iPadOS 16 Akan Hadir Senin Saatnya Upgrade iPad Terbaru untuk Mendapatkan Setiap Fitur

Rilis pertama iPadOS 16 untuk iPad, iPadOS 16.1, dijadwalkan akan dirilis pada hari Senin, 24 Oktober, dan ini merupakan pembaruan besar. Seiring dengan fitur iOS 16 termasuk mengedit Pesan dan Kunci Sandi yang dikirim, banyak fitur khusus iPad baru juga hadir untuk membantu kemajuan tablet Apple dari versi iPhone yang lebih besar ke perangkatnya sendiri. Beberapa fitur disediakan untuk tablet M1 dan M2.

Kemajuan itu datang dengan beberapa kompromi, namun, yang utama adalah bahwa beberapa fitur baru hanya akan berfungsi pada iPad yang menggunakan chip M1 atau M2 alih-alih prosesor A-series. Dengan kata lain, Kalian memerlukan salah satu iPad Pro terbaru atau iPad Air terbaru untuk menjalankan beberapa fitur iPadOS 16.1 baru—dan beberapa bahkan memiliki persyaratan yang lebih ketat. Berikut adalah fitur yang memerlukan prosesor M1 atau M2 atau persyaratan perangkat keras lainnya.

Dukungan Layar Eksternal

Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa dukungan layar eksternal penuh tidak akan tersedia saat iPadOS 16.1 dirilis. Sebagai gantinya, itu akan dimasukkan dalam pembaruan iPadOS 16 akhir tahun ini.

iPad Pro dengan Layar External
image source apple.com

Untuk menggunakan iPad Pro dengan layar eksternal, Kalian harus menunggu pembaruan iPadOS 16 yang akan dirilis akhir tahun ini.

Dukungan tampilan eksternal berfungsi di iPad Pro dengan M1 atau M2, dan akan berfungsi pada resolusi hingga 6K. Aplikasi akan dapat diakses melalui layar eksternal, drag and drop akan berfungsi antara layar dan iPad Pro, dan Stage Manager didukung. Omong-omong…

Stage Manager

Stage Manager adalah UI multitasking baru dan fitur utama iPadOS 16.1. Apple awalnya mengatakan membutuhkan iPad M1, namun, baru-baru ini melunakkan pembatasan tersebut sehingga sekarang dapat bekerja pada iPad Pro yang menggunakan chip A12X (2018) dan A12Z (2020). Namun, iPad Pro seri-A itu tetap tidak dapat menjalankan Stage Manager di layar eksternal. Dan sepertinya Apple tidak memiliki rencana untuk membuatnya berfungsi di pembaruan selanjutnya.

Mode Referensi iPadOS 16.1

Mode referensi, fitur pada Mac seri-M, adalah kemampuan untuk menampilkan referensi warna, yang diperlukan di lingkungan produksi kelas atas. iPadOS 16.1 juga memiliki mode Referensi baru, tetapi memerlukan layar Liquid Retina XDR, yang hanya tersedia di iPad Pro 12,9 inci.

Mode Referensi di iPadOS 16.1
image source apple.com

Mode referensi di iPadOS 16.1 memerlukan iPad Pro 12,9 inci dengan layar Liquid Retina XDR.

Mode Deteksi Kaca Pembesar dan Kaca Pembesar

Deteksi Pintu di iPadOS 16.1 akan memiliki fitur Aksesibilitas yang disebut Mode Deteksi, yang menyediakan deskripsi pintu, orang, dan gambar. Deteksi Pintu melangkah lebih jauh dan dapat membaca tanda-tanda di sekitar pintu, serta mencari cara untuk membukanya. Untuk menggunakan alat deteksi baru ini, Kalian memerlukan iPad Pro 12,9 inci generasi ke-4, ke-5, atau ke-6. Bisa juga iPad Pro 11 inch generasi ke-2, ke-3, atau ke-4 dengan A12Z, M1, atau prosesor M2.

Pertukaran Memori Virtual di iPadOS 16.1

Fitur ini memungkinkan iPad berbasis M1 dan M2 mengalokasikan ruang penyimpanan SSD untuk digunakan sebagai RAM, hingga 16GB. Namun, untuk menggunakan fitur ini di M1 iPad Air, perangkat harus memiliki setidaknya 256GB penyimpanan. iPad Pro tidak memiliki batasan seperti itu.

Lihat juga: iPadOS 16 dan macOS Ventura Diluncurkan Pada Oktober dan Akankah Ada iPad Pro Minggu ini? Rumor iPad Pro 2022

By AppsJog