iOS 16 Semua Fitur Baru dan Keren Hadir di iPhone Kalian

Apple memberikan pratinjau pertama iOS 16 pada konferensi pengembangnya pada bulan Juni. Kisah ini adalah bagian dari Focal Point iPhone 2022, kumpulan berita, kiat, dan saran AppleJogja seputar produk Apple yang paling populer.

Apa yang terjadi

Apple akan segera merilis iOS 16, versi utama berikutnya dari perangkat lunak Teleponnya, tetapi Kalian dapat menguji versi beta publik sebelum perangkat lunak resmi keluar.

Mengapa penting

iOS 16 akan segera diluncurkan ke model iPhone 8 dan yang lebih baru. Ini akan mencakup pembaruan besar seperti layar kunci yang disesuaikan dan kemampuan untuk mengedit dan “membatalkan pengiriman” teks iMessage.

Apa selanjutnya

Apple kemungkinan akan mengumumkan detail resmi pada iOS 16 dan rilisnya di acara “Far Out” pada 7 September.

Sejak Apple mengumumkan iOS 16 — perangkat lunak yang menggerakkan iPhone — pada keynote WWDC pada bulan Juni , perusahaan telah merilis versi beta pengembang dan pengguna. Beta publik keenam dan terbaru Apple untuk iOS 16 menghadirkan kembali fitur yang sangat dirindukan untuk beberapa pengguna iPhone – angka persentase dalam simbol baterai yang menunjukkan daya baterai iPhone Kalian secara tepat.

Seiring dengan rumor iPhone 14, iOS 16 kemungkinan akan diluncurkan ke orang-orang dengan iPhone yang kompatibel segera setelah acara “Far Out” Apple pada hari Rabu. 

Kami tidak tahu semua yang akan disertakan oleh perangkat lunak akhir, tetapi iOS beta menunjukkan beberapa peningkatan yang berfokus pada komunikasi, personalisasi, dan privasi. Perubahan besar akan datang ke layar kunci iPhone, aplikasi Pesan, dan Wallet, tetapi fitur yang kurang dikenal yang bersembunyi di iOS 16 juga layak untuk dicoba. 

SVP Apple Craig Federighi hadir di WWDC 2022 di depan logo iOS 16
image source cnet.com

Perangkat lunak baru akan bekerja pada model iPhone 8 dan yang lebih baru. Inilah setiap fitur iOS 16 yang harus Kalian ketahui. Untuk lebih lanjut, lihat Apple Watch Series 8 baru. Jika Kalian penasaran dengan apa lagi yang akan diumumkan Apple di acara hari ini. 

Sunting dan Pesan ‘Batalkan Kirim’

“Kesalahan ketik yang memalukan adalah sesuatu dari masa lalu,” kata SVP Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi saat ia memperkenalkan tiga fitur yang paling banyak diminta untuk aplikasi Pesan.

Pertama, di iOS 16 Kalian dapat mengedit pesan terkirim. Jadi, jika Kalian melihat kesalahan ketik setelah sebuah pesan, Kalian dapat mengedit pesan setelahnya. Sebuah “diedit” kecil muncul di status di bawah pesan.

Tangkapan layar aplikasi iOS 16 Messages yang menunjukkan yang telah diedit
image source cnet.com

Di Pesan, Kalian dapat mengedit pesan yang dikirim sebelumnya.

Selanjutnya, dan ini mungkin fitur baru favorit saya, Kalian dapat segera mengingat pesan terkirim. Jika Kalian secara tidak sengaja mengirim pesan yang belum selesai, Kalian dapat menggunakan alat Undo Send untuk mencegahnya terbaca dan mudah-mudahan terlihat tidak terlalu kacau bagi teman dan keluarga Kalian.

Terakhir, Kalian dapat menandai pesan dan utas sebagai belum dibaca. Ini bisa menjadi alat yang sangat baik ketika Kalian tidak punya waktu untuk menanggapi pesan pada saat itu, tetapi ingin memastikan Kalian kembali lagi nanti.

Layar Kunci Baru yang Dapat Disesuaikan

Salah satu hal yang paling sering Kalian lihat di iPhone adalah layar kunci, terutama jika Kalian memiliki iPhone yang dilengkapi Face ID. iOS 16 menghadirkan pembaruan paling substansial ke layar kunci iPhone . Tekan dan tahan untuk mengedit layar kunci Kalian. Kalian dapat menggesek untuk mencoba beberapa gaya berbeda. Setiap gaya mengubah filter warna untuk foto latar belakang dan font di layar kunci sehingga semuanya saling melengkapi. Ini terasa seperti Apple mengambil Google Material You, yang diluncurkan dengan Android 12.

Kalian juga dapat menyesuaikan font untuk waktu dan tanggal, dan menambahkan widget layar kunci seperti suhu, cincin aktivitas, dan kalender. Widget mirip dengan komplikasi pada layar kunci Apple Watch. 

iPhone Kalian akan menjadi lebih dapat disesuaikan di iOS 16. Kalian akan dapat memilih tampilan layar kunci Kalian, hingga font dan warnanya.

Kalian bahkan dapat mengatur beberapa layar kunci yang disesuaikan dengan widget yang berbeda dan dengan mudah menggesek untuk beralih di antara mereka. Ada juga opsi pengocokan foto yang secara otomatis mengubah gambar di layar kunci Kalian.

Salah satu fitur yang kami harap dapat ditambahkan oleh Apple adalah tampilan yang selalu aktif. Ini adalah sesuatu yang dimiliki hampir semua ponsel Android; bahkan Apple Watch melakukannya. Ada harapan iPhone 14 akan memilikinya.

Tangkapan layar alat Aktivitas Langsung di bagian bawah layar kunci
image source cnet.com

iOS 16 menambahkan fitur yang dapat digunakan pengembang yang disebut Aktivitas Langsung. Ini pada dasarnya adalah tampilan mini dari kemajuan waktu nyata dari latihan, acara olahraga, atau perjalanan Uber dari layar kunci iPhone Kalian.

Notifikasi dan Aktivitas Langsung – Fitur Baru iOS 16

Terkadang notifikasi dapat menutupi foto layar kunci Kalian, jadi iOS 16 memindahkan notifikasi ke bagian bawah layar Kalian. Saat Kalian menerimanya, alih-alih dikompilasi ke dalam daftar, mereka muncul seperti korsel vertikal. Ini tidak hanya terlihat lebih baik tetapi harus menjadi bantuan besar untuk penggunaan satu tangan dari iPhone Kalian.

iOS 16 juga bertujuan untuk memecahkan masalah notifikasi lainnya. Terkadang Kalian mendapatkan banyak notifikasi berturut-turut dari satu aplikasi, seperti skor pertandingan bola basket. Alat baru untuk pengembang yang disebut Aktivitas Langsung memudahkan untuk tetap mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time dari layar kunci Kalian, daripada mendapatkan serangkaian gangguan.

Aktivitas Langsung harus memudahkan untuk mengikuti acara olahraga, latihan, atau bahkan kemajuan perjalanan Uber.

Lewati CAPTCHA Menggunakan Token Akses Pribadi

CAPTCHA — yang merupakan singkatan dari Tes Turing Publik Sepenuhnya Otomatis untuk membedakan Komputer dan Manusia — telah menjadi kejahatan yang diperlukan di internet. CAPTCHA dirancang untuk memastikan bahwa seseorang mengakses situs web atau layanan, dan bukan bot. Saya menemukan mereka menjengkelkan, karena mereka sering melibatkan membaca surat-surat aneh tertulis atau harus menemukan semua gambar yang memiliki truk. Dengan iOS 16, Apple berencana untuk mulai mengganti interaksi canggung ini dengan Token Akses Pribadi.

Menurut sebuah video di situs web Apple yang mendemonstrasikan Token Akses Pribadi, situs web yang mendukung token pada dasarnya akan masuk dan mengautentikasi bahwa Kalian memang manusia tanpa harus memainkan game CAPTCHA yang biasa. Apple mengatakan dalam video bahwa perusahaan bekerja dengan perusahaan lain untuk meluncurkan dukungan untuk fitur ini, jadi kami tidak dapat mengatakan bahwa CAPTCHA akan mati setelah iOS 16 diluncurkan ke publik. Tapi konsep itu bisa memberikan sedikit kelegaan jika diadopsi.

Wallet dan Apple Pay Later

dari lebih banyak negara bagian akan tersedia di aplikasi Wallet Kalian bersama dengan lebih banyak fitur keamanan dan privasi. Di iOS 16 Kalian juga dapat melindungi identitas dan usia Kalian. Jadi, alih-alih menampilkan tanggal lahir Kalian yang tepat, aplikasi Wallet akan menampilkan ID Kalian dan bahwa Kalian berusia di atas 21 tahun.

iOS 16 mempermudah berbagi kunci dengan aplikasi seperti Mail dan Pesan. Saat teman Kalian menerima kunci, mereka dapat menambahkannya ke aplikasi Wallet di iPhone mereka. Apple mengatakan sedang bekerja untuk memastikan bahwa kunci bersama adalah standar industri dan gratis untuk orang lain.

Tangkapan layar kartu di aplikasi Wallet untuk iOS 16
image source cnet.com

Aplikasi Wallet di iOS 16 mendapatkan banyak pembaruan kecil namun penting, termasuk paket pembayaran Apple Pay Later.

Apple Pay akan mendukung jenis pembayaran baru dan menambahkan fitur baru yang disebut Apple Pay Later, layanan mirip Klarna yang memungkinkan Kalian membagi biaya pembelian Apple Pay menjadi empat pembayaran yang sama yang tersebar selama enam minggu, tanpa bunga dan tanpa biaya. Pembayaran yang akan datang dikelola melalui aplikasi Wallet, sehingga memudahkan untuk melacak tanggal dan pembayaran.

Tapi Apple Pay tidak berhenti di situ. Sebuah fitur baru juga akan membantu Kalian melacak pesanan Apple Pay dan memungkinkan pedagang mengirimkan tanda terima terperinci dan informasi pelacakan. Hal ini akan mempermudah Kalian untuk tetap mengetahui status semua pesanan Kalian.

Tangkapan layar utas di Pesan tempat potongan anjing ditambahkan
image source cnet.com

Kalian dapat mengetuk dan menahan subjek foto dan memisahkannya dari latar belakang. Kemudian Kalian dapat menyeretnya ke aplikasi lain seperti Pesan untuk membagikannya.

Visual Look Up Ketuk dan Seret untuk Foto

Di iOS 15, Visual Look Up menganalisis foto Kalian dan dapat mengidentifikasi objek seperti tanaman, tengarai, dan hewan peliharaan. iOS 16 membawa ini ke tingkat berikutnya. Saat Kalian menyentuh subjek foto seperti anjing pada gambar di atas, Kalian dapat mengangkatnya dari latar belakang dan menambahkannya ke aplikasi seperti Pesan. Pada dasarnya ini adalah alat ketuk dan tahan yang menghapus latar belakang foto.

Apple terkadang menggunakan kata “ajaib” secara berlebihan, tetapi fitur ini benar-benar terlihat seperti itu.

Craig Federighi memperkenalkan SharePlay di Pesan di depan layar raksasa
image source cnet.com

Selama keynote untuk WWDC, eksekutif Apple Craig Federighi memperkenalkan SharePlay untuk aplikasi Pesan.

SharePlay Hadir di Pesan – Fitur Baru iOS 16

SharePlay, yang memulai debutnya di iOS 15, memungkinkan Kalian memiliki pengalaman bersama saat terhubung dengan seseorang melalui FaceTime. Kalian dapat menonton acara TV, mendengarkan musik secara sinkron, dan hal lainnya. iOS 16 menambahkan kemampuan untuk menemukan lebih banyak aplikasi yang mendukung SharePlay dari dalam FaceTime.

Tapi mungkin salah satu hal paling keren yang dilakukan Apple untuk SharePlay adalah membuatnya bekerja di dalam aplikasi Pesan. Apple mengatakan bahwa ini adalah salah satu permintaan terbesar dari pengembang aplikasi. Sekarang ketika Kalian ingin berbagi film di Disney Plus, Kalian dapat memulai SharePlay bersama teman sambil mengobrol di Pesan.

Seorang eksekutif Apple menyajikan fitur Pemeriksaan Keamanan selama keynote WWDC
image source cnet.com

Pemeriksaan Keamanan memungkinkan Kalian dengan cepat mengatur ulang berbagi lokasi dan akses ke kata sandi. Ini dimaksudkan untuk membantu orang-orang dalam hubungan yang kasar.

Pemeriksaan Keamanan Bertujuan untuk Membantu Orang dalam Hubungan

Pemeriksaan Keamanan adalah fitur baru yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang dalam hubungan yang kasar. Ini memungkinkan Kalian meninjau dan mengatur ulang siapa yang memiliki akses ke informasi lokasi serta kata sandi, pesan, dan aplikasi lain di iPhone.

Pembaruan Mode Fokus dan Filter

Fokus Mode fokus mendapat beberapa pembaruan. Yang pertama menerapkan perilaku Fokus ke widget dan tampilan layar kunci. Jadi Kalian bisa mengatur satu layar kunci saat Fokus Kerja Kalian diaktifkan dan satu lagi untuk latihan.

Apple menambahkan filter Fokus khusus yang menerapkan mode Fokus iPhone Kalian di dalam aplikasi. Misalnya, di Safari, Kalian dapat membatasi tab apa yang ditampilkan tergantung pada mode Fokus yang Kalian aktifkan.

Apple Maps Menambahkan Kartu Tarif Transit

Peta akan mendapatkan beberapa pembaruan. Kalian akan dapat merencanakan perjalanan dengan hingga 15 perhentian berbeda di sepanjang jalan. Jika Kalian mulai merencanakan perjalanan dengan app Peta di Mac, Kalian dapat membagikannya ke iPhone.

Dan dalam sesuatu yang mirip dengan apa yang diumumkan Google untuk Google Wallet di Android 13, Kalian akan dapat melihat perkiraan tarif transit serta menambahkan lebih banyak uang ke kartu tarif dari dalam Apple Maps.

Craig Federighi memamerkan fitur Mulai Cepat baru selama keynote WWDC
image source cnet.com

Di iOS 16, Kalian dapat menyesuaikan Mulai Cepat dengan kontrol dan pengaturan orang tua iCloud anak tertentu.

Fitur Baru iCloud – Fitur Baru iOS 16

iCloud mendapatkan beberapa fitur baru. Salah satu yang lebih menarik adalah opsi untuk menyiapkan perangkat baru dengan cepat untuk anak Kalian. Saat Mulai Cepat muncul, Kalian memiliki opsi untuk memilih pengguna untuk perangkat baru dan menggunakan semua kontrol orang tua yang ada yang telah Kalian pilih dan konfigurasikan sebelumnya. Namun, ini bukan yang banyak dari kita inginkan: kemampuan untuk mengatur pengguna terpisah untuk perangkat yang sama.

Ada daftar periksa keluarga baru dengan tips untuk memperbarui pengaturan untuk anak-anak Kalian seiring bertambahnya usia, seperti pengingat untuk memeriksa pengaturan berbagi lokasi atau berbagi langganan iCloud Plus Kalian.

By AppsJog