Harga, Spesifikasi, Desain Serta Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad Pro M2

Review iPad Pro M2: Saat CEO Apple Tim Cook meluncurkan iPad Pro generasi pertama pada tahun 2015, dia menyebutnya, “berita terbesar untuk iPad sejak iPad.” Lebih dari tujuh tahun kemudian, iPad Pro 2022 adalah iterasi yang paling tidak layak diberitakan dari tablet andalan Apple hingga saat ini. Dengan sejumlah besar fitur baru yang dapat Kalian andalkan dengan satu tangan, apakah model ini sepadan dengan harganya yang mahal? Cari tahu di ulasan iPad Pro M2 ini.

Apple iPad Pro M2 (2022)

Performa mengalahkan laptop dan peningkatan kualitas hidup yang halus menjadikan iPad Pro M2 sebagai iPad paling bertenaga dan penuh fitur hingga saat ini. Kurangnya peningkatan yang mencolok memang menyoroti fitur multitasking iPadOS 16 yang gagal dan kurangnya aplikasi “pro” yang terus berlanjut berarti banyak daya mentah tablet yang belum dimanfaatkan. Tetapi jika Kalian menginginkan iPad terbaik — terlepas dari peringatan atau biayanya — iPad Pro 2022 tidak akan mengecewakan.

Apa yang Kami SukaApa yang Tidak Kami Suka
Desain berkelasTampilan mewah hanya pada model yang lebih besar
Layar XDR yang memukauStage Manager perlu diperbaiki
Performa yang luar biasa kuatAplikasi pro-grade terbatas
Speaker quad yang boomingPengisian daya relatif lambat
Konektivitas yang lebih baikCanggung kamera depan
Apple Pencil memberikan kesenangan bagi seniman digitalAksesori mahal

Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Apple iPad Pro M2 (2022)

Apple iPad Pro M2 2022 Display | Apple Jogja
image source androidauthority.com
  • iPad Pro (M2, 11 inch)
    • Hanya Wifi: $799-$1.899 / £899- £2.149
    • Seluler: $999-$2.099 / £1.079 – £2.329
  • iPad Pro (M2, 12,9 inci)
    • Hanya Wifi: $1.099-$2.099 / £1.249- £2.499
    • Seluler: $1.299-$2.399 / £1.429- £2.679

Apple Seri tablet premium untuk akhir tahun 2022 diluncurkan 18 bulan setelah iPad Pro M1. iPad Pro 11 inci (generasi ke-4) dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-6) lebih sering dikategorikan sebagai iPad Pro M2 karena chipset pilihan mereka.

Seperti iPad Air (generasi ke-5) yang juga diluncurkan pada tahun 2022, iPad Pro M2, apapun versi yang Kalian pilih, pada dasarnya adalah tablet tahun ini; batu tulis yang meminjam desain yang sama dan kumpulan fitur keseluruhan dari “centang” pendahulunya, sambil meningkatkan daya komputasi dan menambahkan beberapa lonceng dan peluit sambutan, tetapi agak kecil.

M2 tituler adalah daya tarik bintang, tentu saja, dengan Apple menyatakan bahwa ia telah secara efektif “meningkatkan” iPad Pro. Diwarisi dari MacBook Apple, chip kustom Apple Silicon M2 diklaim memberikan CPU 15% lebih cepat dan peningkatan kinerja GPU 40%. Ini juga menampung Mesin Neural yang ditingkatkan untuk peningkatan kecepatan yang seharusnya 40% untuk tugas pembelajaran mesin, dan menawarkan bandwidth memori hampir dua kali lipat dibandingkan dengan M1 iPad Pro.

Apple iPad Pro M2 2022 Serta Apple Pencil
image source androidauthority.com

Gabungan ini memungkinkan salah satu fitur utama iPad Pro lainnya: kemampuan untuk merekam video ProRes dan ProRes RAW kompresi rendah dalam 4K pada 30fps, plus transcoding ProRes yang lebih cepat (hingga tiga kali lebih cepat daripada iPad Pro M1 Seperti halnya iPhone berkemampuan ProRes, perekaman 4K tidak tersedia pada model dasar 128GB, yang masuk akal; itu akan memakannya dalam hitungan detik (opsi penyimpanan naik hingga 2TB). Yang kurang masuk akal adalah Kalian ‘ Kalian juga perlu mengunduh aplikasi ProRes-ready, karena, untuk beberapa alasan yang membingungkan, aplikasi kamera default Apple tidak memiliki saklar ProRes.Rangkaian

konektivitas juga telah ditingkatkan dari Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0 ke Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3. Meskipun Kalian memerlukan jaringan dan aksesori yang sesuai untuk memanfaatkan keduanya, mengingat iPad sering kali merupakan pembelian jangka panjang, ini adalah pemeriksaan masa depan yang disambut baik.

Dengan sejumlah besar fitur baru yang dapat Kalian andalkan dengan satu tangan , iPad Pro M2 jelas merupakan tab ‘tok’ membiarkan.

Jika semua yang telah kami cantumkan sejauh ini tampak sangat kering dan tidak menarik, saya punya kabar buruk untuk Kalian — itu semua fitur baru yang Kalian dapatkan di bagian depan perangkat keras. Jika tidak, segala sesuatu yang hebat tentang M1 iPad Pro dibawa secara grosir, meskipun hal yang sama berlaku untuk beberapa masalah warisan yang mengganggu yang telah mengganggu iPad Pro selama beberapa generasi, tetapi kita akan membahasnya nanti.

Satu fitur terakhir yang benar-benar baru — yang saat ini tidak dimiliki oleh iPad lain — adalah kemampuan hover untuk Pensil Apple generasi ke-2, yang menunjukkan kepada Kalian pratinjau di mana stylus Kalian akan menyentuh layar. Tidak jelas mengapa ini eksklusif untuk iPad Pro 2022, tetapi Apple mengisyaratkan bahwa chip M2 adalah bahan penting.

iPad Pro M2 (2022) tersedia untuk dibeli dari Apple, Amazon, dan pengecer pihak ketiga besar lainnya di seluruh dunia. Untuk warna, jangan harap ada kejutan di sini juga — ini Space Grey atau Silver (foto), sama seperti tiga generasi terakhir.

Apa yang Baik?

Apple iPad Pro M2 2022 vs iPad Pro M1
image source androidauthority.com

Apple telah menghadapi kritik yang adil atas kecenderungannya untuk menyalin-tempel produk pada tahun 2022, tetapi tetap berada di jalur dan mengulangi kesuksesan tidak selalu merupakan hal yang buruk. Dengan demikian, iPad Pro M2 mendapat manfaat dari tolok ukur desain elit yang ditetapkan oleh pendahulunya langsung, yang pada dasarnya meminjam setiap aspek dari bentuk dan estetika. Satu-satunya perbedaan yang terlihat signifikan? Sekarang tertulis iPad Pro di bagian belakang, bukan hanya iPad. Hal-hal menarik.

Desain iPad Pro M2 (2022) dengan rapi mengikuti garis cetak biru yang telah diuji.

Model 12,9 inci yang saya uji sekali lagi dilengkapi dengan Liquid Retina XDR, “ProMotion,” layar mini-LED yang memesona, dengan kecerahan puncak 1.000 nits, atau hingga 1.600 nits yang menakjubkan untuk konten HDR yang kompatibel. Ini benar-benar menakjubkan yang menghasilkan warna yang intens namun akurat yang mudah dilihat bahkan dalam kondisi paling terang, dengan kecepatan refresh 120Hz yang dinamis memastikan animasinya halus baik saat Kalian melakukan doom scrolling atau meluncur di Genshin Impact pada 120fps.

Sisa paketnya sama-sama premium. Konstruksi kaca/aluminium daur ulang sangat sempurna, dengan tepi persegi, sudut melengkung, dan ruang bezel yang cukup untuk menghindari menyentuh layar dengan jari yang salah saat dipegang. Ini tentu saja bukan tablet kecil atau ringan, terutama jika Kalian memilih model yang lebih besar, tetapi distribusi bobot yang hati-hati berarti sangat mungkin untuk digunakan seperti tablet tradisional lainnya, baik dalam lanskap atau potret. Speaker quad yang menggelegar dan biometrik ID Wajah yang cepat dan akurat juga dipertahankan dari iPad Pro M1, begitu pula port USB-C 3.1 “Gen 2” untuk menyambungkan aksesori atau mengeluarkan ke monitor.

Tes iPad Pro M1 Geekbench 5

Laporan iPad Pro M2 Geekbench 5
image source androidauthority.com

M1, sebagai perbandingan, tidak memiliki penurunan yang dramatis, tetapi tingkat kinerja berkelanjutan yang sebenarnya tidak benar-benar muncul hingga mencapai kisaran 4.100-3.900. Ini harus memastikan bahwa M2 dapat menangani tugas-tugas berat GPU seperti pengeditan media dan game dengan kecepatan yang lebih stabil daripada M1 iPad Pro. Tentu saja, perlu diingat bahwa bahkan skor terendah di sini lebih dari dua kali lipat dari puncak tablet Android yang setara seperti Galaxy Tab S8 Ultra bertenaga Snapdragon 8 Gen 1, yang mencapai sekitar 1.800-2.000. Ini adalah cerita yang mirip untuk Surface Pro 9 (SQ3) yang berada tepat di bawah 3.000 setelah sekali jalan.

iPad Pro M2 Geekbench 5

iPad Pro M2 Geekbench 5
image source androidauthority.com

Tapi mari kita ke daya tarik bintang. Apa arti garis pemasaran Apple “supercharged by M2” untuk iPad Pro (generasi ke-6)? Lompatan yang layak dalam tolok ukur, sebagai permulaan. iPad Pro M2 memimpin dalam semua metrik untuk pengujian CPU jika dibandingkan dengan pendahulunya. GPU tidak cukup mencapai klaim peningkatan 40% Apple dalam pengujian kami, tetapi peningkatan ~37% cukup dekat, terutama saat itu juga menduduki puncak skor teratas MacBook Air M2 dalam pengujian kami (~6.250).

Uji stres GPU 3DMark (dibawah) memang mengungkapkan beberapa detail yang lebih menarik, karena skor M2 turun 20% setelah sekali jalan. Bahkan pada titik ini, itu masih lebih tinggi dari maksimum yang ditawarkan oleh M1, tetapi kinerja GPU puncak itu tampaknya hanya tersedia dalam ledakan singkat. Yang mengatakan, M2 iPad Pro kemudian menempel sangat dekat dengan putaran kedua selama sisa pengujian, dengan kurang dari 300 poin memisahkan putaran kedua dari putaran kedua puluh.

Performa iPad Pro M2 tidak hanya melenyapkan persaingan tabletnya, tetapi juga mengungguli sebagian besar laptop.

Di samping tolok ukur, iPad Pro M2 bekerja seperti mimpi. Navigasi di sekitar UI luar biasa mulus dan bahkan dengan beberapa aplikasi berjalan sekaligus, saya tidak dapat membuat tablet tertekuk di bawah tekanan. Ingin tahu tentang game? Genshin Impact yang terkenal haus daya berjalan pada pengaturan maksimal pada 120fps tanpa cegukan yang terlihat. Satu-satunya tempat Kalian akan melihat penurunan sama sekali adalah jika Kalian secara ekstensif mentranskode video ProRes RAW, tetapi pada dasarnya semua hal lain yang mampu dilakukan iPad Pro bahkan tidak akan mendekati potensi M2.

Untungnya, tidak ada penurunan signifikan pada efisiensi baterai. iPad Pro M2 12,9 inci yang saya uji cocok dengan iPad Pro M1 yang telah saya gunakan sejak peluncuran terakhir, dengan varian hanya beberapa menit di sana-sini. Jika diukur dari menit ke menit, model M2 masuk di bawah model M1, yang tidak mengherankan mengingat MacBook M2 juga bernasib lebih buruk daripada rekan M1 mereka. Namun, dalam penggunaan dunia nyata, Kalian tidak akan melihat perubahan kecil seperti itu.

Jarak tempuh Kalian akan sangat bervariasi karena kecerahan layar ekstrem yang mampu dilakukan iPad Pro, dan apakah Kalian menjalankan 5G pada model seluler atau tidak. Untuk penjelajahan web dasar atau menonton film, sel 40,88 watt-jam iPad Pro M2 biasanya bertahan 10-10,5 jam dengan sekali pengisian daya. Itu masuk akal untuk iPad modern manapun, bahkan dengan kekuatan mentah chip M2. Sekali lagi, ini untuk model 12,9 inci, dan secara historis versi 11 inci telah melampaui angka-angka ini dengan menambahkan satu jam atau lebih ke statistik daya tahan slate berdasarkan tampilan yang kurang haus daya.

Apple iPad Pro M2 2022
image source androidauthority.com

iPad Pro M2 tiba dengan menjalankan iPadOS 16 di luar kotak. Dengan itu datang beberapa fitur perangkat lunak baru – beberapa hit, beberapa kesalahan yang cukup signifikan. Di ujung yang lebih positif, iPadOS mendapatkan banyak perubahan berguna yang kami lihat di iOS 16, termasuk mode Fokus yang ditingkatkan, edit atau hapus di Pesan, dan beberapa polesan tambahan untuk aplikasi stok – terutama aplikasi Rumah yang kurang terlayani untuk kontrol rumah pintar dan pengelolaan.

Berbicara tentang aplikasi, sekarang juga ada aplikasi Cuaca default yang akhirnya membawa potongan meteorologi iPad ke standar yang sama dengan iPhone dan Mac. File, Kontak, dan Catatan juga telah melihat tweak khusus iPad, meskipun iPad Pro generasi keenam mendapatkan beberapa tambahan untuk boot, seperti pertukaran memori virtual untuk semua model, skala resolusi Zoom Tampilan untuk memeras lebih banyak aplikasi dan objek pada satu layar, dan Mode Referensi untuk mengadaptasi layar ke gradasi warna profesional. Banyak dari fitur ini juga hadir di model iPad Pro generasi sebelumnya, tetapi versi M2 dijamin menawarkan semuanya. Kalian akan melihat saya belum menyebutkan fitur perangkat lunak baru yang besar, Stage Manager — kita akan membahasnya nanti.

Dukungan ‘arahkan’ Pensil Apple bisa menjadi penyegel kesepakatan bagi seniman digital.

Seperti perangkat keras, tidak ada perubahan perangkat lunak yang cukup seismik untuk mengguncang fondasi pengalaman iPad Pro, meskipun perlu diingat bahwa ketersediaan dan kompatibilitas aplikasi, dukungan perangkat lunak jangka panjang, dan interoperabilitas ekosistem produk Apple tidak ada duanya. dunia tablet. Pada yang terakhir, Kontrol Universal multi-layar, khususnya, adalah kesenangan mutlak pada layar yang lebih besar dan menyegarkan dengan cepat saat diposisikan di sebelah Mac.

Satu-satunya fitur M2 yang dapat meyakinkan seniman digital berdedikasi untuk membuka dompet mereka adalah Apple Pencil “hover”. Meskipun bukan fitur yang benar-benar baru (ingat Samsung’s Air Actions?), Implementasi Apple benar-benar mengesankan. Mampu melihat di mana ujung stylus akan mendarat segera meningkatkan akurasi gambar, dan kemampuan untuk mempratinjau kombinasi warna saat membuat sketsa menghemat waktu yang berharga. Potensi sebenarnya akan bergantung pada pembelian pengembang pihak ketiga, tetapi kami telah melihat pembaruan seperti Pixelmator, Luna, dan Astropad Studio untuk mengaktifkan kemampuan melayang yang unik.

Apa yang Tidak Begitu Baik?

Tampilan Model Pro Masih Dinilai Kurang Memuaskan Dibanding dengan M1
image source androidauthority.com

Terlepas dari pujian saya untuk tampilan iPad Pro M2, perlu dicatat lagi bahwa saya menguji model 12,9 inci. Model 11 inci masih memiliki panel Liquid Retina yang cukup masuk akal, tetapi tidak memiliki kemampuan kecerahan yang sangat tinggi dan 2.500+ zona peredupan lokal yang memberikan kontras lebih besar dan warna hitam yang lebih dalam. Perbedaan harga $ 300 antara model memainkan faktor, tentu saja, tetapi tampilan model 11 inci juga ditemukan kurang jika dibandingkan dengan beberapa tablet Galaxy S8 yang dilengkapi Super AMOLED Samsung yang termasuk dalam kategori harga yang sama. Itu tidak buruk, tapi juga tidak sepenuhnya “Pro”.

Begitu pula dengan pengaturan kameranya. Dalam hal perangkat keras, standar belakang 12MP dan kamera ultrawide 10MP identik dengan penembak iPad Pro M1. Ini adalah kamera yang telah dicoba dan diuji dan memiliki kinerja yang tepat mengingat keterbatasan yang melekat dalam pengambilan foto dengan perangkat persegi berukuran ~11-13 inch. Penambahan tangkapan ProRes juga merupakan anugerah unik untuk M2 iPad Pro. Namun, ketika iPhone Pro-tier mengguncang lensa zoom khusus dan sensor utama 48MP, tidak adil untuk mengharapkan setidaknya tonjolan spesifikasi kecil.

Apakah benar-benar ‘pro’ untuk terlihat seperti Kalian terus-menerus menatap ke luar angkasa selama panggilan video profesional? Apple rupanya berpikir demikian!

Namun, titik sakit kamera yang sebenarnya adalah penembak selfie dengan posisi potret yang menyebalkan itu. Kita sekarang hidup di masa di mana satu-satunya iPad dengan kamera lanskap yang masuk akal adalah iPad (generasi ke-10) – yang dengan sendirinya merupakan campuran tablet yang membingungkan. Mungkin penyebabnya adalah pengisian magnet Apple Pencil atau perangkat keras ID Wajah. Apa pun alasannya, hasilnya adalah Kalian akan terlihat seperti menatap ke luar angkasa dengan kasar saat melakukan panggilan video — sebuah skenario yang kemungkinan besar akan terjadi pada kelompok profesional yang secara aktif didekati oleh iPad Pro M2. Panggung Tengah tetap hebat dalam menjaga subjek dalam bingkai dengan teknik pelacakan wajahnya, tetapi bingkai itu akan selamanya berada pada sudut yang canggung sampai Apple memahaminya.

Kamera Belakang Apple iPad Pro M2 2022
image source androidauthority.com
Kamera Depan Apple iPad Pro M2 2022
image source androidauthority.com

Untuk tablet tingkat premium, iPad Pro M2 tertinggal dalam taruhan pengisian daya dengan cara yang mirip dengan smartphone Apple. Batu bata 20W yang disertakan dengan iPad Pro M2 mengisi daya baterai model 12,9 inci kira-kira dalam dua setengah jam dari nol hingga 100%. Itu setara dengan generasi sebelumnya dan cukup terhormat dalam isolasi, tetapi kita harus ingat bahwa sel 11.200mAh raksasa Galaxy Tab S8 Ultra yang sama besarnya dapat diisi ulang dalam waktu kurang dari satu setengah jam (meskipun Kalian perlu membeli pengisi daya yang kompatibel). ). IPad Pro M2 secara teknis dapat menarik 30W dari Pengiriman Daya , tetapi itu merupakan biaya tambahan, dan Kalian masih menunggu dua jam untuk mengisi ulang penuh.

Kicker nyata iPad Pro M2, bagaimanapun, adalah keadaan perangkat lunak tablet Apple. Ya, iPadOS menjadi lebih baik dengan setiap iterasi, tetapi ini masih merupakan tampilan iOS yang canggung dan dimuliakan yang tidak ramping seperti pencetusnya, atau kaya fitur seperti macOS yang lengkap. Seperti iPad itu sendiri, ia terjebak di antara pengalaman seluler dan desktop, dan juga tidak sepenuhnya memuaskan.

Ini terwujud dalam detail kecil. Tentu, sekarang ada aplikasi Cuaca khusus, tetapi masih belum ada kalkulator stok? Bagaimana dengan dukungan multi-pengguna? Bahkan dukungan tampilan yang diperluas yang sebenarnya — fitur yang telah lama diminta — tidak ada di luar kotak, telah didorong kembali ke iPadOS 16.2 (jatuh tempo pada akhir 2022). Pelakunya? Manajer Panggung. Oh, Stage Manager…

iPados 16 Stage Manager Satu Jendela
image source androidauthority.com
iPados 16 Stage Manager Dua Jendela
image source androidauthority.com

Seolah-olah solusi Apple untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di iPad dengan UI seperti dok, Stage Manager sayangnya gagal pada saat kedatangan karena pilihan tidak masuk akal yang dibuat tentang cara kerjanya yang sebenarnya. Butuh waktu terlalu lama untuk menjelaskan setiap kelemahan yang membingungkan, tetapi penyiapan “Panggung” dan “Tumpukan”, tempat Kalian menyeret aplikasi dari tumpukan bertumpuk ke ruang kerja utama, tidak beroperasi dengan konsistensi apa pun dan jauh dari multi-tasking asli. Sementara itu, beberapa aplikasi menskalakan menurut posisinya, yang lain tidak. Ini juga terasa seperti mencoba memecahkan kode Matriks, mencari tahu urutan input apa yang dapat menyebabkan aplikasi langsung menghilang dari tumpukan, atau bagaimana mendapatkannya kembali tanpa Manajer Panggung membuang mainannya dari kereta bayi dan menutup sepenuhnya.

Janji itu ada, dan saat-saat menakjubkan di mana Kalian memiliki tiga aplikasi yang berjalan secara harmonis sekaligus di layar Pro terkadang terasa seperti wahyu, tetapi Stage Manager terlalu sering beroperasi seperti fitur pra-beta yang seharusnya disimpan di bawah. membungkus hingga iPadOS 17.

Apple iPad Pro M2 2022 Stage Manager
image source androidauthority.com

Stage Manager, mungkin untungnya, dibatasi untuk iPad M1 dan M2 untuk saat ini. Meskipun ini adalah satu-satunya cara yang jelas bahwa Apple benar-benar memanfaatkan semua kekuatan yang belum dimanfaatkan dari silikonnya yang baru. App Store adalah rumah bagi banyak sekali aplikasi yang dioptimalkan dengan hati-hati, tetapi itu berlaku untuk semua iPad — seorang profesional harus meningkatkan taruhannya. Namun tanpa Final Cut Pro, Xcode, Blender, atau banyak aplikasi pro-grade lainnya – bahkan tidak dimodifikasi agar sesuai dengan faktor bentuk iPad – iPad Pro masih benar-benar menjadi produk profesional ketika digunakan bersama dengan Mac atau MacBook. Tetapi meskipun begitu, dengan Kontrol Universal aktif dan semua kemajuan perangkat lunak yang datang dengan macOS kemudian hanya berjarak satu layar, potensi laten iPad Pro terasa lebih tidak terealisasi.

Stage Manager terlalu sering beroperasi seperti fitur pra-beta. Sementara itu, iPadOS masih kekurangan banyak aplikasi pro-grade yang populer.

Bahkan ada lebih sedikit insentif untuk mengambil model M2 untuk non-profesional juga. Game yang paling menuntut sudah berjalan pada pengaturan maksimal pada versi M1 — apalagi yang akan Kalian lakukan dengan semua kekuatan ini? Tablet akan terus berdetak dengan kecepatan tinggi selama bertahun-tahun Apple akan mendukungnya dengan pembaruan perangkat lunak, tetapi itu juga berlaku untuk versi 2021, yang dengan sendirinya sudah menyentuh permukaan kemampuan M1.

Dan jika Kalian ingin memanfaatkan sepenuhnya rangkaian fitur lengkap iPad Pro M2, Kalian memerlukan aksesori pihak pertama Apple. Sekarang, aksesori itu dibuat dengan indah dan berfungsi dengan mudah, tetapi semuanya opsional dan harganya mahal. Fitur hover mungkin juga tidak ada bagi siapa pun yang enggan menghabiskan $129 untuk Apple Pencil generasi kedua ($128,99 di Amazon). Magic Keyboard adalah favorit Apple lainnya dan sangat penting untuk mengubah iPad Pro (M2) menjadi laptop-tablet hybrid. Namun, sudut pandang yang terbatas dan kurangnya baris fungsi membuat harga permintaan $299-$349 (tergantung ukurannya) lebih sulit untuk diterima. Aneh juga bahwa casing folio eksklusif iPad (generasi ke-10) ada dengan keyboard yang dapat dilepas, dudukan, dan baris fungsi. Di mana versi iPad Pro, Apple?

Spesifikasi Apple iPad Pro M2 (2022)

 Apple iPad Pro M2 (11 inci, generasi ke-4)Apple iPad Air (12,9 inci, generasi ke-6)
LayarLiquid Retina LED 11 inci2.388 x 1.668 piksel264ppiProMotion (kecepatan refresh 120Hz)600 nits maksLED mini 12,9 inci Liquid Retina XDR2.732 x 2.048 piksel264ppiProMotion (kecepatan refresh 120Hz)Layar penuh maks 1.000 nits, puncak 1.600 nits (hanya konten HDR)
ProsesorApple M28-core CPU10-core GPU16-core Neural EngineApple M28-core CPU10-core GPU16-core Neural Engine
RAM8GB16GB (hanya model penyimpanan 1TB dan 2TB)8GB16GB (hanya model penyimpanan 1TB dan 2TB)
Penyimpanan128GB256GB512GB1TB2TB128GB256GB512GB1TB2TB
KameraUtama:Kamera 12MPƒ/1.8 aperture Sekunder:10MP ultrawide, ƒ/2.4 aperture, bidang pandang 125° Depan:12MPƒ/2.4 aperture:KameraUtama Sekunder:10MP ultrawide, ƒ/2.4 aperture, 125° bidang pandang Depan:12MPƒ/2,4
Baterai28,65WhNilai untuk 10 jam40,88WhNilai untuk 10 jam
Soket headphoneTidakTidak
Dimensi247,6 x 178,5 x 5. 9mm280,6 x 214,9 x 6,4mm
BeratWi-Fi: 466gLTE: 468gWi-Fi: 682gLTE: 684g
SensorID WajahPemindai LiDARGiro tiga sumbuAkselerometerBarometerSensor cahaya sekitarIDLiDARGiro tiga sumbuAkselerometerBarometerCahaya sekitar sensor
KonektivitasWi-Fi 6E (802.11ax)Bluetooth 5.35G (sub-6GHz, mmWave AS saja)eSIM (khusus model seluler)Wi-Fi 6E (802.11ax)Bluetooth 5.35G (sub-6GHz, mmWave AS saja)eSIM ( hanya model seluler)
PortsSmart ConnectorThunderbolt 3 (hingga 40Gb/dtk)USB 4 (hingga 40Gb/dtk)USB 3.1 Gen 2 (hingga 10Gb/dtk)Smart ConnectorThunderbolt 3 (hingga 40Gb/dtk)USB 4 ( hingga 40Gb/dtk)USB 3.1 Gen 2 (hingga 10Gb/dtk)
WarnaSpace Grey, SilverSpace Grey, Silver

Review Apple iPad Pro M2 (2022): Putusan

Tampilan Depan Apple TV Plus
image source androidauthority.com

iPad Pro M2 (2022) adalah iPad yang paling berkinerja dan mengesankan secara objektif hingga saat ini. Namun tidak peduli seberapa tinggi skor tolok ukurnya terus meningkat, iPad Pro sebagai lini produk tidak akan dapat memanfaatkan semua kekuatan itu sampai platform dan perangkat lunak intinya dapat bertahan dengan lembar spesifikasi luhurnya. Ini telah terjadi selama beberapa tahun, namun terasa lebih tajam dengan iPad Pro yang membawa M2, karena daftar pendek fitur barunya gagal mengalihkan perhatian dari kekurangan berkelanjutan iPadOS.

Namun iPad Pro M2 terus menjadi salah satu tablet premium terbaik (jika bukan yang terbaik) di dalam game. Model M2 akan sangat menarik bagi seniman digital yang mengincar fitur hover baru. Jika Kalian memiliki iPad Pro yang sudah tua — atau ingin memutakhirkan dari iPad tingkat rendah ke iPad termewah yang dapat dibeli dengan uang — Kalian juga tidak bisa salah di sini, selama Kalian tidak kecewa dengan harga yang mahal. menanyakan harga.

iPad Pro M2 adalah iPad terbaik saat ini, tetapi juga iterasi yang paling tidak penting dari tablet teratas Apple.

Namun, pengalaman sehari-hari yang tidak dimurnikan memang mengundang pandangan yang salah pada kompetisi — banyak di antaranya tampaknya memiliki visi utama yang lebih jelas. Di bagian atas daftar itu adalah Microsoft Surface Pro 9 ($1.099), atau setidaknya versi Intel; varian SQ3 berbasis Arm membuat terlalu banyak pengorbanan kinerja untuk menjadi saingan sejati. Untuk yang pertama, Kalian mendapatkan Windows 2-in-1 full-fat yang sedikit lebih condong ke laptop setengah dari sifat hybridnya. Namun, seperti iPad Pro, harganya menjadi mahal jika Kalian memperhitungkan semua aksesori.

Lalu ada anak laki-laki besar Android, dan maksud saya besar. Samsung Galaxy S8 Ultra ($1269,99 di Amazon) adalah tablet raksasa dengan layar raksasa 14,6 inci dan stylus S Pen yang disertakan. Perangkat lunak tablet Android bahkan kurang canggih (untuk saat ini), dan chip Snapdragon-nya tidak dapat mendorong frame per detik sebanyak silikon Apple, tetapi ukuran tipis Ultra dan rasio aspek 16:10 yang diregangkan menjadikannya mesin impian untuk media. . Sementara itu, Galaxy Tab S8 Plus ($899,99 di Amazon) lebih mudah dikelola, tetapi tidak memiliki faktor wow Ultra.

Keyboard Ajaib Apple iPad Pro M2 2022 Serta Pensil Apple
image source androidauthority.com

Kandang Apple sendiri juga menawarkan dua alternatif yang menarik. Kecuali jika Kalian memiliki kasus penggunaan khusus untuk iPad Pro M2, iPad Air (generasi ke-5) ($ 559 di Amazon) adalah proposisi yang lebih rendah hati, tetapi memiliki jumlah pukulan yang konyol untuk harganya dan dapat dipasangkan dengan aksesori yang sama dengan iPad Pro. Tentu saja, aksesori yang sama untuk iPad Pro juga membawa tablet teratas Apple ke wilayah MacBook. Secara khusus, jika Kalian mempertimbangkan iPad Pro M2 12,9 inci sebagai stand-in laptop (dan tidak peduli dengan kompatibilitas stylus), perlu diingat bahwa saat Kalian menambahkan Magic Keyboard, Kalian akan jauh di atas harga dasar MacBook Air M2 ($1099 di Amazon).

Dengan sedikit pengecualian, sebagian besar portofolio produk Apple untuk tahun 2022 terjebak dalam pola bertahan. iPad Pro M2 bisa dibilang paling terpukul dalam hal ini – ditingkatkan hanya dalam beberapa cara khusus dan, dengan demikian, diluncurkan dengan tepat dengan sedikit atau tanpa gembar-gembor. Tanpa perangkat lunak pro-grade yang terlihat untuk menyeimbangkan semuanya, hasil akhirnya adalah tablet yang benar-benar luar biasa yang terkadang terasa sangat biasa.

By AppsJog