dinonaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Buka ID Wajah & Kode Sandi.
  3. Masukkan kode sandi Kalian untuk membuka iPhone‌.
  4. Gulir ke bawah dan matikan Aktivitas Langsung.

Ini akan mencegah Aktivitas Langsung muncul di Layar Terkunci, tetapi Kalian harus mengambil satu langkah lebih jauh. Di bagian aplikasi individual di aplikasi Pengaturan, Kalian dapat menonaktifkan Aktivitas Langsung berdasarkan aplikasi demi aplikasi, atau menghindari penggunaan fitur Aktivitas Langsung dalam aplikasi.

Kalian tidak dapat sepenuhnya menonaktifkan Pulau Dinamis‌, tetapi Kalian dapat menggeser ke kiri pada animasi yang sedang berjalan untuk menutupnya.

2. Hapus Widget Layar Kunci

Dengan iOS 16‌, Apple merombak Layar Kunci, menambahkan opsi untuk widget. Widget selalu terlihat di Layar Terkunci dan banyak yang menyegarkan di latar belakang, yang berarti menghabiskan baterai.

Widget Cuaca iOS 16
image source macrumors.com

Jika Kalian khawatir tentang masa pakai baterai, Kalian mungkin ingin membuat Layar Kunci yang tidak memiliki widget. Untungnya, iOS 16‌ mendukung beberapa Layar Kunci yang dapat Kalian tukarkan, jadi jika Kalian sesekali ingin menggunakan widget, Kalian bisa melakukannya.

Untuk detail tentang menambahkan widget, menghapus widget, dan membuat Layar Kunci, kami memiliki panduan Layar Kunci iOS 16 khusus.

Widget juga dapat masuk ke Layar Beranda, fitur pra-iOS 16. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan widget Layar Kunci Beranda‌ bagi mereka yang peduli dengan masa pakai baterai.

3. Nonaktifkan Umpan Balik Keyboard Haptic

Apple di iOS 16‌ juga menambahkan fitur menyenangkan yang memberi Kalian umpan balik haptic saat Kalian menggunakan keyboard di layar. Ini bergetar dengan setiap ketukan tombol untuk pengalaman mengetik yang lebih memuaskan, tetapi yang mungkin tidak Kalian ketahui adalah baterainya terkuras.

Nonaktifkan Umpan Balik Keyboard Haptic
image source macrumors.com

Apple mengatakan tepat dalam dokumen dukungan bahwa haptics keyboard dapat mempengaruhi masa pakai baterai, jadi itu bukan sesuatu yang ingin Kalian gunakan saat Kalian tidak memiliki baterai cadangan. Ini tidak aktif secara default, tetapi jika Kalian telah mengaktifkannya, Kalian dapat mematikannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk Suara & Haptik.
  3. Ketuk Umpan Balik Keyboard.
  4. Nonaktifkan Haptik.

4. Matikan Always-On Display (iPhone 14 Pro)

Always-on display bukanlah fitur iOS 16‌, tetapi bersifat tangensial karena diperkenalkan dengan iPhone 14 Pro‌ dan Pro Max, perangkat pertama yang hadir dengan iOS 16‌ pra-instal. Seperti namanya, tampilan selalu aktif membuat waktu, wallpaper, widget, dan Aktivitas Langsung Kalian terlihat di Layar Terkunci bahkan saat iPhone‌ Kalian terkunci.

Matikan Always-On Display (iPhone 14 Pro)
image source macrumors.com

Layar menggunakan kecepatan refresh 1Hz untuk menghemat baterai, dan Apple memiliki trik rapi seperti mematikan layar saat Apple Watch yang tersambung tidak lagi berada di dekat Kalian (menandakan bahwa pemilik iPhone‌ sedang berada di luar ruangan) atau iPhone‌ ada di dalam saku , tetapi layar selalu aktif tetap menghabiskan baterai lebih cepat daripada tidak layar selalu aktif.

Kalian dapat mematikan layar selalu aktif dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk Tampilan & Kecerahan.
  3. Nonaktifkan Selalu Aktif.

Tidak terlalu jelas berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh layar yang selalu aktif karena akan bervariasi dari kasus penggunaan ke kasus penggunaan, tetapi meskipun hanya beberapa persen, ada baiknya dimatikan, terutama jika itu bukan fitur yang Kalian temukan berguna.

5. Jangan Gunakan Perpustakaan Foto Bersama iCloud

Perpustakaan Foto Bersama iCloud adalah fitur iOS 16.1 yang memungkinkan Kalian menggunakan Perpustakaan Foto standar bersama lima orang lainnya, dengan semua orang dapat mengunggah, mengedit, dan menghapus gambar. Menggunakan iCloud dapat menyebabkan foto dari orang lain disinkronkan ke iPhone‌ Kalian pada waktu yang tidak tepat, menghabiskan masa pakai baterai.

Jangan Gunakan Perpustakaan Foto Bersama iCloud

Jika Kalian mengkhawatirkan baterai, ini adalah salah satu fitur yang mungkin berguna untuk menghindari penggunaan dengan tidak menyetelnya dan tidak menerima undangan untuk bergabung. Jika Kalian ingin menggunakan Pustaka Foto Bersama iCloud‌ tetapi tetap menghemat penggunaan baterai dan data, Kalian dapat mengaktifkan pengaturan yang hanya mengizinkan sinkronisasi melalui Wi-Fi.

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah ke Foto.
  3. Ketuk Data Seluler.
  4. Nonaktifkan Data Seluler.

Unggahan akan dibatasi ke Wi-Fi, jadi foto yang dibagikan dengan Kalian tidak akan diunduh ke perangkat Kalian saat Kalian hanya memiliki koneksi seluler.

6. Pilih Wallpaper Non-Animasi

Beberapa wallpaper mewah yang ditambahkan Apple dengan iOS 16‌ adalah animasi, dan wallpaper animasi akan menghabiskan sedikit lebih banyak baterai daripada wallpaper statis. Jika Kalian mengoptimalkan dan tidak terlalu peduli dengan animasi, pilih sesuatu yang tidak akan diperbarui sepanjang hari.

Pilih Wallpaper Non-Animasi
image source macrumors.com

Wallpaper Cuaca, misalnya, berubah berdasarkan kondisi, dan opsi Acak Foto bertukar melalui foto yang Kalian pilih di siang hari. Wallpaper Astronomi juga berubah berdasarkan kondisi saat ini.

7. Gunakan Mode Fokus – Tips Hemat Baterai di iOS 16

Menggunakan opsi Fokus bawaan Apple dapat mengurangi jumlah notifikasi yang Kalian terima di siang hari, dan lebih sedikit notifikasi berarti lebih sedikit peluang bagi aplikasi untuk mengaktifkan layar Kalian dan menyebabkan baterai terkuras.

Gunakan Fitur Mode Fokus - Tips Hemat Baterai di iOS 16

Mode Fokus memungkinkan Kalian memilih aplikasi dan orang mana yang dapat mengirimi Kalian notifikasi dan kapan, jadi selama jam kerja Kalian dapat memastikan bahwa Kalian hanya menerima notifikasi kerja, dan selama waktu pribadi, Kalian dapat membatasi notifikasi kerja Kalian. Kalian dapat membatasi notifikasi saat mengemudi, saat tidur, saat berolahraga, dan dalam skenario lain yang dapat Kalian pikirkan. Filter Fokus bahkan memungkinkan Kalian memfilter email, pesan, kalender, dan lainnya.

Kalian masih akan mendapatkan semua notifikasi saat mode Fokus berakhir, tetapi semuanya dalam satu peringatan, bukan beberapa. Mematikan notifikasi yang tidak diinginkan dari aplikasi masih merupakan metode terbaik untuk menghemat masa pakai baterai, tetapi Focus memungkinkan Kalian menyimpan notifikasi sambil tetap mengurangi jumlah yang Kalian terima pada waktu tertentu.

Apple membuat mode Fokus lebih mudah diatur di iOS 16‌, tetapi masih perlu beberapa pekerjaan untuk menjalankan semuanya, jadi kami memiliki panduan Fokus khusus. Kalian dapat menemukan semua fitur Fokus di bagian Fokus pada aplikasi Pengaturan.

8. Gunakan Ringkasan Aplikasi

Penting juga untuk memastikan bahwa aplikasi apa pun yang mengirimkan pemberitahuan yang tidak penting diturunkan ke Ringkasan Aplikasi, yang menyimpan pemberitahuan dan mengirimkannya kepada Kalian sekali atau dua kali sehari. Ringkasan Aplikasi bukan fitur iOS 16‌, tetapi jika Kalian belum menggunakannya, ada baiknya untuk dicoba.

Gunakan Ringkasan Aplikasi
image source macrumors.com

Kalian dapat mengaktifkan Ringkasan Aplikasi untuk aplikasi di bagian Pemberitahuan di aplikasi Pengaturan.

9. Batasi Kapan dan Seberapa Sering Aplikasi Dapat Mengakses Lokasi

Beberapa tips berikut ini tidak spesifik untuk iOS 16, tetapi selalu baik untuk memeriksa pengaturan ini untuk memastikan aplikasi dan layanan tidak melakukan hal yang tidak Kalian inginkan. melakukan.

ios 16 location services
image source macrumors.com

Membatasi aplikasi yang memiliki akses ke lokasi Kalian dan seberapa sering aplikasi dapat mengakses data tersebut dapat menghemat masa pakai baterai.

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Privasi.
  3. Ketuk Layanan Lokasi.
  4. Tinjau daftar dan edit pengaturan dengan mengetuk nama setiap aplikasi dalam daftar.

Kalian memiliki empat kemungkinan pilihan untuk pengaturan lokasi untuk setiap aplikasi, meskipun tidak semua empat pilihan akan selalu tersedia untuk setiap aplikasi tergantung pada fungsinya. Kalian dapat memilih yang berikut: Tidak Pernah, Tanya Lain Kali atau Saat Saya Berbagi, Saat Menggunakan Aplikasi, dan Selalu.

Tidak akan pernah mencegah aplikasi mengakses lokasi Kalian, dan kecuali ada kebutuhan khusus bagi aplikasi untuk mengetahui lokasi Kalian, seperti aplikasi pemetaan, menyetel akses lokasi ke Never adalah pilihan terbaik.

Ask Next Time

Ask Next Time akan meminta aplikasi untuk meminta Kalian dengan popup saat berikutnya menginginkan lokasi Kalian, sehingga Kalian dapat menyetujuinya untuk sementara. Dengan pengaturan ini, akses lokasi dinonaktifkan hingga diizinkan secara tegas melalui munculan.

Saat Menggunakan Aplikasi memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi lokasi Kalian hanya ketika aplikasi terbuka dan sedang digunakan secara aktif. Jika Kalian menutup aplikasi atau beralih ke aplikasi lain, akses lokasi berakhir.

Selalu izinkan aplikasi memiliki akses ke lokasi Kalian setiap saat, terlepas dari apakah itu terbuka atau tertutup. Hal ini akan mengakibatkan baterai terkuras paling banyak dan harus dibatasi hanya pada aplikasi yang paling Kalian butuhkan.

Banyak aplikasi akan meminta informasi lokasi yang tidak benar-benar membutuhkannya untuk berfungsi (misalnya, aplikasi perbankan mungkin ingin akses lokasi untuk menunjukkan ATM terdekat, yang juga tersedia dengan memasukkan kode pos), jadi membersihkan cruft akan memastikan tidak ada aplikasi yang mengakses lokasi Kalian tanpa izin tertulis.

Kalian juga dapat mematikan Layanan Lokasi secara bersamaan, tetapi ini tidak ideal karena dapat memengaruhi aplikasi penting seperti Maps.

10. Batasi Aplikasi Menggunakan Bluetooth – Tips iOS 16

iPhone‌ Kalian memberitahu Kalian saat aplikasi meminta Bluetooth, dan ada beberapa aplikasi yang menginginkan akses Bluetooth untuk pelacakan lokasi, pemindaian perangkat Chromecast, atau alasan lain yang tidak terlalu berguna.

Batasi Aplikasi Menggunakan Bluetooth - Tips iOS 16
image source macrumors.com

Memeriksa aplikasi menggunakan Bluetooth bermanfaat untuk memastikan bahwa Kalian tidak memiliki aplikasi licik yang terhubung ke sumber Bluetooth tanpa izin Kalian dan menguras baterai. Untuk membuka pengaturan Bluetooth:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk Privasi.
  3. Ketuk Bluetooth.

Aplikasi seperti Facebook, HBO Max, Hulu, dan lainnya tidak memerlukan akses Bluetooth untuk sebagian besar, jadi matikan aplikasi apa pun yang tidak memerlukan koneksi Bluetooth untuk berfungsi. Jika fitur dalam aplikasi berhenti berfungsi, Kalian dapat mengaktifkannya kembali.

Menonaktifkan Bluetooth juga merupakan opsi, tetapi digunakan untuk AirPods, Apple Watches, dan aksesori lainnya, jadi mematikannya tidak memungkinkan bagi kebanyakan orang.

11. Gunakan Mode Daya Rendah: Tips dan Trik iOS 16

Menggunakan Mode Daya Rendah secara bebas adalah pilihan yang jelas untuk mempertahankan baterai tanpa harus repot dengan banyak pengaturan, dan Kalian dapat mengaktifkannya dari Pusat Kontrol, aplikasi Pengaturan, atau menggunakan Siri. Mode Daya Rendah mengurangi aktivitas latar belakang, mematikan tampilan Kalian setelah tidak aktif lebih cepat, membatasi kecepatan refresh tampilan, membatasi pengambilan email, mengurangi efek visual, dan banyak lagi.

Gunakan Mode Daya Rendah: Tips dan Trik iOS 16
image source macrumors.com

Mode Daya Rendah dapat diatur untuk menyala pada persentase baterai tertentu menggunakan Pintasan, yang merupakan cara praktis untuk mengaktifkannya secara otomatis saat Kalian membutuhkannya.

12. Gunakan Wi-Fi dan Mode Pesawat

Jika memungkinkan, sebaiknya sambungkan ke Wi-Fi untuk memaksimalkan masa pakai baterai, dan ini adalah salah satu kiat menghemat baterai yang ditawarkan Apple. Di rumah atau di kantor, pastikan Kalian terhubung ke Wi-Fi daripada menggunakan sinyal seluler.

Gunakan Wi-Fi dan Mode Pesawat
image source macrumors.com

Jika Kalian berada di area tanpa Wi-Fi dan Kalian tahu bahwa sinyal seluler Kalian lemah, aktifkan Mode Pesawat atau matikan sambungan seluler agar tidak menguras baterai saat mencoba menyambungkan. Ini tentu saja hanya berfungsi ketika Kalian tidak memerlukan koneksi seluler pada saat itu, tetapi ini dapat berdampak besar dan Kalian mungkin tidak dapat berbuat banyak dengan sinyal rendah.

13. Kelola Aplikasi yang Menguras Baterai di iOS 16

iPhone‌ Kalian memberitahu Kalian aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai sehingga Kalian dapat memastikan tidak ada yang secara diam-diam menguras baterai Kalian tanpa sepengetahuan Kalian. Kalian dapat memeriksa statistik penggunaan baterai dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mengetuk bagian Baterai.

Kelola Aplikasi yang Menguras Baterai di iOS 16
image source macrumors.com

Bagan penggunaan baterai memungkinkan Kalian melihat tingkat baterai selama 24 jam terakhir atau selama 10 hari terakhir, ditambah Kalian dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan masa pakai baterai. Jika ada aplikasi yang tidak Kalian perlukan yang menghabiskan banyak baterai, hapus aplikasi tersebut. Jika Kalian memang membutuhkan aplikasi tersebut, moderasikan seberapa sering Kalian menggunakannya dan izin apa yang dimilikinya seperti lokasi.

14. Batasi Aktivitas Latar Belakang

Hampir semua aplikasi menggunakan penyegaran latar belakang untuk memperbarui bahkan saat tidak dibuka, dan aktivitas latar belakang yang terbatas dan penyegaran latar belakang adalah pilihan favorit lama untuk mengurangi penggunaan baterai.

Batasi Aktivitas Latar Belakang
image source macrumors.com

Kalian dapat menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang secara bersamaan atau memilih aplikasi mana yang dapat disegarkan di latar belakang.

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Umum.
  3. Pilih Penyegaran Aplikasi Latar Belakang.

Dari sini, Kalian dapat mengetuk opsi Penyegaran Aplikasi Latar Belakang lagi untuk mematikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang secara bersamaan atau memilih untuk mengaktifkannya hanya saat terhubung ke WiFi, yang tidak menghabiskan baterai sebanyak mengunduh melalui seluler.

Kalian juga dapat memilih untuk mengaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang hanya untuk aplikasi yang paling sering Kalian gunakan dengan mengetuk saklar di sebelah setiap aplikasi dalam daftar.

15. Ubah Pengaturan Aplikasi Mail Kalian – 15 Tips iOS 16

Seiring dengan mematikan Background Refresh, mengubah kapan dan seberapa sering aplikasi Mail memeriksa email baru dapat menghemat baterai Kalian.

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk Email.
  3. Ketuk Akun.
  4. Ketuk “Ambil Data Baru” di bagian bawah.mailfetch

Dari sini, Kalian dapat mematikan Push (yang memungkinkan Kalian segera mengetahui saat pesan email baru tersedia) dan menyesuaikan pengaturan Ambil per akun untuk akun yang tidak mendukung Push (seperti akun Gmail).

Menyesuaikan pengaturan Ambil agar memiliki interval yang lebih lama sebelum memeriksa pesan baru dapat membantu menghemat masa pakai baterai, seperti menonaktifkan Ambil semua bersama-sama demi pemeriksaan manual yang akan mengunduh pesan baru hanya ketika aplikasi Mail dibuka.

Kalian dapat memilih pengaturan berikut: Secara Otomatis, Secara Manual, Setiap Jam, Setiap 30 Menit, dan Setiap 15 Menit.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menghemat masa pakai baterai, dan sayangnya, semua yang Kalian gunakan untuk ponsel akan menguras baterai. Jadi ini semua tentang menemukan apa yang cocok untuk Kalian, apa yang tidak Kalian perlukan, dan di mana Kalian dapat berkompromi untuk memperpanjang masa pakai baterai seperti di iOS 16.

By AppsJog