Kamera dan Video iPad Mini 6

iPad Mini 6: Saya telah menggunakan Apple yang didesain ulang secara dramatis iPad Mini selama sekitar dua bulan sekarang, dan kesimpulan terbesar saya adalah perangkat yang hebat untuk membaca dan mencatat. Tapi seperti yang akan Kalian lihat di ulasan penggunaan lama iPad mini 6 saya, ini bukannya tanpa kompromi.

Meskipun iPad mini 2021 bukan tanpa kekurangannya, kekuatannya – yaitu, portabilitas dan kemampuan pound-for-pound – telah menjadikannya bagian integral dari alur kerja saya. Haruskah Kalian mempertimbangkan menjadikannya bagian dari kumpulan teknologi Kalian? Apakah itu sepadan dengan kenaikan harga $100 dibandingkan model yang keluar? Tonton video langsung saya saat saya membahas manfaat tablet berukuran pint Apple setelah beberapa lama digunakan.

Hal-hal yang Jelas

iPad mini generasi ke-6 sangat kecil, tetapi itu langsung terlihat jelas. Tablet ini lebih pendek dari iPad mini generasi ke-5, sesuai dengan faktor bentuk yang lebih ringkas, namun memiliki layar yang lebih besar (8,3 inci) dengan resolusi lebih tinggi dari pendahulunya (7,9 inci).

Peningkatan ukuran layar ini di dalam faktor bentuk yang lebih kecil bukanlah fenomena baru untuk perangkat Apple modern, dan ini adalah salah satu yang pernah kami lihat sebelumnya dalam desain ulang iPhone dan tablet iPad yang lebih besar. Apa yang disebut tampilan tepi-ke-tepi memungkinkan untuk menjejalkan area layar yang lebih besar di dalam area permukaan yang lebih kecil, yang berkontribusi pada peningkatan portabilitas perangkat. Konon, iPad mini sedikit lebih tebal dari model sebelumnya, dan menghindari tepi meruncing yang sebelumnya membantu menutupi ketebalan demi tepi yang rata.

iPad Mini 6 – Tidak Ada Pengganti Portabilitas
image source 9to5mac.com

Apple menawarkan iPad mini 6 dalam empat warna, termasuk warna cahaya bintang yang menonjol, seperti campuran halus emas dan perak. Rona tambahan termasuk merah muda, ungu, dan, tentu saja, ruang abu-abu yang berdebu dan usang.

Video: Tinjauan Penggunaan Lama iPad Mini 6

Seperti semua desain ulang perangkat iOS Apple baru-baru ini, tombol Beranda telah dikesampingkan demi antarmuka berbasis sentuhan murni. Seperti desain ulang iPad Air tahun lalu, iPad mini terbaru memindahkan sensor biometrik Touch ID ke tombol Samping/Atas.

Youtube.com

Meskipun Touch ID berfungsi dengan cukup baik, ini memerlukan sedikit senam jari, tergantung pada orientasi perangkat. Menggunakan Touch ID di iPad mini 6 masih terasa tidak alami bagi saya bahkan setelah menggunakan tablet selama beberapa bulan terakhir. Sejujurnya, Touch ID di perangkat iOS terasa kuno setelah menggunakan model iPhone dan iPad Pro dengan Face ID selama beberapa tahun terakhir.

Dan setelah menggunakan iPad Pro 2021 dan sekarang iPhone 13 Pro Max secara teratur, salah satu hal tentang iPad mini yang menonjol adalah kurangnya ProMotion. ProMotion adalah nama pemasaran Apple untuk teknologi kecepatan penyegaran variabelnya, yang dapat meningkatkan atau mengurangi kecepatan penyegaran tampilan sesuai dengan apa yang terjadi di layar.

Salah satu manfaat utama ProMotion, selain dampak yang lebih kecil pada masa pakai baterai saat laju penyegaran melambat, adalah pengalaman super mulus saat menelusuri situs web dan dokumen yang padat teks. Di layar iPad mini, kurangnya ProMotion membuat teks tampak buram saat digeser, belum lagi efek yang disebut gulungan jeli itu umum pada layar LCD.

Dari semua kekurangan iPad mini jika dibandingkan dengan saudaranya yang lebih besar, ProMotion adalah fitur yang paling saya rindukan sejauh ini. Bahkan setelah penggunaan yang lama dengan iPad mini, kurangnya ProMotion masih terlihat jelas saat menggeser teks.

Pembaca Elektronik yang Solid

iPad Mini 6 Tidak Ada Pengganti Portabilitas
image source youtube.com

Dengan berat hanya 0,65 pon (model Wi-Fi), iPad mini kelas bulu, dengan tinggi 7,69 inci, lebar 5,3 inci, dan tebal 0,25 inci, adalah pembangkit tenaga listrik portabel. Bandingkan dengan iPhone 13 Pro Max yang berbobot 0,52 pon, dan mudah untuk melihat mengapa iPad mini generasi ke-6 menjadi mercusuar produktivitas portable.

Yang paling saya hargai dari iPad mini adalah seberapa seimbangnya. Cara penyebaran 0,65 pon ke seluruh perangkat membuat tablet mudah dipegang dengan satu tangan – bahkan hanya dengan beberapa jari – yang membuatnya bekerja dengan baik untuk sesi membaca yang diperpanjang.

Selama dua bulan terakhir, saya telah menggunakan iPad mini sebagai perangkat membaca penuh waktu saya, menggunakannya untuk mengejar umpan Feedbin, eBuku, artikel situs web, Apple News+, dll. Seseorang dapat memperdebatkan manfaat e- teknologi tinta ditemukan di perangkat Kindle melalui teknologi LCD, tetapi ini adalah perangkat membaca yang saya sukai karena kekayaan kemampuannya dikombinasikan dengan layar yang relatif besar dalam sasis yang ringkas dan ringan.

Menulis, Mencatat, dan Seni

Selain untuk membaca, iPad mini 6 juga menjadi perangkat pencatat yang lebih mumpuni, berkat kehadiran Apple Pencil generasi kedua yang mendukung. Untuk lebih jelasnya, iPad mini generasi ke-5 sebelumnya juga mendukung Apple Pencil, tetapi hanya untuk Apple Pencil generasi pertama yang lebih tua dan bergaya bulat.

Salah satu masalah terbesar dengan Pensil Apple pertama adalah sulit untuk mengikuti kecuali Kalian memiliki casing yang menyertakan saku untuk penyimpanan. Apple Pencil generasi kedua menampilkan fungsionalitas yang disempurnakan, tetapi yang paling penting, secara magnetis menempel di sisi panjang iPad mini untuk penyimpanan, dan untuk memfasilitasi pemasangan dan pengisian ulang. Memiliki Pensil Apple yang terpasang di sisi iPad mini berarti selalu tersedia, yang sangat meningkatkan kemungkinan untuk benar-benar digunakan.

Tidak seperti model iPad yang lebih besar, iPad mini tidak bagus untuk pengetikan bentuk panjang, karena tidak ada keyboard pihak pertama yang dapat dipasang, dan keyboard virtual terlalu kecil untuk proyek bentuk panjang. Namun sekali lagi, ini berfungsi untuk mengangkat nilai Apple Pencil yang bisa digunakan untuk input teks menggunakan fitur iPadOS seperti Scribble.

Sepanjang bulan lalu, saya mendapati diri saya menggunakan Apple Pencil untuk menulis catatan, membuat anotasi skrip video, dan membuat papan cerita untuk ide video yang akan datang di aplikasi Notes. Artis mungkin sangat menikmati kanvas digital portabel menggunakan aplikasi populer seperti Procreate, Linea Sketch, Affinity Designer, dan banyak lagi.

Memang, iPad mini tidak memiliki ruang layar untuk seseorang yang mungkin menginginkan tablet terutama untuk seni, tetapi portabilitasnya menjadikannya teman perjalanan yang hebat bagi para seniman yang sering menemukan diri mereka terinspirasi saat bepergian.

Fleksibilitas USB-C

Salah satu tambahan baru terbesar yang hadir di iPad mini adalah adopsi konektivitas USB-C. USB-C tidak hanya digunakan untuk mengisi ulang iPad mini, tetapi juga dilengkapi konektivitas USB 3.1 (Gen 1) 5Gbps yang lebih cepat untuk pembongkaran foto dan video dengan cepat. Ini tidak sekuat iPad Pro, yang menampilkan konektivitas Thunderbolt yang lebih cepat dan bekerja dengan rangkaian produk yang lebih luas, tetapi bahkan USB 3.1 lama yang sederhana membuka serangkaian opsi periferal dengan kecepatan yang lebih bermanfaat.

Dengan satu kabel USB-C, Kalian dapat dengan mudah menyambungkan drive eksternal, mikrofon, antarmuka audio, dan lainnya. Memiliki fleksibilitas semacam ini di I/O menghilangkan hambatan alur kerja yang terkait dengan iPad yang menggunakan konektor Lightning Apple yang lambat dan usang. Khusus untuk fotografer dan videografer, yang secara rutin mengunggah foto dan video, keberadaan konektor USB-C yang ada di mana-mana membuat perbedaan besar dalam produktivitas.

iPadOS 15 juga tidak boleh diabaikan di area ini, karena fitur peningkatan ke antarmuka transfer file, dengan statistik sisa waktu seperti Finder yang jelas-jelas terinspirasi oleh Mac. Memiliki wawasan yang lebih baik tentang transfer file yang sedang berlangsung sangat berharga saat mentransfer file besar ke dan dari iPad mini.

Kamera dan Video iPad Mini 6

Kamera dan Video iPad Mini 6
image source youtube.com

Kamera 12MP ƒ/1.8 di iPad mini 6 menghadirkan peningkatan yang signifikan dibandingkan kamera 8MP ƒ/2.4 di iPad mini 5. Bagian kamera tidak hanya menampilkan peningkatan resolusi 50%, tetapi juga mengumpulkan lebih banyak cahaya, sehingga menghasilkan foto dan video lebih bersih dengan lebih sedikit noise. Ukuran iPad mini yang kecil membuatnya lebih mudah untuk memotret daripada iPad yang lebih besar. Saya tidak secara teratur mengambil foto atau video di iPad saya, tetapi dalam keadaan darurat, dan yang lebih penting, dengan kondisi pencahayaan yang tepat, itu cukup bisa dilakukan.

Seperti pendahulunya langsung, layar iPad mini 6 Liquid Retina memaksimalkan kecerahan 500 nits, artinya tidak mendukung pemutaran video HDR. Ini tidak akan menjadi masalah besar bagi kebanyakan orang, tetapi bagi saya, seseorang yang mendalami alur kerja HDR, ini adalah salah satu hal pertama yang saya perhatikan tentang tampilan iPad mini, dan masih ada sesuatu yang saya lewatkan setelah penggunaan yang lama.

Kurangnya kemampuan kecerahan juga berarti video HDR yang direkam pada iPhone 13 atau iPhone 12 tidak dapat diputar ulang dalam pencahayaan HDR penuh saat dilihat di iPad mini 6. Sekali lagi, ini mungkin bukan masalah besar bagi sebagian besar orang, tetapi itu akan segera diperhatikan oleh orang-orang yang peduli dengan hal-hal seperti itu.

Dukungan Center Stage iPad Mini 6

Mengenai kamera, salah satu teknologi yang paling mengesankan adalah dukungan Center Stage dengan kamera depan. Panggung Tengah, yang dirancang khusus untuk panggilan video seperti FaceTime dan bahkan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom, secara otomatis menggeser kamera agar Kalian tetap berada di tengah bingkai. Saat Kalian bergerak di sekitar bingkai, kamera bergerak bersama Kalian, dan saat beberapa orang muncul di dalam bingkai, kamera akan memperkecil untuk memastikan setiap subjek terwakili dengan baik.

Jelas, tidak ada kamera bergerak dengan panjang fokus variabel di dalam iPad mini, jadi Apple membuat efek Panggung Tengah terjadi melalui kamera yang lebih lebar, trik perangkat lunak yang cerdas, dan pembelajaran mesin yang ditenagai oleh Neural Engine A15 Bionic yang lebih cepat. Ini dimulai dengan kamera 12MP ultra lebar baru dengan bidang pandang 122 derajat, dibandingkan dengan kamera 7MP sudut lebar yang ditemukan di model iPad mini sebelumnya.

Berkat peningkatan besar dalam bidang pandang dan resolusi yang lebih besar, Center Stage dapat menangkap area pemandangan yang lebih luas dan menggunakan pembelajaran mesin untuk menggeser bingkai secara digital tanpa kehilangan resolusi yang drastis. Meskipun saya yakin fitur ini akan menjadi tipu muslihat saat pertama kali mencobanya di iPad Pro, saya akhirnya menyukainya. Ini memberikan tampilan dan nuansa yang dinamis pada panggilan video yang membuatnya tidak terlalu statis dan robotik, dan saya sangat menghargai ini selama kebangkitan panggilan video yang telah dialami dunia baru-baru ini.

Yang lainnya

Di masa lalu, saya biasanya memulai ulasan iPad saya dengan mengoceh tentang kinerja dan berbicara tentang sistem terbaru pada sebuah chip. Namun, setelah menggunakan iPad mini selama lebih dari sebulan, spesifikasi cenderung menurun, dan kegunaan keseluruhan menjadi yang terdepan.

iPad mini 6 merupakan langkah maju yang besar dalam performa dibandingkan model generasi ke-5. Dan, seperti yang disebutkan, iPad mini memang sedikit lebih cepat dari saudaranya yang lebih besar, iPad Air.

Dengan kinerja GPU A15 Bionic yang sedikit meningkat dibandingkan A14 di iPad Air, sebagian besar game Apple Arcade berjalan dengan baik, tetapi hampir tidak ada yang boleh membeli iPad mini hanya sebagai mesin game. Mempertimbangkan bahwa iPad mini entry-level dengan penyimpanan 64GB menghabiskan biaya sebanyak konsol andalan modern, itu bukan pembelian yang baik untuk tujuan itu. Namun, jika bermain game adalah kasus penggunaan sekunder, iPad mini menjadi mesin game portable yang solid, terutama bagi mereka yang berlangganan Apple Arcade.

Untuk menonton video dan bahkan mengedit video melalui aplikasi seperti iMovie dan LumaFusion, iPad mini 6, dengan layar 8,3 inci, memberikan pengalaman yang lebih baik daripada iPhone 13 Pro Max, misalnya. Tetapi iPad mini hanya tersedia dalam konfigurasi 64GB atau 256GB, yang dapat terisi dengan cepat saat bekerja dengan video ProRes dengan fidelitas tinggi. Berpasangan dengan kecerahan maksimum 500 nits, dan jelas bahwa Apple menganggap editor video yang serius harus memilih tablet yang ditunjuk pro sebagai gantinya.

Speaker

Beberapa hal lainnya: Ada speaker stereo, yang tersedia saat perangkat diorientasikan ke mode lanskap. Speakernya tidak berada di dekat level iPad Pro, tetapi cukup bagus untuk perangkat berukuran pint. Namun, Kalian kehilangan akses ke jack headphone 3.5mm yang ditemukan di iPad mini sebelumnya. Meskipun penghilangan ini tidak akan mempengaruhi sebagian besar pengguna, jika Kalian memiliki alur kerja yang telah dicoba dan benar yang bergantung pada jack headphone, ada baiknya mempertimbangkan sebelum membeli.

Konektivitas 5G juga merupakan opsi, meskipun saya membeli model khusus Wi-Fi. Apple membebankan premi $150 yang lumayan untuk kemampuan 5G, yang tidak dapat saya benarkan berdasarkan cara saya menggunakan iPad mini saya. Dengan demikian, ada rasa kebebasan tertentu yang Kalian dapatkan dari iPad berkemampuan seluler, belum lagi iPad berkemampuan seluler 5G yang lebih cepat. Jika Kalian berencana menggunakan mini secara teratur saat bepergian, memilih model seluler sangat masuk akal.

Kesimpulan iPad Mini 6

Dukungan Center Stage iPad Mini 6
image source youtube.com

iPad mini 6 adalah tablet portabel terbaik yang ada di pasaran saat ini. Ini adalah perangkat portabel yang dapat melakukan semuanya dengan baik, tetapi belum tentu luar biasa di satu area. Misalnya, ini adalah perangkat membaca yang luar biasa karena layarnya yang besar dan desainnya yang ringan dan seimbang, tetapi menderita karena kurangnya ProMotion. Dan layarnya lebih besar dari iPad mini 5, tetapi tidak ada lompatan dalam ketelitian, warna, atau kecerahan layar.

Ini juga merupakan solusi video seluler yang kuat, tetapi tidak memiliki tingkat penyimpanan kelas atas, konektivitas Thunderbolt yang lebih mumpuni, dan pemutaran HDR.

Satu hal yang gagal saya sebutkan adalah masa pakai baterai, yang disebut-sebut oleh Apple mampu sepanjang hari. Saya tidak menggunakan iPad mini saya dengan cara itu selama berjam-jam, tetapi satu kali pengisian daya secara teratur membuat saya bertahan selama beberapa hari untuk membaca dan mencatat secara intens. Saya sangat puas dengan masa pakai baterainya, dan menurut saya jika ekspektasi Kalian masuk akal, Kalian juga akan puas.

Satu area di mana iPad mini sangat unggul adalah dalam kemampuan mencatatnya, sebagian besar berkat dukungan untuk Pensil Apple generasi ke-2, yang menempel secara magnetis ke sisi tablet. Namun demikian, ia tidak memiliki ruang layar yang mungkin diinginkan oleh beberapa seniman dan pencatat.

Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, iPad mini adalah perangkat luar biasa untuk portabilitas, dan ini benar-benar satu-satunya pilihan bagi mereka yang mencari tablet portabel dengan dukungan perangkat lunak terkemuka di kelasnya, yang dapat melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan oleh saudara dan sepupunya yang lebih kuat. Namun, dengan portabilitas itu muncul kompromi di berbagai bidang. Secara pribadi, saya sangat bersedia menerima kompromi tersebut, karena tidak ada yang mendekati iPad mini dalam faktor bentuk yang sebanding.

Karena iPad mini mudah dibawa, saya merasa lebih rela membawanya saat bepergian, karena mengapa tidak? Ini dapat dengan mudah masuk ke dalam kotak sarung tangan atau konsol tengah saya saat tidak digunakan. Saya bahkan bisa memasukkannya dengan mudah ke dalam saku jaket yang terlalu besar. Karena distribusi ukuran dan beratnya, saya juga merasa lebih suka menggunakannya daripada iPad Pro saat membaca di tempat tidur.

Meskipun Kalian sudah memiliki iPad mini generasi ke-5, menurut saya ini adalah peningkatan yang bermanfaat. Kalian mendapatkan tablet yang jauh lebih cepat, dukungan untuk pensil yang jauh lebih baik, layar yang lebih besar, dan konektivitas 5G sebagai opsi. Itu menjadikan iPad mini 6 upgrade yang cukup bagus dibandingkan model mini yang lebih lama.

Apa pendapat jangka panjang Kalian tentang iPad mini 6? Suarakan di bawah dalam komentar dengan pemikiran Kalian.

By AppsJog