iPhone Tanpa Port Pengisian Daya

iPhone Tanpa Port: Konektor Lightning telah ada hampir selama 15 tahun keberadaan iPhone, sejak tahun 2012. Namun sekarang Uni Eropa telah setuju untuk menjadikan USB-C sebagai hal yang umum. mekanisme pengisian daya pada semua ponsel pada musim gugur 2024, hari-harinya dapat dihitung.

Keputusan itu telah memicu spekulasi tentang peralihan iPhone ke USB-C yang banyak dikabarkan. Tapi ada kemungkinan rute lain yang bisa diambil Apple. Bagaimana jika Apple merilis iPhone baru tanpa port sama sekali?

iPhone Tanpa Port Pengisian Daya Bukanlah Ide yang Absurd
image source youtube.com

Itu mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi dengarkan aku. Pertimbangkan lintasan iPhone dalam hal fungsionalitas nirkabel, dan sepertinya Apple secara bertahap meletakkan dasar untuk iPhone yang sepenuhnya nirkabel. Keberhasilan AirPods dan fokus Apple pada jenis baru koneksi bebas kabel seperti MagSafe semuanya mengarah ke sana. 

Model iPhone Tanpa Port yang Pertama

Bergerak menuju iPhone tanpa port fisik juga akan membangun visi yang ditetapkan Apple hampir enam tahun lalu ketika mengumumkan iPhone 7, yang merupakan model pertama tanpa jack headphone. Rekan Apple Phil Schiller, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden senior pemasaran di seluruh dunia, mengatakan, tidak masuk akal untuk menambatkan diri dengan kabel ke perangkat seluler kami,” saat ia menjelaskan pergeseran iPhone dari jack headphone standar. (Apple juga memperkenalkan AirPods generasi pertama selama presentasi yang sama.)

Tidak ada yang tahu apakah Apple akan membuat perubahan drastis seperti menghilangkan port pengisian daya sama sekali. Apple pasti akan menghadapi reaksi keras dalam melakukannya, dan masih ada batasan teknis yang dapat mencegah pengisian nirkabel menjadi alternatif penuh waktu yang layak untuk pengisian kabel. Namun aturan baru UE, tekanan tambahan dari politisi AS seperti Senator Elizabeth Warren dan peningkatan protokol nirkabel tentu saja membuat kasus untuk iPhone tanpa port lebih kuat dari sebelumnya.

Akankah Apple Rilis iPhone Sepenuhnya Nirkabel?

Apple tidak pernah membahas produk yang akan datang sebelum siap untuk mengungkapnya, jadi tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apa yang ada di masa depan iPhone. Tetapi laporan dan pengajuan paten sebelumnya menunjukkan Apple mungkin setidaknya mempertimbangkan bagaimana iPhone yang benar-benar nirkabel akan bekerja.

Misalnya, aplikasi paten Apple yang diajukan pada tahun 2019 menggambarkan iPhone dengan penutup yang seluruhnya terbuat dari kaca yang dapat diisi daya secara nirkabel melalui layarnya. Apple juga telah mengajukan paten lain yang terkait dengan pengisian nirkabel yang akan melanjutkan kasus untuk iPhone tanpa port, jika teknologi tersebut pernah melihat cahaya hari. Salah satu paten tersebut mencakup desain MacBook dengan pengisi daya nirkabel yang terpasang langsung ke dek keyboard, tambahan yang dapat membuat pengisian daya nirkabel lebih nyaman. 

Tetapi catatan penelitian dari analis TF International Securities Ming-Chi Kuo, seorang pengamat industri yang dikenal dengan prediksi Apple-nya. Serta meminta perhatian pada gagasan iPhone tanpa port pada tahun 2019. Saat itu, Kuo mengatakan Apple dapat menghilangkan port Lightning dari high-nya. Mengakhiri iPhone pada tahun 2021, menurut laporan dari CNBC, 9to5Mac dan MacRumors. Bloomberg juga melaporkan pada bulan Mei bahwa Apple telah bekerja pada model iPhone tanpa port pengisian daya dalam beberapa tahun terakhir. 

Namun, prediksi Kuo tidak membuahkan hasil. Setiap model di jajaran iPhone 13, yang diluncurkan pada musim gugur 2021, memiliki port Lightning. Laporan tentang iPhone tanpa port juga telah langka sejak itu. Dengan wawasan terbaru dari Kuo dan Bloomberg menunjukkan Apple mungkin mengembangkan iPhone yang mendukung USB-C.

iPhone Menjadi Kurang Bergantung pada Koneksi Kabel

Tidak pasti apakah Apple akan merilis iPhone yang benar-benar nirkabel. Namun yang jelas adalah bahwa iPhone menjadi semakin dilengkapi dengan baik untuk berfungsi tanpa kabel apa pun. 

iPhone Tanpa Port Pengisian Daya
image source somagnews.com

“Jumlah sistem yang sebenarnya 100% harus memiliki kabel semakin berkurang,” kata Nick Maynard, kepala penelitian Juniper Research, dalam wawancara sebelumnya.

Debut AirPods pada tahun 2016 mungkin merupakan katalis terbesar untuk membuang koneksi kabel. Meskipun keputusan Apple untuk menghilangkan jack headphone agak kontroversial saat itu, industri dengan cepat merangkul pergeseran ke earbud nirkabel. 

Setelah Apple mengucapkan selamat tinggal pada jack headphone, banyak pembuat smartphone lainnya, termasuk Samsung, mengikutinya. Sekarang, pengiriman global earbud nirkabel sejati telah mencapai 68,2 juta unit pada kuartal pertama tahun 2022 saja, tumbuh sebesar 17%, menurut perusahaan riset pasar Canalys. AirPods adalah penjual teratas. 

Tapi popularitas AirPods bukan satu-satunya tanda independensi iPhone dari kabel. Apple juga meluncurkan mekanisme koneksi bebas kabel tipe baru untuk iPhone yang disebut MagSafe pada tahun 2020 dengan iPhone 12.

Pengisi Daya Magsafe

MagSafe, jangan bingung dengan pengisi daya MacBook dengan nama yang sama, menggunakan rangkaian magnet untuk lebih mudah memasang pengisi daya nirkabel dan aksesori lainnya ke bagian belakang model iPhone yang kompatibel. Pengisi daya MagSafe juga dapat menyalakan iPhone 12 dan iPhone 13 lebih efisien daripada pengisi daya nirkabel yang standar. Smart Connector iPadmerupakan rangkaian kontak logam melingkar datar yang terletak di bagian belakang beberapa model iPad Pro. Merupakan contoh lain dari upaya Apple untuk membuat produknya tidak terlalu bergantung pada kabel. 

Teknologi yang lebih baru seperti ultra wideband juga memudahkan iPhone untuk berkomunikasi dengan perangkat lain secara nirkabel. Ultra Wideband adalah protokol nirkabel yang menggunakan sinyal radio untuk menentukan lokasi perangkat, seperti yang dijelaskan rekan saya Stephen Shankland. Teknologi ini terutama digunakan untuk membantu iPhone menemukan AirTag dan lebih cepat menemukan iPhone lain saat menggunakan AirDrop. Transfer data nirkabel juga menjadi hal biasa bagi banyak orang berkat layanan cloud dan fitur berbagi file seperti AirDrop. Dimana semakin mengurangi kebutuhan akan port Lightning. 

Tantangan yang Datang dengan iPhone Nirkabel Sepenuhnya

Argumen terbesar terhadap iPhone tanpa port adalah bahwa pengisi daya nirkabel masih tidak bekerja secepat pengisi daya kabel biasa. Pengisi daya nirkabel Qi standar akan mengisi ulang baterai iPhone dengan kecepatan 7,5 watt, sementara konektor MagSafe Apple dapat mengisi daya hingga 15 watt. Tetapi iPhone 8 dan model yang lebih baru mendukung pengisian lebih cepat yang mengisi ulang 50% baterai perangkat dalam 30 menit. Namun, Kalian memerlukan koneksi kabel ke adaptor daya 20 watt yang kompatibel untuk mendapatkan kecepatan tersebut. Itu tentu saja merupakan peningkatan dari pengisian nirkabel. Akan tetapi masih lebih lambat dari kecepatan pengisian yang ditawarkan oleh saingan Android seperti OnePlus. 

Mereka yang belum memiliki pengisi daya nirkabel mungkin juga harus membelinya secara terpisah jika Apple merilis iPhone tanpa porta. Apple berhenti memasukkan adaptor daya dalam kemasan iPhone dengan iPhone 12, tetapi masih menawarkan kabel Lightning di dalam kotak. Pengisi daya MagSafe Apple dihargai $39, tetapi ada juga pengisi daya non-Apple dengan penunjukan MagSafe resmi. Namun, Kalian juga mungkin memerlukan adaptor daya USB-C 20 watt untuk mendapatkan kecepatan pengisian tercepat. (Apple mengatakan pengiriman daya akan bervariasi tergantung pada watt adaptor daya dan kondisi sistem.)

Bahkan dengan peringatan ini, pengisian daya nirkabel telah ada di mana-mana pada smartphone modern. Pengisi daya yang kompatibel juga tidak semahal lima tahun lalu, memperkuat casing untuk iPhone yang sepenuhnya nirkabel. Misalnya, pengisi daya nirkabel pihak ketiga dapat ditemukan di Amazon dengan harga kurang dari $20.

Pengisian Daya Masa Depan dengan Nirkabel

IPhone terhubung melalui pengisi daya MagSafe ke MacBook.
image source cnet.com

Namun Gene Munster, mitra pengelola di Loup Ventures, berpendapat bahwa ada peningkatan yang lebih besar yang harus dilakukan dalam hal pengisian daya ponsel tanpa kabel. Dia membayangkan masa depan di mana smartphone dapat diisi daya sepenuhnya secara nirkabel tanpa harus melakukan kontak dengan bantalan pengisi daya. 

Munster mengatakan perusahaannya telah bertemu dengan perusahaan swasta yang mengerjakan teknologi seperti ini. Akan tetapi memperingatkan bahwa ini masih dalam tahap awal. Apple juga telah mengajukan aplikasi paten yang mengisyaratkan bahwa itu dianggap sebagai teknologi yang dapat mengisi daya iPhone melalui Wi-Fi. Ossia, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Washington, juga telah mengembangkan sistem pengisian daya yang diklaim dapat menyalakan perangkat elektronik dari jarak jauh menggunakan teknologi antena RF. 

“Bayangkan tidak pernah berpikir untuk mengisi daya ponsel Kalian adalah tujuannya,” kata Munster dalam wawancara sebelumnya. 

Kesimpulan iPhone Tanpa Port Pengisian Daya

Jika Apple memang mengarahkan pada pengisian nirkabel yang sebenarnya, kemungkinan itu tidak akan tiba di iPhone dalam waktu dekat. Juga tidak jelas apakah Apple akan merilis iPhone yang benar-benar tanpa port. Mengingat laporan terbaru dari Bloomberg dan Kuo menunjuk USB-C sebagai alternatif yang paling mungkin untuk Lightning. 

Apple juga tampaknya mundur dari pendiriannya untuk mengurangi jumlah koneksi di laptop MacBook Pro baru-baru ini. MacBook Pro 2021 memiliki slot kartu SD dan port HDMI, yang berarti ia memiliki lebih banyak opsi konektivitas daripada yang pernah kita lihat di laptop Apple selama bertahun-tahun. (Namun, MacBook Pro 13-inci bertenaga M2 yang lebih baru hanya menyertakan dua port Thunderbolt/USB 4.)

Namun gagasan iPhone yang dapat berfungsi tanpa port kabel tampaknya sejalan dengan visi Apple dari 2016. Sebagai desain Apple sebelumnya kepala Jony Ive mengatakan ketika menjelaskan desain headphone jackless iPhone 7. “Obsesi perusahaan tetap untuk terus menyederhanakan dan meningkatkan.Jika dilakukan dengan benar, iPhone tanpa port pengisian dapat mencapai hal itu.

By AppsJog