Review iPad Air 5 Spesifikasi Harga dan Desain

iPad Air 5: Sebelum Apple memperkenalkan model Pro ke dalam keluarga tablet iPad, model Air adalah yang teratas. Sekarang iPad Pro telah ada untuk sementara waktu, iPad Air berada di posisi yang cukup aneh di lini produk. Kalian harus memiliki serangkaian kebutuhan yang sangat spesifik untuk memilihnya daripada model lainnya. Dan dengan tablet generasi kelima, ini bahkan lebih terjadi.

Meskipun demikian, tidak ada keraguan bahwa dalam iterasi terbarunya, iPad Air adalah yang terbaik yang pernah ada. Faktanya, sekarang lebih sulit daripada sebelumnya untuk memilih antara model ini dan iPad Pro.

Spesifikasi Apple iPad Air 2022 Gen 5
image source youtube.com

Spesifikasi Apple iPad Air 2022 Gen 5

Apple iPad Air 2022 Juga dikenal sebagai Apple iPad Air 5, iPad Air (generasi ke-5). Meskipun masih ada beberapa keterbatasan yang melekat pada iPad Air 5 yang membedakannya dari iPad Pro, itu tidak mengubah fakta bahwa mereka berbagi chip M1. Yang, pada saat itu, adalah yang terbaik yang dimiliki Apple. Bahkan jika ini kemungkinan akan berubah ketika penyegaran iPad Pro berikutnya muncul, iPad Air masih menjadi pesaing sementara melawan saudara kandungnya sendiri yang lebih kuat.

Spesifikasi iPad Air 2022
SS by Apple Jogja Source gsmarena.com
Catatan: Kami tidak dapat menjamin bahwa informasi di halaman ini 100% benar.

Desain

Seperti yang saya katakan id berkali-kali sebelumnya, Apple memberikan tablet lainnya desain iPad Pro adalah hal terbaik yang terjadi pada seluruh seri. Untuk iPad Air, kini sudah memasuki generasi kedua sejak perubahan desain.

Ini hadir dengan semua manfaat yang melekat dari desain ulang, mulai dari bezel yang lebih kecil hingga kompatibilitas Apple Pencil 2. Yang pertama berarti memiliki layar yang sedikit lebih besar pada bodi yang sedikit lebih kecil, yang mungkin penting jika Kalian mendapatkan iPad yang bukan mini. Adapun yang terakhir, kenyamanan semata-mata karena stylus Kalian menempel secara magnetis ke tablet harus cukup jelas.

Seperti iPad mini, tombol volume pada iPad Air 5 beralih tergantung pada orientasi tablet, jadi tombol yang sama dapat menambah atau mengurangi volume tergantung pada cara tablet dipegang. Omong-omong, tablet ini sebenarnya cukup ringan, dengan berat kurang dari setengah kilogram. Meskipun demikian, memegangnya dengan satu tangan untuk waktu yang lama pasti akan membuat pergelangan tangan Kalian sedikit tegang hanya karena ukurannya yang tipis.

Review iPad Air 5 Spesifikasi Harga dan Desain
image source youtube.com

Di sisi yang lebih visual, iPad Air Gen ke 5 ini memiliki garis antena yang cukup terlihat seperti iPad mini 6. Meskipun ini tidak begitu jelas dengan jalur warna biru yang baru. Tambahkan fakta bahwa garis-garis pada tablet yang lebih besar memberikan ilusi bahwa mereka terlihat lebih tipis dari yang sebenarnya. Tetapi seperti saudara kandung yang lebih kecil, ini biasanya bukan sesuatu yang akan Kalian lihat jika Kalian menggunakan aksesori Smart Folio atau Magic Keyboard. Untuk yang terakhir, perlu disebutkan bahwa iPad Air 5 berbagi Keyboard Ajaib dengan model iPad Pro 11 inch.

Pengalaman Pengguna

Dan pada catatan keyboard, menggunakan keduanya bersama-sama membuat perangkat yang sangat besar dan kuat. Faktanya, Magic Keyboard lebih berat dari iPad Air 5 itu sendiri, sekitar 590g. Bersama-sama, mereka memiliki berat lebih dari 1 kg, yang bisa sangat besar menurut standar saat ini. Ini terutama jika Kalian sudah terbiasa dengan laptop ringan saat ini yang sering berbobot kurang dari 1 kg. Bahkan untuk laptop yang beratnya hampir sama, kombinasi iPad Air 5 dan Magic Keyboard cenderung terasa lebih berat karena dikemas dalam kemasan yang lebih kecil.

Multitasking secara alami merupakan pengalaman yang lebih baik dengan iPad Air 5 yang lebih besar, dan iPadOS 16 yang akan datang dijadwalkan untuk menjadikannya pengalaman yang lebih baik. Ini hanya ditingkatkan lebih lanjut oleh Keyboard Ajaib. Harus diakui, saya tidak sering menggunakannya sebagai laptop, meskipun ada kemungkinan untuk melakukannya. Ini hanya karena Safari di iPadOS tidak cocok dengan backend situs kami. Dan senyaman mungkin, pengaturannya masih di sisi yang lebih kecil, membuat penggunaan jangka panjang dengan cara ini cukup tidak nyaman. Yah, setidaknya bagi saya.

Chipset M1 Pada iPad Air 5

Ada juga fakta bahwa apa yang perlu saya lakukan untuk bekerja tidak akan mendekati memanfaatkan sepenuhnya kemampuan angka-angka M1. Seperti ketika Apple mengumumkan iPad Air 5 pada awalnya, ini adalah sesuatu yang lebih cocok untuk pembuat konten yang dapat memanfaatkan apa yang ditawarkan tablet dan prosesornya.

DIbekali dengan Chipset M1 Apple iPad Air 2022 Ini Keren Abis
image source youtube.com

Bermain game hampir sama dengan saya memanfaatkan sepenuhnya chipset M1. Meskipun berkat ukurannya, ini mungkin juga menjadi pengalaman yang kurang ideal kecuali Kalian memiliki pengontrol yang terhubung. Untuk apa nilainya, iPad Gen 5 menjalankan game dengan lancar, sejauh yang saya tahu tidak ada cegukan yang terlihat.

Apple menilai masa pakai baterai iPad Air 2022 pada 10 jam. Untuk sebagian besar, Kalian bisa mendekati masa pakai baterai seperti ini. Menggunakannya sebagai perangkat streaming video khusus, saya menurunkan daya baterai dari penuh hingga 8% dalam waktu sekitar 11 jam.

Persaingan

Dilengkapi dengan chip M1, agak sulit untuk menemukan pesaing langsung iPad Air 5. Meskipun, berkat chip tersebut, salah satunya, seperti yang Kalian harapkan, adalah salah satu saudara kandungnya sendiri.

iPad Pro

Khususnya, model 11 inch.11 inch iPad Pro secara efektif memiliki ukuran yang sama dan memiliki chipset yang sama. Jadi dalam hal kinerja, keduanya hampir setara.

iPad Pro
image source youtube.com

Salah satu perbedaan utama antara keduanya adalah model Pro memiliki kecepatan refresh layar dinamis hingga 120Hz berkat dukungan Pro Motion-nya. IPad Air 5, di sisi lain, terbatas pada kecepatan refresh 60Hz. Lain adalah bahwa yang pertama menggunakan ID Wajah, sedangkan yang kedua menggunakan ID Sentuh

Samsung Galaxy Tab S8

Untuk alternatif Android, Samsung Galaxy Tab S8 muncul dalam pikiran. Dengan ukuran layar yang identik, ia juga dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen1, chipset terbaik saat itu.

Samsung Galaxy Tab S8
image source youtube.com

Tablet Samsung juga datang dengan label harga yang lebih mahal daripada iPad Air 5. Ini adalah hal yang aneh untuk dikatakan, sampai Kalian menyadari bahwa aksesoris S Pen dan Book Cover Keyboard-nya disertakan, sedangkan Pensil dan keyboard pelengkap tablet Apple. semua dijual terpisah.

Kesimpulan Apple iPad Air 5

iPad Air generasi 5 ini sudah pasti mendapat upgrade besar dari model sebelumnya, dalam bentuk chipset M1. Ini membuatnya menjadi perangkat yang sangat kuat, tetapi pada saat yang sama, itu juga menempatkan tablet di tempat yang aneh, dalam kaitannya dengan beberapa tablet lain yang dibuat Apple.

Pertama, chip M1 berarti bersaing dengan model iPad Pro, khususnya yang lebih kecil 11 inch. Ini secara efektif dengan ukuran yang sama, membuat keduanya mendukung sebagian besar aksesori yang sama, dan keduanya memiliki chip yang sama untuk kinerja. Kalian harus memutuskan apakah, dari segi kinerja, Kalian memerlukan kecepatan refresh yang lebih tinggi untuk harga yang lebih tinggi.

Karena itu, jika Kalian adalah pengguna yang kuat, Kalian kemungkinan akan memilih iPad Pro yang lebih besar. Atau Kalian akan menunggu sedikit lebih lama hingga model baru yang menggunakan chip M2 diumumkan. Dan jika Kalian tidak, dan Kalian memilih antara iPad Pro 11 inci saat ini dan iPad Air 5, label harga yang lebih kecil membuat argumen yang sangat menarik untuk mendukungnya.

By AppsJog