Perbandingan Antara Tablet dengan Mac

iPad diklaim oleh Apple dapat menggantikan desktop atau laptop tradisional untuk produktivitas, tetapi itu bisa menjadi lompatan besar. Aplikasi dan tips ini akan membantu membuat iPad Kalian menjadi mesin produktivitas.

iPad telah menjadi mesin yang cukup serbaguna berkat kombinasi perangkat keras yang kuat dan beberapa aksesori transformatif. Menambahkan Magic Keyboard, Apple Pencil, atau layar eksternal dapat menggeser use case iPad dari satu fungsi ke fungsi lainnya dalam sekejap.

Dimasukkannya M1 dan peningkatan batas RAM hingga 16GB telah memberi Apple kemampuan untuk membawa iPad lebih jauh berkat kemajuan di iPadOS 16. Namun, peningkatan perangkat lunak itu tidak akan tiba sampai musim gugur. Sampai saat itu, inilah yang dapat dilakukan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak dari iPad mereka.

Menggunakan iPad versus Mac

iPad berbeda dari Mac dalam beberapa hal, tetapi apa yang membuatnya menjadi alternatif komputer yang berguna adalah kemampuannya untuk beralih di antara paradigma — tablet, laptop, desktop. Ini juga satu-satunya perangkat berkemampuan sentuh yang dijual oleh Apple yang bukan iPhone, dan perusahaan tampaknya tidak akan mengirimkan Mac layar sentuh dalam waktu dekat.

Meskipun iPad adalah tablet luar biasa dengan Apple Pencil dan layar sentuh, kami akan menjelaskan perbedaan penggunaan iPad sebagai laptop atau desktop dari Mac.

Input Keyboard dan Mouse

Jika iPad akan digunakan sebagai pengganti laptop tradisional, diperlukan aksesori tambahan untuk meniru pengalaman tersebut. Hubungkan mouse dan keyboard apapun melalui Bluetooth atau USB untuk menggunakannya secara native di dalam iPadOS. iPad bahkan memiliki kursor khusus yang menciptakan kembali pengalaman menggunakan gerakan sentuh melalui mouse.

Apple, Logitech, dan vendor pihak ketiga lainnya telah memanfaatkan kursor khusus ini di iPadOS dengan meluncurkan aksesori dengan perangkat penunjuk bawaan. Casing seperti Apple Magic Keyboard atau Logitech Combo Touch membuat casing seperti laptop dengan keyboard dan trackpad.

Trackpads menawarkan kontrol gerakan yang mirip dengan Mac, seperti gesekan tiga jari untuk beralih di antara aplikasi layar penuh. Pengguna yang lebih giat dapat menghubungkan mouse dengan beberapa tombol dan menyesuaikan setiap tombol menggunakan pengaturan aksesibilitas di aplikasi Pengaturan.

Mereka yang mencari lingkungan yang lebih mirip desktop dapat menempatkan iPad pada dudukan dan menghubungkan keyboard dan mouse melalui hub USB. Mereka yang menjalankan iPadOS 16 pada iPad yang dilengkapi M1 dapat terhubung ke layar eksternal untuk pengalaman desktop yang lebih tradisional.

Menyimpan dan Mengelola File

Semua file dipusatkan di dalam aplikasi File di iPadOS, yang mirip dengan Finder di Mac. Pengguna dapat mengakses file yang disimpan secara lokal ke iPad, disimpan di drive eksternal, tersedia di iCloud, atau disimpan dalam folder aplikasi tertentu.

Perbedaan paling signifikan antara File dan Finder adalah tidak dapat diaksesnya sistem file dari OS yang mendasarinya. Tidak ada cara untuk mengubah iPadOS atau file aplikasi secara langsung karena tidak dapat diakses di dalam aplikasi File.

Manajemen dokumen dapat terasa sangat berbeda di iPad karena sebagian besar aplikasi terus menyimpan dokumen secara otomatis saat diedit. Banyak fungsi yang biasanya ditemukan di Bilah Menu Mac dapat ditemukan di Lembar Berbagi iPadOS, yang diisi dengan opsi berbagi sosial, saran aplikasi, dan bahkan Pintasan yang dibuat pengguna.

Setelah file disimpan ke aplikasi Files menggunakan Share Sheet, mengelola file relatif mudah. Itu dapat berinteraksi dengan menggunakan tekan lama atau klik kanan, yang memperlihatkan opsi seperti mengganti nama file, membagikannya, atau menghapusnya.

Konektivitas

Model terbaru iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro dilengkapi dengan konektor USB-C, yang memungkinkan perangkat penyimpanan eksternal, hub, aksesori, atau monitor dihubungkan dan digunakan dengan cara yang sama seperti yang digunakan di desktop. Saat menggunakan Apple Magic Keyboard, iPad dapat diisi dayanya melalui port USB-C keyboard dengan membiarkan port iPad terbuka untuk aksesori tambahan.

Meskipun menggunakan USB-C, dan untuk iPad Pro terbaru, Thunderbolt, iPad memiliki beberapa batasan untuk apa yang dapat dihubungkannya. Misalnya, menghubungkan drive eksternal ke Mac, kompatibel atau tidak, setidaknya akan memberikan opsi kepada pengguna untuk memformat drive menjadi opsi yang kompatibel. iPad tidak akan mengenali format yang tidak kompatibel dan tidak akan menawarkan opsi untuk memformat ulang.

Perangkat lain dapat gagal dikenali atau tidak akan berinteraksi dengan iPad sama sekali. Namun, masalah ini dapat diperbaiki sepenuhnya oleh Apple yang membawa DriverKit ke iPadOS 16.

Sedangkan untuk nirkabel, iPad memiliki opsi yang mirip dengan Mac untuk koneksi WiFi dan Bluetooth dengan satu pengecualian signifikan — seluler. iPad adalah satu-satunya komputer yang dijual Apple dengan opsi seluler, jadi tethering tidak diperlukan saat menggunakan iPad Pro jauh dari sumber WiFi terpercaya.

Interaksi Seperti Desktop Lainnya

Dengan keyboard perangkat keras yang terhubung, iPad dapat melakukan pintasan keyboard yang didukung. Untuk melihat daftar pintasan keyboard yang tersedia untuk aplikasi apa pun, tahan tombol Command agar menu muncul. Menu ini juga interaktif, jadi klik atau ketuk opsi untuk menjalankannya.

Drag-and-drop juga didukung dengan interaksi yang mirip dengan Mac. Namun, saat menggunakan sentuhan, pengguna dapat memilih satu item dan menahannya dengan satu jari, lalu mengetuk item lain untuk menambahkannya ke tumpukan yang diseret. Menjatuhkan item yang diseret ke dalam bidang akan menempatkannya dalam format apapun yang didukung bidang tersebut.

Maksud audio tidak dapat dikelola di iPadOS, tidak seperti di Mac. Jika aksesori audio dicolokkan, seperti mikrofon, itu menjadi input mikrofon untuk iPad tanpa kontrol sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk memasang speaker atau headphone berkabel.

Sistem multitasking untuk iPad sangat kompleks dan dibuat lebih rumit lagi oleh iPadOS 16. Interaksi standar adalah Split View dan Slide Over, yang memungkinkan Tablet yang menjalankan iPadOS memiliki hingga tiga aplikasi di layar sekaligus.

Sistem baru, yang disebut Stage Manager, terbatas pada iPad yang menjalankan prosesor M1. Fitur ini memungkinkan hingga empat aplikasi ditampilkan di layar sekaligus dan empat aplikasi tambahan di monitor eksternal. Fitur ini akan tersedia setelah iPadOS 16 diluncurkan pada musim gugur.

Menggunakan perangkat lunak iPad untuk menjadikannya pengganti komputer yang lebih baik

Kami telah mengumpulkan beberapa fitur dasar untuk digunakan saat menyiapkan iPad sebagai alternatif laptop. Fungsi-fungsi ini dapat membantu menjadikan penggunaan iPad lebih produktif dan mempermudah perpindahan dari satu mesin ke mesin lainnya.

Cara Menggunakan Sinkronisasi iCloud untuk Dokumen

Menyiapkan iCloud akan memungkinkan Kalian untuk melanjutkan dari tempat Kalian tinggalkan dari perangkat lain untuk dilanjutkan di Tablet.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk nama Kalian di bagian paling atas.
  3. Ketuk iCloud.
  4. Kalian akan disajikan dengan daftar aplikasi yang menggunakan iCloud, di samping tombol untuk menggunakan sinkronisasi iCloud atau tidak. Pastikan aplikasi yang ingin Kalian gunakan dengan iCloud telah mengaktifkan saklar.
  5. Buka aplikasi. Kalian harus disambut dengan sidebar. Ketuk iCloud Drive. Dari sana Kalian dapat membuat dokumen baru dan mengatur folder. Perubahan ini akan disinkronkan di semua perangkat Kalian, termasuk iCloud.

Cara Mendownload File dan Mengaksesnya di iPad

  1. Akses file yang ingin Kalian unduh di Safari.
  2. Kotak dialog akan muncul menanyakan apakah Kalian ingin mengunduh file. Ketuk Unduh.
  3. Setelah unduhan selesai, Kalian dapat mengakses file dari ikon unduhan di sebelah Bilah Alamat. Kalian juga dapat menemukan file dengan mengetuk ikon kaca pembesar.

File akan disimpan di dalam folder Unduhan di dalam aplikasi File.

Cara Menggunakan Catatan Instan iPad

Kalian dapat dengan cepat membuat catatan bahkan tanpa membuka kunci iPad jika Kalian memiliki Apple Pencil .

  1. Ambil Apple Pencil, dan ketuk layar di iPad dalam mode tidur.
  2. Setelah selesai, geser ke atas untuk membuka kunci Tablet.

Cara Menggunakan Catatan Cepat iPad

Kalian juga dapat meminta lembar catatan cepat dari mana saja di sistem operasi dengan sekali gesekan.

  1. Gesek ke tengah layar dari sudut kanan bawah.
  2. Tambahkan tautan dalam dari aplikasi menggunakan saran di jendela
  3. Ubah ukuran jendela, sembunyikan dari layar, atau tutup dengan “Selesai”
  4. Menggesek ke atas lagi akan membuat catatan baru, atau memanggil catatan yang dibuat sebelumnya di lokasi itu

Cara Menyiapkan dan Mengaktifkan Focus Mode

Mode fokus memungkinkan pengguna untuk membuat lingkungan yang berbeda di mana hanya aplikasi tertentu dan orang-orang yang dapat menarik perhatian mereka. Misalnya, menyiapkan Fokus Kerja memungkinkan Kalian memastikan hanya rekan kerja yang dapat menghubungi Kalian, aplikasi kerja dapat memberitahu Kalian, dan Layar Utama menampilkan aplikasi dan widget yang terkait dengan pekerjaan.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk Fokus.
  3. Ketuk Kerja.
  4. Dari sini, Kalian dapat memilih satu-satunya orang dan aplikasi yang ingin Kalian aktifkan selama bekerja. Kalian juga dapat mengaktifkan Layar Utama tertentu, atau untuk menggelapkan Layar Terkunci.
  5. Saat Kalian siap untuk menyalakannya, alihkan sakelar di bagian atas layar.

Kalian juga dapat mengaktifkan Fokus Kerja dari Pusat Kontrol. Buka Pusat Kontrol dengan menggesek ke bawah dari kanan atas menggunakan sentuhan, atau klik ikon baterai jika menggunakan mouse. Tekan dan tahan pada panel Fokus untuk beralih ke Fokus yang berbeda.

Cara Mengatur Akun Email POP di iPad

Penerusan email POP adalah solusi luar biasa untuk terus mendapatkan email penting dari akun utama, namun juga mengurangi kekacauan di Tablet.

  1. Luncurkan Pengaturan.
  2. Ketuk Akun.
  3. Masukkan detail email Kalian.
  4. Pilih POP.
  5. Organisasi Kalian seharusnya memberi Kalian rincian server surat masuk dan keluar. Masukkan detail tersebut, lalu ketuk Berikutnya.
  6. Apple Mail akan melakukan pemeriksaan cepat untuk melihat apakah koneksi baik. Jika setelan email Kalian benar, Kalian dapat menyimpan setelan ini. Tekan Simpan.

Aplikasi Kelas Desktop di iPad

Banyak aplikasi memanfaatkan sepenuhnya layar besar, prosesor yang kuat, dan kemampuan iPad seperti desktop yang ditingkatkan. Beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur tambahan yang tidak tersedia di versi desktop mana pun.

Berikut adalah pilihan aplikasi untuk membuat iPad Kalian lebih produktif.

Procreate

Harga: $9,99

Salah satu aplikasi menggambar paling populer untuk iPad, Procreate menggabungkan keserbagunaan Tablet dengan layar Retina multi-sentuh dan Apple Pencil, dengan utilitas berbagai opsi ekspor.

Memanfaatkan tampilan presisi dan teknologi Apple Pencil baru, Procreate mendukung banyak lapisan, resolusi hingga 16K, lebih dari 100 kuas, kontrol warna tingkat lanjut, dan dukungan untuk membuat animasi individual. Banyak pro membuang pengaturan desktop konvensional mereka yang menampilkan tablet gambar untuk model ini yang berputar di sekitar iPad dan aplikasi seperti Procreate. Mac tidak memiliki alur kerja atau stylus menggambar asli, sedangkan Tab memiliki alur kerja yang disesuaikan untuk itu.

Procreate eksklusif untuk iPad dan mendukung sekumpulan model yang berbeda.

Notability

Harga: Gratis, dengan pembelian dalam aplikasi

Telah lama dipuji sebagai aplikasi pencatat untuk iPad, aplikasi ini secara konsisten memberikan pengalaman yang lengkap.

Menampilkan banyak opsi dalam kuas, warna, input berbasis teks, opsi kertas, dan rekaman audio, Notability menyediakan serangkaian alat lengkap untuk membantu Kalian mempertahankan setiap menit dalam rapat atau di kelas. Ini juga berfungsi dengan baik dengan semua fitur pendeteksi kemiringan dan ketuk dua kali dari Apple Pencil.

Sementara transisinya ke aplikasi gratis dengan model berlangganan bukannya tanpa kontroversi, Notability telah menyempurnakan dirinya menjadi sebuah pengalaman yang memiliki sedikit kesamaan di iPad.

Desainer Affinity

Harga: $14.99

Juga tersedia untuk Mac, Affinity Designer untuk iPad mengambil rangkaian alat dalam pengalaman desktop dan memasukkannya ke dalam paket yang dapat Kalian bawa kemanapun Kalian pergi. Menampilkan antarmuka yang ramah sentuhan, semua alat di versi Mac kini juga ada di Tablet, dengan pengoptimalan yang dibuat untuk menjadikannya pengalaman yang benar-benar asli tanpa mengorbankan fungsi.

Diadaptasi untuk iPad, ini memiliki dukungan penuh untuk Apple Pencil, membuatnya ideal untuk seniman yang bekerja dengan file .psd, atau hanya membutuhkan sentuhan yang lebih buatan tangan pada desainnya. Ini tidak tersedia secara default di Mac, tetapi ini adalah fitur standar di Tablet.

Affinity Designer untuk iPad bekerja dengan banyak model.

Ulysses

Harga: $6,99 per bulan, atau $49,99 per tahun

Juga tersedia untuk iPhone dan Mac, Ulysses adalah aplikasi penulisan yang dibuat khusus dengan integrasi iCloud penuh. Dengan sistem markup yang dipesan lebih dahulu, ini menghilangkan pita pemformatan konvensional untuk desain layar penuh yang menghilangkan semua gangguan dari penulisan. Desain ini bekerja sangat baik untuk iPad baik terhubung ke keyboard atau tidak.

Di samping target jumlah kata, lembar catatan, dan opsi ekspor khusus yang disesuaikan untuk paperback dan penerbitan digital, Ulysses juga mendapat manfaat dari dukungan sinkronisasi iCloud penuh. Semua lembar Kalian akan tersedia di semua perangkat Kalian. Transisi dari desktop ke iPad akan mulus karena juga mempertahankan semua fitur yang sama dari desktop di samping semua pekerjaan Kalian yang ada.

Ulysses bekerja pada setiap perangkat yang menjalankan perangkat lunak terbaru.

iPad Dapat Menjadi Pengganti Atau Pendamping

iPad menjadi pengganti komputer yang lebih mumpuni dengan setiap pembaruan yang lewat. Meskipun hanya menggunakan Tablet bukan untuk semua orang, setidaknya mungkin untuk banyak alur kerja.

Menggunakan beberapa tip yang tercantum di atas dan kesabaran untuk mempelajari cara menggunakan perangkat lunak iPadOS, pengguna dapat dengan mudah memindahkan pekerjaan mereka ke iPad. Bahkan jika Tablet ini tidak akan menggantikan Mac sepenuhnya, memilikinya sebagai pendamping alur kerja Mac juga dapat berguna.

Kami berharap bahwa penghalang untuk menjadikan iPad sebagai pengganti komputer akan turun lebih jauh setelah iPadOS 16 diluncurkan pada musim gugur. Semuanya, mulai dari Stage Manager hingga DriverKit diharapkan membuat iPad lebih mirip Mac.

By AppsJog