Windows 11 vs macOS Mana yang Lebih Baik untuk Kalian

Kami membandingkan sistem operasi untuk melihat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian. Perdebatan Windows vs macOS telah berkecamuk selama beberapa dekade. Secara umum, kedua sistem operasi memberikan fungsionalitas yang serupa Namun, ada cukup banyak perbedaan untuk menarik orang ke satu kubu di atas yang lain.

Itu tergantung pada apa yang paling penting bagi Kalian. Apakah Kalian menginginkan sistem operasi yang mudah digunakan, atau yang memberikan fleksibilitas lebih besar? Apakah keamanan menjadi prioritas? Bagaimana dengan interoperabilitas dengan sistem lain? Semua pertanyaan ini penting untuk mengetahui apakah Windows atau macOS lebih baik untuk Kalian.

Di bawah ini, kita akan membahas fitur terpenting Windows 11 dan macOS Ventura, dua iterasi terbaru dari sistem operasi raksasa ini. Tujuan kami adalah memberikan gambaran umum tentang apa yang ditawarkan Windows dan macOS untuk membantu Kalian menentukan OS mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Kalian. Jika Kalian hanya mencari validasi untuk OS pilihan Kalian, Kalian tidak akan menemukannya di sini.

Dengan itu, mari kita lihat bagaimana Windows dan macOS saling melengkapi.

Windows vs macOS: Perangkat keras 

macOS eksklusif untuk komputer Apple. Itu berarti itu hanya dimaksudkan untuk berjalan di perangkat seperti MacBook, iMac, Mac Mini dan Mac Pro. Sebaliknya, Windows berjalan di segala hal mulai dari workstation hingga Raspberry Pi. Jika dihitung, kemungkinan berjalan atau dapat menjalankan Windows.

Pada April 2022, 74% komputer di seluruh dunia berjalan di Windows, menurut StatCounter. Ini mengerdilkan macOS, yang menyumbang 15%; dengan Linux, ChromeOS dan “tidak diketahui” mengisi 10% lainnya. Itu menjadikan Windows salah satu sistem operasi paling umum di planet ini.

Windows vs macOS Ventuta Mana yang Lebih Baik
image source youtube.com

Komputer yang berjalan di Windows juga memiliki tingkat penyesuaian yang lebih besar dibandingkan dengan Apple. Kalian bebas mengubah CPU, GPU, memori, dan penyimpanan PC jauh lebih mudah dibandingkan dengan perangkat Apple – jika Kalian bahkan dapat menyesuaikan produk Apple tersebut sama sekali.

Karena Windows berjalan di lebih banyak perangkat, Kalian bebas memilih mesin yang sesuai dengan anggaran Kalian. Sementara Apple umumnya memproduksi perangkat keras berkualitas, harga perusahaan dapat menjadi mahal bagi sebagian orang. Sebagai perbandingan, Kalian dapat membeli salah satu laptop anggaran terbaik seperti MacBook Air M1 2020 dengan harga dibawah $1000.

Dengan demikian, memilih perangkat dari antara laptop Windows terbaik dapat menjadi tantangan. Bahkan mesin dengan spesifikasi serupa atau identik dapat bekerja secara berbeda karena diproduksi oleh berbagai vendor. Di sisi lain, Apple memproduksi perangkat keras dan perangkat lunaknya sendiri, yang membuatnya lebih mudah untuk memilih komputer mana yang Kalian butuhkan.

Windows vs macOS: Aplikasi Pihak Pertama 

Windows dan macOS masing-masing dilengkapi dengan aplikasi dan program pihak pertama mereka sendiri. Kalian akan mendapatkan dasar-dasar dengan keduanya, termasuk browser web, file explorer, kalender, perekam suara, editor video, widget, penyimpanan berbasis cloud dan banyak lagi.

Windows dan macOS memiliki nama yang berbeda untuk alat kantor serupa. Di mana Microsoft Office memiliki Word, Excel, dan PowerPoint, rangkaian iWork Apple memiliki Pages, Numbers, dan Keynote. Mengingat kesamaan mereka, sulit untuk mengatakan OS mana yang memiliki alat kantor yang lebih baik. Microsoft Office lebih banyak digunakan karena ada lebih banyak mesin Windows di dunia. Namun, tidak seperti Microsoft Office, iWork sepenuhnya gratis.

Windows vs macOS: Aplikasi Pihak Ketiga 

Kalian dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga di Windows dan macOS melalui web atau etalase aplikasi masing-masing platform.

Sementara Mac App Store sedikit lebih penting daripada Microsoft Store dalam hal aplikasi, kedua sistem operasi mendukung berbagai program dan dapat mengunduh dan menjalankannya langsung dari web. Ini adalah nilai jual utama dari laptop atau PC desktop — janji bahwa Kalian dapat mengunduh file dan perangkat lunak langsung ke perangkat Kalian, tanpa terbatas pada apa yang ditawarkan di toko aplikasi.

Namun, variasi perangkat lunak yang tersedia umumnya lebih beragam di Windows daripada Mac. Ini terutama berlaku untuk game PC, yang umumnya dirancang untuk PC Windows dan terkadang hanya menawarkan versi Mac asli.

Meskipun perangkat lunak apa pun yang berjalan di Windows dapat dibuat berjalan di macOS jika Kalian meniru lingkungan Windows di Mac Kalian menggunakan perangkat lunak seperti Parallels, itu membutuhkan sedikit usaha. Jadi secara umum, adalah bijaksana untuk memikirkan jenis perangkat lunak apa yang perlu Kalian gunakan secara teratur, lalu periksa dan lihat apakah perangkat lunak tersebut tersedia di Windows, Mac, atau keduanya. 

Windows vs macOS: Keamanan atau Keselamatan 

Karena sifat Windows yang terbuka, komputer yang menjalankan sistem operasi telah dikepung dengan virus, spyware, ransomware, dan jenis malware jahat lainnya. Karena Windows ada di mana-mana, tidak mengherankan jika ia harus menghadapi begitu banyak malware. Microsoft telah melakukan pekerjaan yang mengagumkan dengan merilis pembaruan keamanan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, mengingat banyaknya pengguna Windows, sistem operasi akan mengalami volume serangan yang lebih besar.

macOS lebih aman daripada Windows karena kebijakan perusahaan dan lebih sedikitnya jumlah mesin yang menjalankan sistem operasi Apple. Lebih sedikit komputer berarti lebih sedikit orang yang membuat malware untuk OS. Tapi seperti yang kami katakan, itu tidak membuat macOS kebal terhadap malware. Kalian masih sebaiknya menginstal perangkat lunak antivirus di Mac.

Windows vs macOS: Kompatibilitas 

Dalam hal kompatibilitas dan integrasi perangkat, tidak ada perusahaan yang dapat menandingi ekosistem Apple. Karena perusahaan memproduksi perangkat keras dan perangkat lunaknya sendiri, ia dapat membuat perangkat seperti iPhone, iPad, MacBook, Apple Watch, AirPods dan Homepod bekerja dengan baik satu sama lain.

Misalnya, jika Kalian mendapatkan pesan teks di iPhone, Kalian dapat membalasnya di iPad atau MacBook. Berkat layanan seperti iCloud dan AirDrop, Kalian juga dapat berbagi foto dan file di berbagai perangkat Apple. Apple Watch dapat membuka kunci Mac atau iPhone saat berada dalam jarak dekat, sementara fitur seperti Stage Manager memungkinkan Kalian berbagi pekerjaan di Mac dan iPad. Kamera Berkelanjutan yang diperbarui bahkan memungkinkan Kalian menggunakan iPhone sebagai webcam.

Karena PC Windows dan perangkat yang mendukung Windows diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, platform tidak menikmati tingkat interoperabilitas yang sama seperti ekosistem Apple. Tetapi meskipun Kalian tidak dapat berbagi data antar perangkat dengan mulus seperti yang Kalian lakukan dengan produk Apple, beberapa integrasi masih ada di Windows.

Aplikasi seperti Microsoft Launch dan Phone Link berfungsi dengan ponsel Android terbaik. Seperti halnya iPhone dan Mac, Kalian dapat berbagi file dan halaman web dan bahkan pesan SMS antar perangkat. Ini tidak ekspansif atau intuitif seperti ekosistem kebanggaan Apple, tapi itu sesuatu.

Windows vs macOS: Frekuensi Pembaruan

Windows menerima lebih banyak pembaruan daripada macOS, terutama pembaruan keamanan. Meskipun baik bahwa Microsoft sering merilis pembaruan keamanan dengan cepat, pembaruan Windows dapat membuat frustasi beberapa kali dalam sebulan (seperti yang kadang-kadang terjadi).

Meskipun pembaruan membantu meningkatkan keamanan di Windows, pembaruan ini terkadang menyebabkan masalah sendiri. Seperti yang kami katakan, ada banyak komputer yang mampu menjalankan Windows. Karena itu, beberapa pembaruan dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga. Mencoba memperbaiki masalah ini berpotensi menyebabkan masalah lebih lanjut yang memerlukan tambalan tambahan.

Pembaruan macOS tidak selalu berfungsi sebagaimana mestinya, tetapi memiliki rekam jejak yang lebih baik daripada pembaruan Windows. Karena Apple tidak merilis begitu banyak pembaruan, perlu waktu untuk menyesuaikannya. Dan karena perusahaan merilis pembaruan untuk komputer yang diproduksinya, ia dapat memastikan pembaruan dengan lebih baik tidak akan menyebabkan banyak (atau apa pun) masalah.

Sejauh pembaruan terencana utama yang memperkenalkan fitur-fitur baru utama, kedua perusahaan sekarang merilis satu setiap tahun. Microsoft dulu lebih sering memperkenalkan pembaruan signifikan tetapi telah memilih rilis tahunan seperti Apple. Mac akan mendapatkan versi rilis macOS Ventura pada Musim Gugur 2022 dan pembaruan Windows 11 besar berikutnya juga diharapkan pada waktu itu.

Windows vs macOS: Pengalaman Pengguna 

Apple merancang macOS agar intuitif bagi kebanyakan orang. Tagline perusahaan “hanya bekerja” ada karena suatu alasan. Dan ini tidak berlaku hanya untuk macOS. Semua sistem operasi Apple, mulai dari iOS, iPadOS, WatchOS dan lainnya dibangun dengan pengalaman pengguna yang terdepan. Jika Kalian belum pernah menggunakan komputer sebelumnya, Kalian mungkin akan lebih mudah menangani macOS.

Di permukaannya, Windows tidak terlalu rumit – terutama Windows 11. Namun, ada menu dan opsi yang lebih dalam jika dibandingkan dengan macOS. Ini dapat membuat pemecahan masalah menjadi sulit, tetapi itu juga berarti ada banyak solusi untuk setiap masalah yang diberikan. Windows tidak seanggun macOS, terutama ketika Kalian benar-benar menggali lebih dalam dan melihat jendela dan program yang ketinggalan zaman – tetapi Kalian mendapatkan rentang fleksibilitas yang lebih besar daripada yang diizinkan Apple.

Bilah tugas Windows dan macOS Dock adalah titik pertikaian bagi sebagian orang. Di macOS, mengklik ikon aplikasi di Dock tidak akan membuka jendela. Sebagai gantinya, Kalian akan melihat menu aplikasi di bagian atas layar di Menu Bar. Ini dapat membingungkan bagi pengguna Windows yang terbiasa melihat opsi Menu di dalam jendela aplikasi atau program. Bilah tugas Windows menawarkan lebih banyak opsi. Misalnya, mengarahkan kursor mouse ke tombol bilah tugas menampilkan versi kecil dari jendela programnya.

Windows vs macOS: Gaming 

Bagian ini bahkan bukan kontes. Jika Kalian ingin melakukan permainan serius di komputer Kalian, Mac tidak akan cukup. Sementara macOS memiliki Apple Arcade dan versi toko Steam-nya, penawarannya tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang tersedia di platform Windows. Dan ketika Kalian mempertimbangkan kustomisasi perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan komponen seperti kartu grafis dan CPU, tidak diragukan lagi bahwa game lebih unggul di PC.

Windows memiliki aplikasi Xbox, yang memungkinkan Kalian memainkan game yang dibeli dari toko Microsoft dan Xbox. Xbox Game Pass, yang merupakan layanan berlangganan game Microsoft, menawarkan ratusan game yang dapat diunduh dan streaming dari studio pihak pertama Microsoft sendiri serta penerbit pihak ketiga. Peluncur game seperti Steam dan GOG juga memiliki perpustakaan tangguh yang tersedia untuk pemain PC. Adegan emulasi juga sehat di PC.

Windows 11 vs macOS Mana yang Lebih Baik untuk Kalian
image source youtube.com

Meskipun Apple tertinggal dalam hal game, perusahaan berusaha membuat platformnya lebih menarik bagi para gamer. Segalanya mungkin akan segera berubah berkat chip Apple M2, macOS Ventura dan Metal 3 API. Dengan ini, Apple berharap dapat membuat game terlihat lebih baik dan memanfaatkan kemampuan grafis silikon Apple. Mempertimbangkan bagaimana judul-judul terkenal seperti Resident Evil Village dan No Man’s Sky diharapkan untuk Mac akhir tahun ini, tampaknya Apple akhirnya akan memberikan pengalaman gaming kelas atas.

Namun saat ini, PC Windows adalah platform game terbaik di luar konsol video game rumahan khusus.

Windows vs macOS: Mana yang Lebih Baik untuk Kalian? 

Komputer Apple sangat bagus untuk editor video dan audio profesional karena program seperti Final Cut Pro memiliki adopsi yang lebih besar di bidang kreatif. Mac yang mengemas Apple M1 dan Apple M2 yang kuat setara dengan workstation khusus. Interoperabilitas antara perangkat dan layanan Apple membuat iri banyak merek teknologi dan keamanan platform praktis tak tertandingi. Ini juga merupakan sistem operasi termudah untuk pengguna PC pertama kali karena antarmuka yang intuitif.

Jika Kalian menghargai game PC kelas atas, maka Windows adalah satu-satunya pilihan nyata mengingat dukungan luas yang diterima platform dari pengembang dan penerbit game. Tingkat adopsi Windows yang lebih besar dan pilihan perangkat keras yang terjangkau juga menjadikannya ideal bagi kebanyakan orang, bahkan jika sistem operasinya terkadang tidak intuitif atau menjadi sasaran sebagian besar serangan malware. Meskipun mungkin tidak ramah pengguna seperti macOS, Windows memberikan keseimbangan yang baik antara kesederhanaan dan kerumitan.

Dengan risiko mengecewakan Kalian, pembaca Apple Jogja yang budiman, kami tidak akan mengumumkan pemenang yang pasti. Windows dan macOS masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Sistem operasi Microsoft menawarkan tingkat kebebasan yang lebih besar dalam hal penyesuaian perangkat lunak dan perangkat keras dan tersedia untuk lebih banyak perangkat. Dan sementara penawaran perangkat keras Apple tidak sekuat atau terjangkau seperti PC Windows, Kalian akan mendapatkan pengalaman yang lebih halus yang dirancang dengan kemudahan penggunaan di garis depan. Semuanya bermuara pada apa yang Kalian butuhkan untuk komputer Kalian.

By AppsJog